Iklan

Iklan

Pertanyaan

Homologi terdapat pada . . . . sayap burung dengan sirip paus sayap capung dengan sayap kelelawar

Homologi terdapat pada . . . .

  1. sayap burung dengan sirip paus
  2. sayap capung dengan sayap kelelawarspace 
  1. ....space 

  2. ....space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Homologi adalah anggota tubuh organisme dengan struktur dasar yang sama, tetapi fungsinya sama maupun berbeda .Adanya homologi menunjukkan perkembangan makhluk hidup dari asal yang sama, kemudian menghasilkan spesies yang memiliki organ tubuh dengan fungsi yang berbeda-beda. Berdasarkan soal, maka homologi terdapat padasayap burung dengan sirip paus , dimana kedua hewan ini memiliki struktur yang sama, yaitu terdiri atas tulang humerus (lengan atas), radius (pengumpil), ulna (hasta), karpal (pergelangan), metakarpal (telapak), dan falangus (jari-jari). Namun, ukuran dan bentuknya berbeda-beda karena mengalami penyusutan atau perkembangan. Fungsi organ yang berbeda-beda (sayap burung berfungsi untuk terbang, sedangkan sirip paus berfungsi untuk berenang) disebabkan oleh adaptasi pada lingkungan yang berbeda . Sayap capung dengan sayap kelelawar bukan termasuk homologi, melainkan analogi yaituanggota tubuh organisme yang berfungsi sama (berfungsi untuk terbang), tetapi strukturnya berbeda.

Homologi adalah anggota tubuh organisme dengan struktur dasar yang sama, tetapi fungsinya sama maupun berbeda. Adanya homologi menunjukkan perkembangan makhluk hidup dari asal yang sama, kemudian menghasilkan spesies yang memiliki organ tubuh dengan fungsi yang berbeda-beda.

Berdasarkan soal, maka homologi terdapat pada sayap burung dengan sirip paus, dimana kedua hewan ini memiliki struktur yang sama, yaitu terdiri atas tulang humerus (lengan atas), radius (pengumpil), ulna (hasta), karpal (pergelangan), metakarpal (telapak), dan falangus (jari-jari). Namun, ukuran dan bentuknya berbeda-beda karena mengalami penyusutan atau perkembangan. Fungsi organ yang berbeda-beda (sayap burung berfungsi untuk terbang, sedangkan sirip paus berfungsi untuk berenang) disebabkan oleh adaptasi pada lingkungan yang berbeda.

Sayap capung dengan sayap kelelawar bukan termasuk homologi, melainkan analogi yaitu anggota tubuh organisme yang berfungsi sama (berfungsi untuk terbang), tetapi strukturnya berbeda.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan homologi dan analogi dan berikan masing-masing 3 contohnya!

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia