Iklan

Iklan

Pertanyaan

Alam pegunungan menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam. Panorama yang indah, udara yang sejuk dan bersih menjadikan alam pegunungan sebagai pilihan utama untuk menyalurkan hobinya. Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah .....

Alam pegunungan menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam. Panorama yang indah, udara yang sejuk dan bersih menjadikan alam pegunungan sebagai pilihan utama untuk menyalurkan hobinya.

Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah .....

  1. Konsep morfologi

  2. Konsep nilai kegunaan

  3. Konsep keterkaitan keruangan

  4. Konsep diferensiasi area

  5. Konsep interdependensi

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah nilai kegunaan. Nilai kegunaan adalah konsep yang berkaitan dengan nilai guna suatu wilayah yang dapat dikembangkan menjadi potensi yang menunjang perkembangan suatu wilayah. Contoh konsep nilai kegunaan, yaitu alam pegunungan memiliki manfaat yang berbeda bagi masing-masing orang. Pecinta alam yang datang ke lokasi pegunungan akan berpendapat bahwa tempat itu sangat indah dinikmati untuk menyalurkan hobinya dalam pendakian atau jelajah alam. Manfaat berbeda jika kita lihat dari penduduk sekitar lokasi alam pegunungan. Penduduk sekitar memanfaatkan alam pegunungan sebagai tempat untuk mereka tinggal dan mencari rezeki, misalnya saja bertani teh, sayuran, atau berkebun bunga maupun buah yang dapat ditanam di lokasi tersebut untuk menghasilkan pendapatan.

Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah nilai kegunaan.

Nilai kegunaan adalah konsep yang berkaitan dengan nilai guna suatu wilayah yang dapat dikembangkan menjadi potensi yang menunjang perkembangan suatu wilayah. Contoh konsep nilai kegunaan, yaitu alam pegunungan memiliki manfaat yang berbeda bagi masing-masing orang. Pecinta alam yang datang ke lokasi pegunungan akan berpendapat bahwa tempat itu sangat indah dinikmati untuk menyalurkan hobinya dalam pendakian atau jelajah alam. Manfaat berbeda jika kita lihat dari penduduk sekitar lokasi alam pegunungan. Penduduk sekitar memanfaatkan alam pegunungan sebagai tempat untuk mereka tinggal dan mencari rezeki, misalnya saja bertani teh, sayuran, atau berkebun bunga maupun buah yang dapat ditanam di lokasi tersebut untuk menghasilkan pendapatan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bali merupakan pulau sekaligus salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Bali dikenal dengan surganya wisata bagi masyarakat lokal maupun mancanegara. Bali identik dengan kawasan pesisir di wilayah s...

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia