Roboguru

Apa yang dimaksud dengan istilah Sesar mendatar?

Pertanyaan

Apa yang dimaksud dengan istilah Sesar mendatar?

Pembahasan Soal:

Sesar mendatar atau transform merupakan gerakan saling bergesekan yang berlawanan arah antarlempeng tektonik. Jalur tempat bergesekan lempeng-lempeng tektonik tersebut dinamakan zona sesar mendatar (zone transform), hasil dari sesar mendatar biasanya berupa patahan atau sesar mendatar yang diiringi dengan fenomena gempa bumi. Contohnya Sesar San Andreas di California.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 23 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pergerakan lempeng transform fault membentuk kenampakan ....

Pembahasan Soal:

Transform fault merupakan pertemuan dua lempeng yang bergerak dengan arah saling berlawanan. Pergerakan tersebut dapat mengakibatkan munculnya kenampakan sesar dan patahan, karena batuan penyusunnya sudah tidak mampu lagi menahan gaya dari transform fault.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Akibat yang ditimbulkan oleh dua lempeng yang saling berpapasan adalah….

Pembahasan Soal:

Jika ada dua lempeng yang saling berpapasan, maka akibat yang terjadi adalah Dekstral dan Sinistral.

Dekstral adalah patahan horizontal yang bergerak ke arah kanan. Dekstral dapat diketahui dengan cara berdiri di depan potongan sesar yang besar. Jika patahan tersebut adalah dekstral, maka sesar tersebut akan bergerak ke kiri.

Sinistral adalah kebalikan dari dekstral. Jika dekstral adalah patahan horizontal yang bergerak kearah kanan, maka sinistral adalah patahan horizontal yang bergerak ke arah kiri. Untuk mengetahu sinistral, caranya sama dengan dekstral. Yaitu berdiri di depan potongan sesar yang besar. Jika sesar tersebut bergerak ke arah kiri, maka patahan tersebut adalah sinistral.

0

Roboguru

Patahan San Andreas merupakan bentukan muka bumi yang diakibatkan oleh adanya proses sesar...

Pembahasan Soal:

Patahan San Andreas adalah pergeseran sesar di California, Amerika Serikat, yang memiliki panjang 1.300 km. Patahan ini membentuk batas tektonik antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara.

Patahan San Andreas diakibatkan oleh pergerakan lempeng dimana lempeng-lempeng bergerak saling berpapasan atau yang sering disebut dengan sesar mendatar atau Transform. Gerakan ini sejajar dan tidak tegak lurus yang menghasilkan sesar mendatar jenis Strike Slip Fault . 

 

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Akibat yang ditimbulkan oleh dua lempeng yang saling berpapasan adalah ….

Pembahasan Soal:

Transform adalah pergerakan yang terjadi pada dua bagian lempeng bumi yang bergerak secara horizontal dan berlawanan arahnya atau saling bergeser satu sama lain (slide each other). Keduanya tidak saling mendekat atau menjauh namun hanya berpapasan. Daerah lempeng bumi yang mengalami peristiwa pergerakan transform disebut batas transform. Bentukan alam yang dihasilkan dari gerakan ini adalah patahan dan sesar mendatar. Dekstral adalah patahan horizontal yang bergerak ke arah kanan. Jika kita berdiri menghadap sebuah patahan maka sesar akan bergerak ke kanan. Sinitral adalah kebalikan dari dekstral, sinitral patahan horizontal yang bergerak ke arah kiri. Jika kita berdiri menghadap sebuah patahan maka sesar akan bergerak ke kiri.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat sebagai akibat dari dua lempeng yang berpapasan adalah D. dekstral dan sinitral. Sedangkan, pilihan jawaban A, B dan C adalah akibat lempeng saling mendekat, pilihan E adalah akibat tenaga eksogen.

0

Roboguru

San Andreas Fault merupakan salah satu contoh ....

Pembahasan Soal:

Gesekan antara lempeng Samudera Pasifik dengan lempeng daratan Amerika Utara yang mengakibatkan terbentuknya Sesar San Andreas yang membentang sepanjang kurang lebih 1.200 km dari San Francisco di utara sampai Los Angeles di selatan Amerika Serikat. Gerak patahan atau sesar ini dapat menimbulkan gempa bumi. Sesar mendatar (Transform), yaitu gerakan saling bergesekan (berlawanan arah) antarlempeng tektonik. Contohnya Sesar San Andreas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved