Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diriku hina amatlah malang
Padi ditanam tumbuhlah ilalang
Puyuh di sangkar jadi ilalang
Ayam ditambat disambar elangspace 

Apa jenis puisi tersebut?

Apa jenis puisi tersebut?space 

  1. ...space 

  2. ...space 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

puisi tersebut termasuk ke dalam jenis syair dengan pola rima a-a-a-a. Larik pertama hingga akhir mengandung isi atau pesan.

puisi tersebut termasuk ke dalam jenis syair dengan pola rima a-a-a-a. Larik pertama hingga akhir mengandung isi atau pesan.space 

Iklan

Pembahasan

Puisi rakyat atau yang sering pula disebut puisi lama merupakan jenis puisi yang terikat oleh berbagai ketentuan, seperti banyaknya larik setiap bait, banyaknya suku kata pada setiap larik, dan pola rimanya. Berdasarkan ketentuan itu pula, puisi rakyat terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, antara lain pantun, syair, dan gurindam. Pantun memiliki ketentuan yakni terdiri atas empat baris, terdapat 8 sampai 12 suku kata dalam tiap baris, terbagi atas sampiran pada dua baris pertama dan isi pantun pada dua baris berikutnya, dan memilki rima akhir berpola a-b-a-b. Syair memiliki beberapa karakteristik yang sama dengan pantun tetapi berbeda pada bagian sampiran karena semua baris pada syair ialah bagian isi dan polanya berima a-a-a-a. Gurindam memiliki ciri yang berbeda dari pantun dan syair karena bentuknya hanya terdiri atas dua larik dan berima akhir a-a dan isi gurindam mengandung petuah ajakan. Jadi, puisi tersebut termasuk ke dalam jenis syair dengan pola rima a-a-a-a. Larik pertama hingga akhir mengandung isi atau pesan.

Puisi rakyat atau yang sering pula disebut puisi lama merupakan jenis puisi yang terikat oleh berbagai ketentuan, seperti banyaknya larik setiap bait, banyaknya suku kata pada setiap larik, dan pola rimanya. Berdasarkan ketentuan itu pula, puisi rakyat terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, antara lain pantun, syair, dan gurindam.

Pantun memiliki ketentuan yakni terdiri atas empat baris, terdapat 8 sampai 12 suku kata dalam tiap baris, terbagi atas sampiran pada dua baris pertama dan isi pantun pada dua baris berikutnya, dan memilki rima akhir berpola a-b-a-b. Syair memiliki beberapa karakteristik yang sama dengan pantun tetapi berbeda pada bagian sampiran karena semua baris pada syair ialah bagian isi dan polanya berima a-a-a-a. Gurindam memiliki ciri yang berbeda dari pantun dan syair karena bentuknya hanya terdiri atas dua larik dan berima akhir a-a dan isi gurindam mengandung petuah ajakan.

Jadi, puisi tersebut termasuk ke dalam jenis syair dengan pola rima a-a-a-a. Larik pertama hingga akhir mengandung isi atau pesan.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Erin Wilinda

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan kata berima pada syair di atas!

12

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia