Roboguru

Apa ilmu yang bisa kalian ambil dari pembahasan sejarah Indonesia mulai masuknya agama Hindu budha sampai datangnya islam ke Indonesia?

Pertanyaan

Apa ilmu yang bisa kalian ambil dari pembahasan sejarah Indonesia mulai masuknya agama Hindu budha sampai datangnya islam ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Jauh sebelum bangsa kolonial datang ke Nusantara, sudah ada orang-orang yang lebih dahulu sampai ke Nusantara. Orang-orang ini adalah para pedagang dari India dan China dan Arab. Melalui jalur perdagangan merekalah, agama Hindu-Buddha dan Islam mulai hadir di Indonesia.

Dengan demikian yang bisa diambil dari pembahasan sejarah Indonesia mulai masuknya agama Hindu budha sampai datangnya islam ke Indonesia adalah bahwa masyarakat Indonesia telah mengenal perdaban dan kepercayaan lain melalui jalur perdagangan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapakah Revolusi Amerika tercetus pada tahun 1776?

Pembahasan Soal:

Revolusi Amerika adalah pergolakan politik yang terjadi pada 1765–1783 ketika ketiga belas koloni Inggris di Amerika berjuang membebaskan diri dari kekuasaan Inggris. Pada tahun 1773, masyarakat koloni yang frustasi atas kebijakan dan peraturan Inggris mengadakan gerakan protes bernama “The Boston Tea Party”. Massa yang menyamar sebagai suku Indian, membuang teh yang seharusnya mereka beli dari kerajaan Inggris ke dalam laut di pelabuhan kota Boston. Dalam perang ini, Amerika mendapatkan bantuan dari Prancis, Belanda, dan Spanyol.

Proklamasi kemerdekaan tanggal 4 Juli 1776 yang dilakukan Amerika Serikat ternyata tidak juga mengakhiri perang dengan Inggris. Barulah pada tahun 1781 pihak Kerajaan Inggris menyatakan menyerah dan menandatangani nota perdamaian dua tahun kemudian. Secara sah kemenangan ini memberikan kebebasan kepada pihak koloni Amerika untuk mengatur urusannya sendiri. Dengan ditandatanganinya nota perdamaian, maka tercapailah revolusi Amerika.

Dengan demikian Revolusi Amerika tercetus pada tahun 1776 karena tanggal tanggal 4 Juli 1776 tercetus Proklamasi kemerdekaan Amerika Serikat.

0

Roboguru

Bagaimana agama Hindu, Buddha, Islam bisa masuk ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Masuknya agama Hindu, Buddha dan Islam ke Indonesia tentu memiliki perbedaan. Untuk agama Hindu-Buddha cara masuk dan proses penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia terbagi menjadi 2, yaitu.

  1. Masyarakat Nusantara berperan pasif, maksudnya adalah masyarakat Nusantara mempelajari agama Hindu dan Buddha melalui masyarakat India dan China yang datang ke Nusantara.
  2. Masyarakat Nusantara berperan aktif, masyarakat Nusantara belajar langsung ke India dan China untuk mempelajari agama tersebut secara mendalam kemudian kembali ke Nusantara sebagai penyebar agama tersebut.

Dari 2 cara tersebut, muncul 5 teori tentang masuknya agama Hindu-Buddha.  Untuk yang berperan pasif terdapat 3 teori yaitu : teori brahmana, teori waisya dan teori ksatria. Sementara untuk yang berperan aktif tedapat dua teori yakni teori arus balik dan teori sudra.

Agama Islam pertama kali lahir di Mekkah, Arab Saudi. Para pemeluknya menyebarkan agama Islam lewat berbagai jalur. Salah satu teori menyebutkan bahwa agama Islam di Indonesia masuk lewat jalur perdagangan. Ketika Islam menyebarkan agama dan kebudayaannya ke Indonesia, prosesnya cenderung berjalan dengan damai. Karena itu, raja hingga rakyat biasa menerimanya dengan hangat. Selain perdagangan, ada saluran lain yang menyebabkan agama Islam dapat masuk dan berkembang di Indonesia. Saluran tersebut di antaranya adalah saluran perkawinan, pendidikan, dan seni budaya. Ada teori-teori yang menyebutkan tentang asal penyebar Islam di Indonesia, yaitu teori Gujarat, teori Arab, dan teori Persia.

Dengan demikian, agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia dengan 2 cara yakni.

  1. Aktif, masyarakat Nusantara mempelajari agama Hindu dan Buddha melalui masyarakat India dan China yang datang ke Nusantara, cara ini melahirkan teori yaitu  teori Brahmana, teori Waisya dan teori Ksatria.
  2. Pasif, masyarakat Nusantara belajar langsung ke India dan China untuk mempelajari agama tersebut secara mendalam kemudian kembali ke Nusantara sebagai penyebar agama tersebut, cara ini melahirkan teori yaitu teori Arus Balik dan teori Sudra.

Sementara itu, agama Islam masuk ke Indonesia melalui berbagai saluran yaitu perkawinan, pendidikan, dan seni budaya. Adapula teori-teori yang menyebutkan tentang asal penyebar Islam di Indonesia, yaitu teori Gujarat, teori Arab, dan teori Persia.

0

Roboguru

Masuknya budaya Hindu - Buddha di Indonesia menyebabkan munculnya ...

Pembahasan Soal:

Akulturasi merupakan perpaduan 2 budaya di mana kedua unsur kebudayaan bertemu dapat hidup berdampingan dan saling mengisi serta tidak menghilangkan unsur-unsur asli dari kedua kebudayaan tersebut. Dengan masuknya  budaya Hindu - Buddha di Indonesia menyebabkan munculnya akulturasi.

Dengan demikian jawabanya adalah akulturasi.

0

Roboguru

Coba uraikan masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

Pembahasan Soal:

Masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari peran pada pedagang India yang datang untuk berdagang sekaligus menyebarkan agama ke Indonesia. Berkembangnya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia dengan cepat diterima oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan adanya persamaan antara kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu-Buddha. Walaupun begitu, para ahli memiliki berbagai macam teori mengenai proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia. Teori-teori tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Teori Brahmana, yaitu kebudayaan Hindu-Buddha dibawa oleh golongan brahmana (agamawan). Teori ini didukung oleh J.C. van Leur.
  2. Teori Ksatria, menurut C.C. Berg, kebudayaan Hindu-Buddha dibawa oleh golongan ksatria (prajurit) yang mendirikan kerajaan di Nusantara.
  3. Teori Waisya, dikemukakan oleh N.J. Krom yang berpendapat bahwa kebudayaan Hindu-Buddha dibawa oleh para pedagang dari India.
  4. Teori Sudra, mempercayai bahwa masuknya kebudayaan Hindu-Buddha dibawa oleh golongan sudra (budak). Teori ini dikemukakan oleh Von van Feber.
  5. Teori Arus Balik, yaitu ketika adanya masyarakat pribumi yang menuntut ilmu ke India untuk mendalami kebudayaan Hindu-Buddha. Setelah selesai, mereka akan kembali ke Indonesia dan menyebarkan ilmu tersebut kepada masyarakat sekitar. Hal ini diungkapkan oleh F.D.K. Bosch.

Jadi, masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia dapat dikaji melalui teori-teori yang mengungkapkan hal tersebut, yaitu teori brahmana (dibawa oleh golongan agamawan), teori ksatria (oleh golongan prajurit), teori waisya (para pedagang dari India), teori sudra (dibawa oleh para budak), dan teori arus balik (masyarakat pribumi yang menuntut ilmu mengenai kebudayaan Hindu-Buddha ke India lalu kembali ke Indonesia untuk menyebarkan ilmunya). space

0

Roboguru

Agama Buddha di perkirakan masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-5 ajaran Buddha yg paling banyak di anut adalah?

Pembahasan Soal:

Agama Buddha lahir dan berkembang pada abad ke-6 SM. Agama ini memperoleh namanya dari panggilan yang diberikan kepada pendirinya yaitu Siddharta Gautama. Yang memiliki sebutan Buddha. Siddharta Gautama mendapat sebutan Buddha, setelah menjalani sikap hidup penuh kesucian, bertapa, berkhalwat, mengembara untuk mencari kebenaran. Di bawah sebuah pohon yang besar di kota Goya ia memperoleh hikmat dan cahaya hingga sampai kini pohon tersebut disebut Pohon hikmat. Jadi Buddha disini sebenarnya sebutan untuk seseorang yang telah memperoleh pencerahan. Kitab suci dari agama Buddha adalah Tripitaka.

Terdapat dua pokok ajaran atau aliran di dalam Agama Buddha yaitu  Hinayana dan Mahayana. Di dalam Hinayana terdapat dua macam pokok yaitu: Theravada dan Sarwastivada. Aliran Hinayana mempunyai kepercayaan bahwa dunia kita ini telah beberapa kali di datangi Buddha sebagai pengajara kepada manusia supaya terhindar dari penderitaan dan dapat mencapai Nirwana. Jarak waktu kedatangan Sang Buddha terjadi pada masa yang lama sekali. Untuk periode sekarang ini Sang Buddha ialah Siddharta Gautama. Di masa yang akan datang akan ada lagi Buddha yang lain yang sekarang masih bersemanyam di Surga
Sedangkan di Mahayana pecah mejadi banyak aliran. Tiap-tiap aliran menekankan salah satu dari banyak jalan untuk mendapatkan kelepasan.  Dalam aliran Mahayana mengajarkan bahwa Buddha-buddha yang ada di dunia pada hakikatnya hanyalah merupakan bayangan Buddha-buddha surga. Dalam perjalanan sejarahnya, Mahayana menyebar dari India keseluruh Asia Timur hingga tenggara karena adanya penyebaran ini ajaran Mahayana mempunyai penganut yang lebih banyak di Indonesia daripada aliran Hinayana.
 

Dengan demikian  aliran agama Buddha yang paling banyak berkembang di Indonesia adalah aliran Mahayana. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved