Roboguru

Andi menggosokkan kain wol ke penggaris plastik dan menggosokkan kain sutra ke kaca. Akibatnya, terjadi perpindahan muatan listrik pada setiap benda. Penjelasan yang benar mengenai peristiwa tersebut adalah ....

Pertanyaan

Andi menggosokkan kain wol ke penggaris plastik dan menggosokkan kain sutra ke kaca. Akibatnya, terjadi perpindahan muatan listrik pada setiap benda. Penjelasan yang benar mengenai peristiwa tersebut adalah ....space 

  1. Proton berpindah dari penggaris plastik ke kain wol sehingga kain wol bermuatan positif.undefined 

  2. Elektron berpindah dari kaca ke kain sutra sehingga kain sutra bermuatan negatif.undefined 

  3. Proton berpindah dari kain sutra ke kaca sehingga kaca bermuatan positif.undefined 

  4. Elektron berpindah di kain wol ke penggaris plastik sehingga kain wol bermuatan negatif.undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dalam listrik statis terdapat fenomena perpindahan muatan. Selama proses penggosokan dua benda satu sama lain, muatan tidaklah diciptakan. Kondisi muatan didasarkan pada perpindahan muatan. Salah satu benda kehilangan elektron, sementara yang lainnya memperoleh elektron. Pada penggosokkan kain wol dengan penggaris plastik, elektron dari kain wool berpindah ke penggaris bisa juga di katakan penggaris mendapatkan tambahan elektron dari kain wool, sehingga setelah penggosokkan kain wol bermuatan positif dan penggaris bermuatan negatif. Pada penggosokan kain sutra ke kaca, elektron dari kaca berpindah ke kain sutra atau bisa juga dikatakan kain sutra mendapatkan tambahan elektron dari kaca. Sehingga setelah penggosokkan kain sutra bermuatan negatif dan kaca bermuatan positif.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebuah elektroskop netral didekati penggaris plastik yang telah digosok dengan rambut kering. Apa yang terjadi pada elektroskop tersebut?

Pembahasan Soal:

Daun elektroskop akan membuka karena penggaris plastik bermuatan negatif (dari rambut). Penggaris bermuatan negatif yang didekatkan ke elektroskop akan membuat elektron pada kepala elektroskop turun ke daun elektroskop.

Roboguru

Seorang siswa melakukan percobaan untuk membuktikan adanya listrik statis pada bulu kelinci dan bulu kucing. Bulu kelinci digosokkan ke kain sutera, dan bulu kucing digosokkan ke kain wol. Proses pemu...

Pembahasan Soal:

Perhatikan deret tribolistrik berikut!

 

Deret tribolistik adalah urutan deret benda yang akan menjadi bermuatan negatif bila digosok dengan sembarang benda diatasnya dan akan menjadi bermuatan positif bila digosok dengan sembarang benda dibawahnya.

Berdasarkan deret tribolistik, kain sutera berada di bawah bulu kelinci. Jadi, ketika bulu kelinci digosokkan ke kain sutera maka elektron dari bulu kelinci berpindah ke kain sutera atau dengan kata lain bulu kelinci kehilangan elektron, sedangkan kain sutera menerima elektron.

Selanjutnya pada bulu kucing dengan kain wol. Bulu kucing berada di bawah kain wol. Jadi, ketika bulu kucing digosokkan ke kain wol maka elektron dari kain wol berpindah ke bulu kucing atau dengan kata lain kain wol kehilangan elektron sedangkan bulu kucing menerima elektron.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Kumpulan zat yang tergolong konduktor adalah .. . .

Pembahasan Soal:

Berdasarkan daya hantar listrik, benda dapat dibedakan menjadi dua,  yaitu sebagai berikut :

  1. Konduktor, yaitu benda yang dapat menghantarkan arus listrik, misalnya tembaga, perak, dan tanah
  2. Isolator, yaitu benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, misalnya karet, kayu, dan porselen.


Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Siapkan sebuah sisir plastik kering dan potongan-potongan kertas. Sekarang gosokkan sisir ke rambutmu (rambut harus kering) beberapa kali. Selanjutnya dekatkan lagi sisir ke potongan-potongan kertas. ...

Pembahasan Soal:

Hal tersebut karena setelah digosokan dengan rambut sisir mendapat muatan listrik negatif dari rambut. Ketika sisir plastik yang telah digosokkan didekatkan ke kertas, muatan negatif pada kertas menjauhi sisir sehingga kertas yang dekat sisir menjadi lebih positif. Akibatnya, kertas akan tertarik oleh sisir plastik. 

Roboguru

Generator Van de Graaff memiliki kubah berbentuk bola. Mengapa rambutmu berdiri jika tanganmu menyentuh kubah generator?

Pembahasan Soal:

Listrik statis mempelajari muatan listrik yang diam pada suatu benda. Pelepasan muatan adalah keluarnya muatan-muatan listrik dari suatu benda. Pada pembahasan listrik statis dikenal Generator Van de Graaff, yang terdiri atas ujung lancip di atas dan di bawah, sebuah silinder berputar yang terdapat di bagian atas (politen) dan bawah (logam), sabuk karet yang menghubungkan kedua silinder, dan bola logam berongga. Generator ini berfungsi menghasilkan listrik statis besar dengan cara gesekan. Saat tangan menyentuh kubah generator, tubuh akan menerima kejutan listrik sebab muatan yang diterima oleh tangan akan mengalir menuju ke tanah. Aliran muatan ini akan melalui seluruh tubuh, termasuk ke ujung-ujung rambut. Ujung-ujung rambut kemudian akan memiliki muatan, dan karena muatannya saling bertolak belakang menyebabkan rambut mejadi berdiri.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved