Iklan

Iklan

Pertanyaan

Anda mengisolasi 10 mutan ragi yang tidak mampu menyintesis asam amino leusin ( leu - ). Mutan tersebut diberi kode 1-10. Pada kesempatan lain, teman Anda juga berhasil mengisolasi ragi mutan yang tidak mampu menyintesis leusin. Mutan hasil isolasi teman Anda diberi kode 11-20. Ragi Anda dan teman Anda berada pada fase haploid. Anda dan teman Anda kemudian melakukan eksperimen perkawinan antara kedua kelompok mutan tersebut. Hasil dari eksperimen tersebut disajikan pada tabel berikut: (wt = wild type , tanda ( +) berarti mutan tumbuh pada medium minimal, dan tanda (-) berarti mutan tidak tumbuh pada medium minimal) Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S)! Mutan 2 dan 16 kemungkinan merupakan mutasi dominan.

Anda mengisolasi 10 mutan ragi yang tidak mampu menyintesis asam amino leusin (leu-). Mutan tersebut diberi kode 1-10. Pada kesempatan lain, teman Anda juga berhasil mengisolasi ragi mutan yang tidak mampu menyintesis leusin. Mutan hasil isolasi teman Anda diberi kode 11-20. Ragi Anda dan teman Anda berada pada fase haploid. Anda dan teman Anda kemudian melakukan eksperimen perkawinan antara kedua kelompok mutan tersebut. Hasil dari eksperimen tersebut disajikan pada tabel berikut: (wt =wild type, tanda ( +) berarti mutan tumbuh pada medium minimal, dan tanda (-) berarti mutan tidak tumbuh pada medium minimal)

Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S)!

Mutan 2 dan 16 kemungkinan merupakan mutasi dominan.space 

  1. Benarspace 

  2. Salahspace 

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan di atas BENAR.

pernyataan di atas BENAR.space 

Iklan

Pembahasan

Mutan 2 dan 16 memiliki leu - alel dominan. Ingat alel dominan atau resesif diuji dengan menyilangkan mutan ke tipe liar dan mengamati fenotipe heterozigot. Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.

Mutan 2 dan 16 memiliki leu-alel dominan. Ingat alel dominan atau resesif diuji dengan menyilangkan mutan ke tipe liar dan mengamati fenotipe heterozigot.

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

Latihan Bab

Konsep Dasar dan Klasifikasi Mutasi

Mutasi Gen

Mutasi Kromosom

Kelainan pada Manusia Akibat Mutasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pembelahan sel secara tidak terkendali yang mengarah kepada kanker dapat dipicu oleh mutasi yang terjadi pada berbagai gen. Secara umum, gen-gen ini dikelompokkan menjadi onkogen dan gen supresor tumo...

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia