Iklan

Iklan

Pertanyaan

Akibat yang ditimbulkan oleh dua lempeng yang saling berpapasan adalah ….

Akibat yang ditimbulkan oleh dua lempeng yang saling berpapasan adalah ….

  1. gempa dan vulkanisme

  2. vulkanisme dan tsunami

  3. block mountain dan tsunami

  4. dekstral dan sinistral

  5. erosi dan sedimentasi

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Transform adalah pergerakan yang terjadi pada dua bagian lempeng bumi yang bergerak secara horizontal dan berlawanan arahnya atau saling bergeser satu sama lain ( slide each other ). Keduanya tidak saling mendekat atau menjauh namun hanya berpapasan. Daerah lempeng bumi yang mengalami peristiwa pergerakan transform disebut batas transform. Bentukan alam yang dihasilkan dari gerakan ini adalah patahan dan sesar mendatar. Dekstral adalah patahan horizontal yang bergerak ke arah kanan. Jika kita berdiri menghadap sebuah patahan maka sesar akan bergerak ke kanan. Sinitral adalah kebalikan dari dekstral, sinitral patahan horizontal yang bergerak ke arah kiri. Jika kita berdiri menghadap sebuah patahan maka sesar akan bergerak ke kiri. Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat sebagai akibat dari dua lempeng yang berpapasan adalah D. dekstral dan sinitral. Sedangkan, pilihan jawaban A, B dan C adalah akibat lempeng saling mendekat, pilihan E adalah akibat tenaga eksogen.

Transform adalah pergerakan yang terjadi pada dua bagian lempeng bumi yang bergerak secara horizontal dan berlawanan arahnya atau saling bergeser satu sama lain (slide each other). Keduanya tidak saling mendekat atau menjauh namun hanya berpapasan. Daerah lempeng bumi yang mengalami peristiwa pergerakan transform disebut batas transform. Bentukan alam yang dihasilkan dari gerakan ini adalah patahan dan sesar mendatar. Dekstral adalah patahan horizontal yang bergerak ke arah kanan. Jika kita berdiri menghadap sebuah patahan maka sesar akan bergerak ke kanan. Sinitral adalah kebalikan dari dekstral, sinitral patahan horizontal yang bergerak ke arah kiri. Jika kita berdiri menghadap sebuah patahan maka sesar akan bergerak ke kiri.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat sebagai akibat dari dua lempeng yang berpapasan adalah D. dekstral dan sinitral. Sedangkan, pilihan jawaban A, B dan C adalah akibat lempeng saling mendekat, pilihan E adalah akibat tenaga eksogen.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

San Andreas Fault merupakan salah satu contoh ....

17

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia