Pertanyaan

Analisislah teori psikodinamika dalam memandang konflik sosial!

Analisislah teori psikodinamika dalam memandang konflik sosial! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teori psikodinamika ini menekankan bahwa setiap tindakan kita merupakan hasil dari pikiran kita sendiri sehingga apabila seseorang memiliki konflik maka orang tersebut menggunakan mekanisme pertahanan yang ada dalam diri mereka untuk mengatasi konflik tersebut.

teori psikodinamika ini menekankan bahwa setiap tindakan kita merupakan hasil dari pikiran kita sendiri sehingga apabila seseorang memiliki konflik maka orang tersebut menggunakan mekanisme pertahanan yang ada dalam diri mereka untuk mengatasi konflik tersebut. 

Pembahasan

Teori psikodinamika adalah teori yang berusaha menjelaskan hakikat dan perkembagan kepribadian . Teori ini di dasarkan pada asumsi bahwa perilaku berasal dari gerakan dan interaksi dalam pikiran manusia, kemudian pikiran merangsang perilaku dan keduanya saling memengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Setiap tindakan kita merupakan hasil interaksi dan pergerakan dalam pikiran kita. Menurut Freud, s alah satu cara orang mengurangi atau menghilangkan kegelisahan dan konflik adalah dengan menggunakan mekanisme pertahanan ( defense mechanism ) yang merupakan alat yang dapat mengubah realitas yang ada dengan tujuan untuk memperkecil sakitjiwa ( psychic pain ). Mekanisme pertahanan digunakan secara tak sadar dan menjadi patologis atau penyakitjika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, teori psikodinamika ini menekankan bahwa setiap tindakan kita merupakan hasil dari pikiran kita sendiri sehingga apabila seseorang memiliki konflik maka orang tersebut menggunakan mekanisme pertahanan yang ada dalam diri mereka untuk mengatasi konflik tersebut.

Teori psikodinamika adalah teori yang berusaha menjelaskan hakikat dan perkembagan kepribadian. Teori ini di dasarkan pada asumsi bahwa perilaku berasal dari gerakan dan interaksi dalam pikiran manusia, kemudian pikiran merangsang perilaku dan keduanya saling memengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Setiap tindakan kita merupakan hasil interaksi dan pergerakan dalam pikiran kita. 

Menurut Freud, salah satu cara orang mengurangi atau menghilangkan kegelisahan dan konflik adalah dengan menggunakan mekanisme pertahanan (defense mechanism) yang merupakan alat yang dapat mengubah realitas yang ada dengan tujuan untuk memperkecil sakit jiwa ( psychic pain ). Mekanisme pertahanan digunakan secara tak sadar dan menjadi patologis atau penyakit jika digunakan secara berlebihan.

Oleh karena itu, teori psikodinamika ini menekankan bahwa setiap tindakan kita merupakan hasil dari pikiran kita sendiri sehingga apabila seseorang memiliki konflik maka orang tersebut menggunakan mekanisme pertahanan yang ada dalam diri mereka untuk mengatasi konflik tersebut. 

813

Iklan

Pertanyaan serupa

Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap moralitas anak muda. Anak muda mulai mengacuhkan orang lain dan sibuk dengan handphone. Di sisi lain, golongan tua berpegang teguh dengan nilai-nilai lama s...

37

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia