Roboguru

Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen di atas adalah ….

Pertanyaan

Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen di atas adalah ….undefined 

  1. Sebagai manusia harus saling tolong-menolong.undefined 

  2. Seorang pendidik harus bisa membantu siswanya dalam mengatasi permasalahan hidup.undefined 

  3. Guru harus bersikap profesional dalam mendidik muridnya.undefined 

  4. Guru harus memiliki sikap kasih sayang dalam mendidik.undefined 

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek atau disingkat cerpen adalah suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

Unsur intrinsik pembangun cerpen yaitu :

  1. Tema adalah pokok pikiran yang mendasari jalannya cerita pendek.
  2. Alur atau plot adalah urutan peristiwa yang ada di dalam cerpen. Umumnya alur dari cerpen dimulai dengan perkenalan. konflik, klimaks lalu penyelesaian.
  3. Latar (Setting) adalah tempat, waktu dan suasana yang terdapat pada cerpen.
  4. Tokoh adalah pemeran yang diceritakan di dalam cerpen baik pemeran utama maupun pendukung.
  5. Watak adalah sifat atau karakter dari pemeran yang ada di dalam cerpen. Watak dibagi menjadi tiga yaitu protagonis (baik), antagonis (jahat) dan netral.
  6. Sudut Pandang: merupakan cara pandang penulis menceritakan isi atau kejadian dalam sebuah cerpen.
  7. Amanat adalah pesan atau pelajaran yang terdapat di dalam cerpen baik tersirat maupun tersurat.


Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen di atas adalah bahwa seorang pendidik harus bisa membantu siswanya dalam mengatasi permasalahan hidup. Hal ini sesuai dengan kutipan kalimat terakhir yang berbunyi "Diah itu telah banyak menanggung beban hidup, sudah selayaknya kita ikut mendampingi dan membantunya, bukan malah menambah bebannya."


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan tersirat yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, implisit adalah tidak dinyatakan secara jelas atau terang-terangan; tersirat. Jadi, pernyataan implisit adalah pernyataan dalam paragraf yang tidak dinyatakan secara jelas atau terang-terangan.

Pada paragraf terdapat kalimat:

  • Kalau hutan dibabat, tanah yang tak dilindungi pohon itu akan mencari keseimbangan baru untuk menguatkan posisinya. (kalimat 4)
  • Hutan yang rusak juga membuat air tanah di sana "tak nyaman", lalu air tanah itu mencari keseimbangan baru. (kalimat 5)
  • Proses pencarian itu, terjadilah tanah longsor dan banjir bandang. (kalimat 6)

Pernyataan tersirat atau implisit yang sesuai dengan kalimat-kalimat tersebut adalah membabat hutan adalah tindakan merusak keseimbangan alam.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space    

0

Roboguru

Amanat apakah yang ingin disampaikan pengarang dalam kutipan cerita rakyat tersebut? Berikan alasanmu.

Pembahasan Soal:

Cerita rakyat adalah cerita dari suatu daerah  yang diturunkan secara turun temurun dari mulut ke mulut dan tidak diketahui pengarangnya.

Dalam cerita rakyat terdapat unsur instrinsik yang disebut amanat. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya biasanya ditandai dengan tercapainya tujuan atau kebahagiaan tokoh utama.

Analisis soal:

Dari penjelasan di atas, amanat yang terkadang dalam cerita rakyat tersebut adalah apabila kita berjuang untuk orang yang kita sayang maka setiap langkah kita akan terasa ringan. Hal ini didukung oleh kutipan “Ia teringat anaknya yang sedang menunggu di rumah. Langkah kakinya kini terasa ringan kembali setelah beristirahat sejenak.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah apabila kita berjuang untuk orang yang kita sayang maka setiap langkah kita akan terasa ringan. 

0

Roboguru

Tuliskan tokoh, latar, dan amanat yang terkandung pada cerita tersebut!

Pembahasan Soal:

Cerita pendek adalah cerita fiksi yang hanya memilki satu konflik.

Tokoh adalah pelaku di dalam cerita.

  • Tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah.

Latar dapat dibedakan menjadi 3 yaitu latar waktu, tempat, dan suasana. Latar waktu berkaitan dengan waktu terjadinya cerita. Latar tempat berkaitan dengan lokasi terjadinya cerita. Latar suasana berkaitan dengan suasana di dalam cerita.

  • Latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan  Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu.
  • Latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya.

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

  • Amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari.

Amanat tersebut dapat diambil dari peristiwa yang dialami oleh tokoh yaitu Rudi berlari sambil mendongakkan kepala ke atas memperhatikan layang-layang. Rudi tidak memperhatikan keadaan sekelilingnya sehingga Rudi terjatuh.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tokoh pada teks di atas adalah Rudi, teman-teman Rudi, dan pedagang buah, latar waktu pada cerita di atas adalah 2 hari setelah Rudi terkilir, dibuktikan dengan kutipan  Rudi kembali teringat peristiwa dua hari yang lalu, latar tempat pada cerita di atas adalah di kamar, dibuktikan dengan kutipan Rudi membuka jendela kamarnya, dan amanat teks di atas adalah kita harus berhati-hati dan memerhatikan keadaan sekeliling bila sedang berlari.space 

0

Roboguru

Pada suatu sore walaupun tidak disetujui Alimah, Siti Nurbayah memebeli kue yang dijajakan oleh pendekar empat, kaki tangan Datuk Maringih kue yang sengaja disediakan khusus untuk Siti Nurbaya telah d...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. Dalam kutipan tersebut menjelaskan bahwa Siti Nurbaya membeli kue dari kaki tangan Datuk Maringgih yang sudah diisi racun padahal Alimah tidak mengizinkannya sehingga Siti Nurbaya meninggal setelah memakan kue beracun itu. Lewat kejadian yang dialami tokoh Siti Nurbaya , pengarang ingin memberikan sebuah pesan bahwa kita tidak tahu masalah atau kemalangan itu bisa datang dari mana saja atau bahkan bisa datang dari orang terdekat kita maka harus selalu berhati-hati dalam melakukan perbuatan apapun.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Dua minggu setelah telegram dari Imam datang pula wesel dan surat dari santo, ibu sangat bangga sampai meneneskan air mata bahagia ibu menyatakan pada anak-anak nya agar tetap hidup seperti apa yang d...

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. Pada kutipan cerpen tersebut Ibu mengatakn bahwa anak-anaknya harus tetap hidup seperti apa yang dilakukan selama ini dan jangan congkak. Congkak memiliki arti merasa dan bertindak dengan memperlihatkan diri sangat mulia (pandai, kaya, dan sebagainya). Lewat tokoh Ibu, pengarang ingin menyampaikan pesan bahwa harus tetap hidup dalam kesederhanaan meskipun sudah berada di puncak kesuksesan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved