Iklan

Iklan

Pertanyaan

Alam pegunungan menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam. Panorama yang indah, udara yang sejuk dan bersih menjadikan alam pegunungan sebagai pilihan utama untuk menyalurkan hobinya. Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah ....

Alam pegunungan menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam. Panorama yang indah, udara yang sejuk dan bersih menjadikan alam pegunungan sebagai pilihan utama untuk menyalurkan hobinya.

Konsep geografi yang sesuai dengan kasus di atas adalah ....

  1. konsep morfologi 

  2. konsep nilai kegunaan 

  3. keterkaitan keruangan

  4. konsep diferensiasi area

  5. konsep interdependensi

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah Konsep Nilai Kegunaan, karena pada ilustrasi soal dijelaskan mengenai guna gunung untuk pecinta alam.

jawaban yang tepat adalah Konsep Nilai Kegunaan, karena pada ilustrasi soal dijelaskan mengenai guna gunung untuk pecinta alam.

Iklan

Pembahasan

Ada beberapa konsep yang harus diketahui sebagai berikut : Konsep Morfologi , adalah konsep yang menjelaskan tentang bentuk permukaan bumi. Contoh: Wilayah NTB didominasi oleh bentang alam berupa padang rumput yang luas. Konsep Nilai Kegunaan , adalah konsep yang menjelaskan tentang guna suatu wilayah di permukaan bumi. Contoh: NTB memiliki bentang alam berupa padang rumput, sehingga banyak warga setempat memanfaatkannya untuk memelihara hewan peternakan. Konsep Keterkaitan Keruangan , adalah konsep yang menjelaskan tentang hubungan antara ruang dan keadaan sosial didalamnya. Contoh: Hujan yang turun pada bulan oktober lalu, mengakibatkan sebagian daerah mengalami gagal panen, sehingga produksi beras menurun. Konsep Diferensiasi Area , adalah konsep yang menjelaskan tentang perbedaan antar wilayah, baik dari aspek fisik maupun aspek sosial. Contoh: Karawang menjadi pusat lumbung padi Indonesia, Brebes menjadi pusat penghasil bawang, dan bogor menjadi pusat penghasil talas. Konsep Interdepedensi , adalah konsep yang menjelaskan hubungan antara satu wilayah dengan wilayah lain. Contoh: Bogor dan Jakarta selalu mencari solusi untuk permasalahan banjir kiriman. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah Konsep Nilai Kegunaan, karena pada ilustrasi soal dijelaskan mengenai guna gunung untuk pecinta alam.

Ada beberapa konsep yang harus diketahui sebagai berikut :

  1. Konsep Morfologi, adalah konsep yang menjelaskan tentang bentuk permukaan bumi. Contoh: Wilayah NTB didominasi oleh bentang alam berupa padang rumput yang luas.
  2. Konsep Nilai Kegunaan, adalah konsep yang menjelaskan tentang guna suatu wilayah di permukaan bumi. Contoh: NTB memiliki bentang alam berupa padang rumput, sehingga banyak warga setempat memanfaatkannya untuk memelihara hewan peternakan.
  3. Konsep Keterkaitan Keruangan, adalah konsep yang menjelaskan tentang hubungan antara ruang dan keadaan sosial didalamnya. Contoh: Hujan yang turun pada bulan oktober lalu, mengakibatkan sebagian daerah mengalami gagal panen, sehingga produksi beras menurun.
  4. Konsep Diferensiasi Area, adalah konsep yang menjelaskan tentang perbedaan antar wilayah, baik dari aspek fisik maupun aspek sosial. Contoh: Karawang menjadi pusat lumbung padi Indonesia, Brebes menjadi pusat penghasil bawang, dan bogor menjadi pusat penghasil talas.
  5. Konsep Interdepedensi, adalah konsep yang menjelaskan hubungan antara satu wilayah dengan wilayah lain. Contoh: Bogor dan Jakarta selalu mencari solusi untuk permasalahan banjir kiriman.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah Konsep Nilai Kegunaan, karena pada ilustrasi soal dijelaskan mengenai guna gunung untuk pecinta alam.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

32

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Pada bentuk muka bumi apakah aktivitas manusia seperti tampak pada gambar di atas dapat berlangsung? Jelaskan!

8

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia