Roboguru

Apa nama panjang ibu kartini ?

Pertanyaan

Apa nama panjang ibu kartini ?

  1. Raden Adjeng Kartini

  2. ....

Pembahasan Soal:

Raden Adjeng Kartini berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Ia merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara segera setelah Kartini lahir. Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Purnasih

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu tulisan Ki Hajar Dewantara yang terkenal berjudul….

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 13 Juni 1913 Suwardi Suryaningrat menerbitkan tulisan berjudul “Als Ik een Nederlander was” di surat kabar De Express. Tulisan tersebut berisi kritikan dan menyindir pemerintah kolonial Belanda yang menarik uang untuk perayaan hari kemerdekaan Belanda tahun 1913. Tulisan Suwardi sebagai tokoh Tiga Serangkai dari Indische Partij dianggap terlalu vokal menentang pemerintah kolonial Belanda. Pada Desember 1913, Indische Partij dilarang melakukan kegiatannya serta tokoh Tiga Serangkai ditangkap dan diasingkan ke Belanda.

0

Roboguru

Ki Hajar Dewantara selain diangkat sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1959 juga diangkat sebagai....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1959, Ki Hajar Dewantara ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional yang ke-2 oleh Presiden Soekarno berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959. Selain itu, Ki Hajar Dewantara juga ditetapkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang meletakkan dasar pendidikan di Indonesia. Tanggal kelahirannya (2 Mei) juga diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

0

Roboguru

Salah satu perjuangan Hj. Rankayo Rasuna Said dalam bidang politik adalah....

Pembahasan Soal:

Salah satu perjuangan Hj. Rankayo Rasuna Said dalam bidang politik adalah mendirikan Persatuan Muslimin Indonesia (PERMI). PERMI didirikan di Bukittinggi pada tahun 1930. Rasuna Said juga sering menuliskan kritik terhadap pemerintah Hindia Belanda melalui majalahnya yaitu Menara Poeteri tahun 1937.

0

Roboguru

Julukan yang diberikan Ir. Soekarno kepada K.H. Agus Salim adalah....

Pembahasan Soal:

K.H. Agus Salim dijuluki Grand Old Man oleh Ir. Soekarno. Julukan tersebut disematkan kepada K.H. Agus Salim karena meskipun Agus Salim sudah berusia tua, namun beliau adalah diplomat yang ulung. Kemampuan bahasanya yang handal karena menguasai tujuh bahasa asing yaitu Arab, Belanda, Inggris, Turki, Prancis, Jepang dan Jerman, serta keberhasilannya menarik dukungan masyarakat internasional untuk mengakui kemerdekaan Indonesia membuat sosoknya dikagumi oleh Ir. Soekarno.

1

Roboguru

Arti dari filosofi pendidikan Ing Ngarso Sung Tulodo yang dicetuskan Ki Hajar Dewantara adalah….

Pembahasan Soal:

“Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” adalah tiga filosofi pendidikan yang terkenal dari sosok Ki Hajar Dewantara. Tiga filosofi tersebut bermakna :
  1. Ing Ngarso Sung Tulodo, artinya yang di depan memberi contoh. Maksudnya, guru memberi teladan atau contoh yang baik bagi siswa.
  2. Ing Madyo Mangun Karso, artinya yang di tengah membangun. Maksudnya, guru membangun ide, inovasi, dan semangat bagi siswa.
  3. Tut Wuri Handayani, artinya yang di belakang memberi dorongan. Maksudnya, guru mendorong terwujudnya pendidikan yang tidak menghalangi rasa ingin tahu siswa, serta selalu memberi motivasi bagi siswa.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved