Roboguru

Pertanyaan

Akibat Perang Dunia 1 ...

D. Setiadi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

akibat yang ditimbulkan oleh Perang Dunia I menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan seperti politik, kematian umat manusia dan penemuan-penemuan teknologi perang terbarukan.

Pembahasan

Konflk bersenjata dalam skala internasional yang pernah terjadi dalam sejarah umat manusia, tercatat misalnya Peristiwa Perang Dunia I yang berlangsung kurang lebih 5 tahun dari 28 Juli 1914-11 November 1918.
Peristiwa perang dalam skala dan untuk alasan apapun akan selalu mengakibatkan kerugian dan duka mendalam, berikut beberapa akibat yang ditimbulkan dalam Perang Dunia I : 

  1. Akibat dalam bidang politik, bermunculan negara-negara baru seperti Polandia, Irak, Iran, Cekoslovakia yang memiliki paham baru seperti Fasisme, Komunisme dan Nasionalisme.
  2. Akibat dalam bidang ekonomi, terjadinya krisis Malaise yang melanda dunia pada tahun 1929 dan hutang yang menumpuk akibat perang.
  3. Akibat dalam bidang sosial, terjadinya kematian umat manusia sekitar 50 juta jiwa baik dari kalangan militer dan sipil. 
  4. Akibat dalam bidang teknologi, munculnya penemuan-penemuan senjata terbarukan seperti tank lapis baja, bubuk mesiu senjata dan kapal selam pertama (U-155).

Dengan demikian, akibat yang ditimbulkan oleh Perang Dunia I menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan seperti politik, kematian umat manusia dan penemuan-penemuan teknologi perang terbarukan.

42

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Ketidakstabilan politik pada awal abad ke XX di daerah Balkan memicu terjadinya Perang Dunia I. Salah satu kondisi yang menunjukan ketidakstabilan politik tersebut ialah ....

44

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia