Iklan

Iklan

Pertanyaan

Analogi dan homologi organ pada makhluk hidup merupakan salah satu petunjuk adanya evolusi. Pasangan organ berikut yang menunjukkan homologi yaitu ...

Analogi dan homologi organ pada makhluk hidup merupakan salah satu petunjuk adanya evolusi. Pasangan organ berikut yang menunjukkan homologi yaitu ... 

  1. Sayap kupu-kupu dan sayap burungundefined 

  2. Tangan manusia dengan sayap kelelawarundefined 

  3. Sayap kelelawar dengan sayap kupu-kupuundefined 

  4. Sirip samping ikan dengan tangan manusiaundefined 

  5. Kaki depan kucing dengan sirip samping ikanundefined 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawabanyang tepat adalah B.

pilihan jawaban  yang tepat adalah B.space space

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Analogi merupakan bukti evolusi yang terdapat pada beberapa spesies berbeda dan dihasilkan dari leluhur yang berbeda. Analogi dipengaruhi akibat adanya adaptasi terhadap lingkungan yang sama yang dilakukan oleh spesies yang berbeda. Analogi menghasilkan organ-organ tubuh yang mempunyai struktur yang berbeda tetapi memiliki fungsiyang sama. Contoh struktur analog adalah sayap kelelawar, serangga terbang, dan burung. Sayap pada ketiga organisme tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk terbang. Namun, sebenarnya kelelawar termasuk mamalia dan tidak terkait dengan burung atau serangga terbang. Homologi merupakan bukti evolusi yang terdapat pada beberapa spesies yang dihasilkan dari leluhur yang sama. Homologi organmenyebabkanorgantubuh pada spesies-spesies yang mempunyaibentuk dasar yang sama tetapi memilikifungsi yang berbeda. Homologi sering dijumpai dalam anatomi perbandingan. Contoh yang banyak dijumpai misalnya sirip lumba-lumba, sayap burung, kaki depan kucing, dan lengan manusia adalah homologi. Sedangkan manusia memiliki tulang seperti humerus, ulna, radius, tulang pergelangan tangan, dan jari-jari, fitur ini muncul sebagai bentuk mirip tulang pada hewan lainnya. Kelelawar, paus, dan hewan lainnya memiliki struktur homolog sangat mirip karena semuanya berasal dari organ yang sama yang dimiliki oleh moyang bersama mereka. Dari informasi tersebut dapat diketahui bahwa pasangan organ yang memiliki bentuk dasar yang sama tetapi fungsi berbeda adalah tangan manusia dengan sayap kalelawar. Dengan demikian, pilihan jawabanyang tepat adalah B.

Analogi merupakan bukti evolusi yang terdapat pada beberapa spesies berbeda dan dihasilkan dari leluhur yang berbeda. Analogi dipengaruhi akibat adanya adaptasi terhadap lingkungan yang sama yang dilakukan oleh spesies yang berbeda. Analogi menghasilkan organ-organ tubuh yang mempunyai struktur yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama. Contoh struktur analog adalah sayap kelelawar, serangga terbang, dan burung. Sayap pada ketiga organisme tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk terbang. Namun, sebenarnya kelelawar termasuk mamalia dan tidak terkait dengan burung atau serangga terbang.

Homologi merupakan bukti evolusi yang terdapat pada beberapa spesies yang dihasilkan dari leluhur yang sama. Homologi organ  menyebabkan organ tubuh pada spesies-spesies yang mempunyai bentuk dasar yang sama tetapi memiliki fungsi yang berbeda. Homologi sering dijumpai dalam anatomi perbandingan. Contoh yang banyak dijumpai misalnya sirip lumba-lumba, sayap burung, kaki depan kucing, dan lengan manusia adalah homologi. Sedangkan manusia memiliki tulang seperti humerus, ulna, radius, tulang pergelangan tangan, dan jari-jari, fitur ini muncul sebagai bentuk mirip tulang pada hewan lainnya. Kelelawar, paus, dan hewan lainnya memiliki struktur homolog sangat mirip karena semuanya berasal dari organ yang sama yang dimiliki oleh moyang bersama mereka.

Dari informasi tersebut dapat diketahui bahwa pasangan organ yang memiliki bentuk dasar yang sama tetapi fungsi berbeda adalah tangan manusia dengan sayap kalelawar.

Dengan demikian, pilihan jawaban  yang tepat adalah B.space space

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teori evolusi mengemukakan bahwa sayap burung mempunyai asal yang sama dengan ....

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia