Iklan

Iklan

Pertanyaan

Alam pegunungan menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam. Panorama yang indah, udara yang sejuk dan bersih menjadikan alam pegunungan sebagai pilihan utama untuk menyalurkan hobinya. Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah ….

Alam pegunungan menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam. Panorama yang indah, udara yang sejuk dan bersih menjadikan alam pegunungan sebagai pilihan utama untuk menyalurkan hobinya.

Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah ….

 

  1. konsep morfologi

  2. konsep nilai kegunaan

  3. konsep keterkaitan keruangan

  4. konsep diferensiasi area

  5. konsep interdependensi

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka konsep yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah konsep nilai kegunaan. Jawaban yang tepat adalah B.

maka konsep yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah konsep nilai kegunaan. Jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Ada 10 konsep dalam ilmu geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut: Konsep Morfologi adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contohnya adalahKota Jakartayang memiliki kondisi fisik dataran rendah. Konsep Nilai Kegunaan adalah konsep yang menjelaskan tentang kegunaan suatu wilayah di permukaan bumi. Contohnya adalahNTB memiliki bentang alam sabana yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan peternakan. Konsep Keterkaitan Keruangan adalah konsep yang menunjukkan tingkat keterkaitan antar wilayah dan mendorong terjadinya interaksi sebab akibat antar wilayah. Contohnya adalah kemacetan di Jakarta banyak dipengaruhi oleh mobilitas penglaju yang tinggal di kawasan bodetabek namun bekerja di Jakarta. Konsep Diferensiasi Area adalah konsep yang membahas tentangperbedaan dari wilayah yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalah mayoritas orang yang tinggal di wilayah pegunungan akan bekerja di bidang perkebunan, sementara mayoritasorang yang tinggal di wilayah pesisir pantai akan bekerja sebagai nelayan. Konsep Interdepedensi adalah konsep yang menjelaskan tentang ketergantungan suatu daerah dengan daerah lainguna memenuhi kebutuhannya.Contohnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya, maka Kota Jakarta memerlukan stok beras yang dihasilkan dari wilayah Jawa Tengah. Pada soal, dijelaskan mengenai fungsi wilayah pegunungan bagi para pecinta alam. Dengan demikian, maka konsep yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah konsep nilai kegunaan. Jawaban yang tepat adalah B.

Ada 10 konsep dalam ilmu geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut:

  • Konsep Morfologi adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contohnya adalah Kota Jakarta yang memiliki kondisi fisik dataran rendah.
  • Konsep Nilai Kegunaan adalah konsep yang menjelaskan tentang kegunaan suatu wilayah di permukaan bumi. Contohnya adalah NTB memiliki bentang alam sabana yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan peternakan.
  • Konsep Keterkaitan Keruangan adalah konsep yang menunjukkan tingkat keterkaitan antar wilayah dan mendorong terjadinya interaksi sebab akibat antar wilayah.  Contohnya adalah kemacetan di Jakarta banyak dipengaruhi oleh mobilitas penglaju yang tinggal di kawasan bodetabek namun bekerja di Jakarta.
  • Konsep Diferensiasi Area adalah konsep yang membahas tentang perbedaan dari wilayah yang ada di permukaan bumi. Contohnya adalah mayoritas orang yang tinggal di wilayah pegunungan akan bekerja di bidang perkebunan, sementara mayoritas orang yang tinggal di wilayah pesisir pantai akan bekerja sebagai nelayan.
  • Konsep Interdepedensi adalah konsep yang menjelaskan tentang ketergantungan suatu daerah dengan daerah lain guna memenuhi kebutuhannya. Contohnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya, maka Kota Jakarta memerlukan stok beras yang dihasilkan dari wilayah Jawa Tengah.

Pada soal, dijelaskan mengenai fungsi wilayah pegunungan bagi para pecinta alam. Dengan demikian, maka konsep yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah konsep nilai kegunaan. Jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bali merupakan pulau sekaligus salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Bali dikenal dengan surganya wisata bagi masyarakat lokal maupun mancanegara. Bali identik dengan kawasan pesisir di wilayah s...

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia