Roboguru

Temukan kesalahan penulisan (tanda baca, ejaan, kata tidak baku) kemudian perbaikilah kesalahan penulisan teks tersebut berdasarkan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)!

Pertanyaan

Temukan kesalahan penulisan (tanda baca, ejaan, kata tidak baku) kemudian perbaikilah kesalahan penulisan teks tersebut berdasarkan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

    Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna item (seharusnya hitam) atau kecoklatan  yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh di dalam lapisan bumi. Batubara (seharusnya batu bara) mudah terbakar dan terbentuk dari materi organik atau tanaman mati yang terkubur di rawa-rawa selama jutaan tahun yang lalu. Di sampingitu (seharusnya samping itu), batu bara juga memuat unsur lain, seperti belerang hidrogen oksigen dan nitrogen (seharusnya belerang, hidrogen, oksigen, dan nitrogen) dalam jumlah yang berfariasi (seharusnya bervariasi). Batu bara  merupakan merupakan sumber daya alam yang mempenuhi (seharusnya memenuhi) sebagian besar kebutuhan  listrik di dunia.
    Batu bara terbentuk 3 ratus juta tahun yang lalu ketika sebagian besar permukaan bumi tertutup oleh rawa. Tanaman terestrial, terutama pohonpohon (seharusnya pohon-pohon) tinggi di hutan rawa seperti lycopods (seharusnya lycopods), pakis raksasa, dan lumut jatuh kedalam rawa atau genanagan (seharusnya genangan) air. Karena perubahan iklim dan berbagai peristiwa bencana alam, sejumlah besar hutan tenggelam dalam rawa-rawa tersebut. Lapisan ini kemudian tertutup dengan lumpur & (seharusnya dan) pasir dalam jumlah besar. Pasa (seharusnya pada) bagian bawah membentuk lapisan basah yang disebut gambut.
    Sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, pembentukan batubara (seharusnya batu bara) ini terputus dari udara langsung. Oleh karena itu, proses dekomposisi menjadi lambat dan hanya menghasilkan gambut sebagai tahap pertama pembentukan batu bara. Dengan peningkatan tekanan dan pempadatan antara lapisan sedimen, gambut berubah menjadi bituminous (seharusnya bituminous), batu bawa subbituminous (seharusnya subbituminous), dan akhirnya bentuk utuh batu bara.
    Dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya. Ini adalah proses pembentukan batu bara.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved