Iklan

Iklan

Pertanyaan

Alih fungsi lahan menjadi ancaman terbesar bagi kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia. Hal itu seiring peningkatan jumlah penduduk. Ancaman kehilangan keanekaragaman hayati juga bisa terjadi lantaran bencana alam. Teks tersebut dapat diungkapkan kembali dengan teks sepadan menjadi ...

Alih fungsi lahan menjadi ancaman terbesar bagi kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia. Hal itu seiring peningkatan jumlah penduduk. Ancaman kehilangan keanekaragaman hayati juga bisa terjadi lantaran bencana alam.
 

Teks tersebut dapat diungkapkan kembali dengan teks sepadan menjadi ...

  1. Keanekaragaman hayati Indonesia akan punah karena fungsi alih lahan dan bencana alam. Penduduk membutuhkan lahan untuk pemukiman.

  2. Peningkatan jumlah penduduk mengancam keanekaragaman hayati di Indonesia. Hal ini karena ada pengalihan fungsi lahan menjadi pemukiman. Bencana alam juga merupakan ancaman terhadap keanekaragaman hayati.

  3. Bencana alam yang sering terjadi di Indonesia memicu peningkatan jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang meningkat membutuhkan lahan pemukiman yang luas. Maka banyak lahan produktif yang dijadikan pemukiman penduduk.

  4. Penduduk Indonesia meningkat cukup tinggi. Hal ini menyebabkan fungsi lahan menjadi berkurang. Lahan yang seharusnya untuk ditanami padi akhirnya digunakan untuk perumahan. Ini akan mengancam ketahanan hayati Indonesia.

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks yang sepadan dengan ilustrasi tersebut ialah teks yang terdapat pada pilihan jawaban B. Pilihan jawaban A kurang tepat karena pada kalimat terakhir tidak sesuai dengan ilustrasi. Pilihan jawaban C kurang tepat karena kalimat tersebut tidak koheren dengan ilustrasi. Pilihan jawaban D kurang tepat karena hanya menjelaskan mengenai meningkatnya penduduk Indonesia, tidak menjelaskan tentang bencana sebagai faktor lain yang mengancam keanekaragaman hayati.

Teks yang sepadan dengan ilustrasi tersebut ialah teks yang terdapat pada pilihan jawaban B.

Pilihan jawaban A kurang tepat karena pada kalimat terakhir tidak sesuai dengan ilustrasi.

Pilihan jawaban C kurang tepat karena kalimat tersebut tidak koheren dengan ilustrasi.

Pilihan jawaban D kurang tepat karena hanya menjelaskan mengenai meningkatnya penduduk Indonesia, tidak menjelaskan tentang bencana sebagai faktor lain yang mengancam keanekaragaman hayati.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesalahan penulisan ejaan pada teks tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia