Iklan

Iklan

Pertanyaan

Aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Barat dominan pada aktivitas peternakan khususnya kuda. Hal itu sangat sesuai dengan bioma sabana di daerah tersebut akibat intensitas curah hujan yang relatif sedikit. Pendekatan Geografi untuk mengkaji kasus di atas adalah….

Aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Barat dominan pada aktivitas peternakan khususnya kuda. Hal itu sangat sesuai dengan bioma sabana di daerah tersebut akibat intensitas curah hujan yang relatif sedikit.
Pendekatan Geografi untuk mengkaji kasus di atas adalah….

  1. pendekatan keruangan

  2. pendekatan kompleks wilayah

  3. pendekatan topik

  4. pendekatan ekologi

  5. pendekatan regional

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan Geografi yang sesuai pada soal yaitu Pendekatan Keruangan. Pendekatan keruangan/ spa tial analysis merupakan salah satu dari 3 pendekatan geografi yang mempelajari tentang keragaman ruang muka bumi dengan menelaah masing-masing aspek-aspek keruangannya. Dalam pendekatan ini hal yang dikaji yaitu kesamaan atau perbedaan suatu fenomena geosfer lewat aspek keruangan.Aspek-aspek ruang dan spasial geografi meliputi faktor lokasi, kondisi alam dan kondisi sosial budaya masyarakat . Pada Soal: Aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Barat yang dominan pada aktivitas peternakan merujuk pada kondisi sosial budaya masyarakatnya. Sesuai dengan bioma sabana di daerah tersebut akibat intensitas curah hujan yang relatif sedikit merujuk pada kondisi kondisi alam sekitarnya.

Pendekatan Geografi yang sesuai pada soal yaitu Pendekatan Keruangan.

Pendekatan keruangan/ spatial analysis merupakan salah satu dari 3 pendekatan geografi yang mempelajari tentang keragaman ruang muka bumi dengan menelaah masing-masing aspek-aspek keruangannya.

Dalam pendekatan ini hal yang dikaji yaitu kesamaan atau perbedaan suatu fenomena geosfer lewat aspek keruangan. Aspek-aspek ruang dan spasial geografi meliputi faktor lokasi, kondisi alam dan kondisi sosial budaya masyarakat.

Pada Soal:

Aktivitas masyarakat Nusa Tenggara Barat yang dominan pada aktivitas peternakan merujuk pada kondisi sosial budaya masyarakatnya. Sesuai dengan bioma sabana di daerah tersebut akibat intensitas curah hujan yang relatif sedikit merujuk pada kondisi kondisi alam sekitarnya.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

151

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan pendekatan keruangan dalam analisis studi geografi!

3

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia