Roboguru

Apa isi pokok Supersemar!

Pertanyaan

Apa isi pokok Supersemar!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Supersemar adalah Surat Perintah 11 Maret 1966 yang berisi pemberian mandat kepada Letjen. Soeharto selaku Panglima Angkatan Darat dan Pangkopkamtib untuk memulihkan keadaan dan kewibawaan pemerintah. Dalam menjalankan tugas, penerima mandat diharuskan melaporkan segala sesuatu kepada presiden. Mandat itu kemudian dikenal sebagai Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar).

Dengan demikian, isi pokok Supersemar adalah untuk memulihkan keadaan dan kewibawaan pemerintah.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Titik tonggak lahirnya pemerintahan Orde Baru adalah. . . .

Pembahasan Soal:

Pemerintahan Presiden Soeharto yang lebih dikenal sebagai pemerintahan Orde Baru ini diawali dengan terbitnya Surat Perintah 11 Maret 1966.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan latar belakang lahirnya Orde Baru adalah ....

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan suatu periode pemerintahan yang berlangsung di Indonesia pada tahun 1966-1998. Tonggak awal berdirinya Orde Baru adalah dengan dikeluarkannya Surat Perintah Sebelas Maret atau Supersemar pada tanggal 11 Maret 1966. Dalam Supersemar, Presiden Sukarno memberikan mandat kepada Letjen. Suharto untuk mengambil sejumlah kebijakan dalam rangkan pemulihan keamanan serta pengembalian kewibawaan pemerintahan. Dampak dari dikeluarkannya Supersemar adalah terjadinya dualisme kepemimpinan antara Sukarno dengan Suharto. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pembentukan Kabinet Ampera oleh Suharto.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Munculnya Orde Baru ditandai dengan....

Pembahasan Soal:

Supersemar atau Surat Perintah Sebelas Maret 1966 merupakan mandat untuk mengamankan Presiden Sukarno dengan melakukan hal-hal yang dianggap mendesak. Penerima mandat Supersemar adalah Letjen Suharto. Setelah menerima Supersemar, Suharto langsung membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) karena terlibat dalam Gerakan 30 September 1965 dan disebutkan sebagai partai terlarang di Indonesia. Supersemar dianggap sebagai tonggak awal lahirnya Pemerintahan Orde Baru, karena setelah Supersemar kekuasaan Suharto sangat besar dalam pemerintahan dan sebaliknya, Sukarno dianggap telah kehilangan kekuasaanya setelah adanya Supersemar.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan latar belakang lahirnya Pemerintahan Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Tonggak awal lahirnya Pemerintahan Orde Baru adalah keluarnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) pada tanggal 11 Maret 1966. Keluarnya Supersemar tidak bisa dilepaskan dari kekacauan kondisi politik dan negara setelah adanya peristiwa pemberontakan G30S/PKI pada tahun 1965. Peristiwa G30S/PKI yang menyebabkan gugurnya petinggi TNI AD telah berdampak sangat besar terhadap kehidupan di Indonesia. Kekacauan kondisi politik ini ditambah dengan kurang tegasnya sikap Presiden Soekarno terhadap dalang dari peristiwa tersebut yaitu simpatisan PKI. Kondisi ini menyebabkan timbulnya gelombang protes yang dilakukan oleh rakyat dan mahawasiswa melalui tuntutan mereka yang dikenal dengan Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat). Posisi Presiden Soekarno semakin terdesak setelah adanya Tritura, sehingga untuk mengamankan keselamatan presiden maka dikeluarkanlah Supersemar yang diberikan kepada Jenderal Soeharto. Keluarnya Supersemar praktis memperlemah posisi Presiden Soekarno karena pada saat itu pemerintahan dijalankan oleh Jenderal Soeharto sedangkan presiden hanya menjadi lambang negara saja.

Dengan demikian, awal lahirnya Pemerintahan Orde Baru adalah dengan ditandanganinya Supersemar oleh Presiden Soekarno. Sebagai dampak dari kekacauan kondisi politik dan negara setelah adanya peristiwa pemberontakan G30S/PKI.

0

Roboguru

Alasan dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) adalah ....

Pembahasan Soal:

Surat Perintah Sebelas Maret adalah surat perintah yang ditandatangani Presiden Soekarno pada 11 Maret 1966. Isinya berupa instruksi Presiden Soekarno kepada Letjen Soeharto, selaku Panglima Komandan Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib), untuk mengambil langkah-langkah mengamankan negara yang memang sedang rentan, penuh gejolak, sebagai akibat dari peristiwa Gerakan 30 September 1965.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved