Iklan

Iklan

Pertanyaan

Air laut mengandung beberapa jenis zat terlarut seperti garam-garam yang jumlahnya rata-rata 3,5%, terutama garam NaCI ( M r ​ = 58,5). Osmosis balik dapat digunakan untuk pengolahan air laut menjadi air murni. Dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar daripada tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembesdari air asin ke dalam air murni melalui membran semipermeabel untuk air tetapi tidak untuk ion-ion dalam air laut seperti gambar berikut. Pada suhu 27 ∘ C volume air laut yang diolah adalah 1.000 liter (diasumsikan massa jenis air laut = 1 gram/mL). Berikut ini kesimpulan pada proses tersebut. dapat diperoleh air murni tidak terjadi perubahan apapun tekanan osmosis air laut sebesar 29,4 atm tidak dapat diperoleh air murni Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor .... (SOAL STANDAR SBMPTN 2018)

Air laut mengandung beberapa jenis zat terlarut seperti garam-garam yang jumlahnya rata-rata 3,5%, terutama garam NaCI ( = 58,5). Osmosis balik dapat digunakan untuk pengolahan air laut menjadi air murni. Dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yang lebih besar daripada tekanan osmotiknya, air dipaksa untuk merembes dari air asin ke dalam air murni melalui membran semipermeabel untuk air tetapi tidak untuk ion-ion dalam air laut seperti gambar berikut.



Pada suhu  volume air laut yang diolah adalah 1.000 liter (diasumsikan massa jenis air laut = 1 gram/mL). Berikut ini kesimpulan pada proses tersebut.

  1. dapat diperoleh air murni
  2. tidak terjadi perubahan apapun
  3. tekanan osmosis air laut sebesar 29,4 atm
  4. tidak dapat diperoleh air murni

Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor ....space

(SOAL STANDAR SBMPTN 2018)

  1. 1 dan 2space

  2. 1 dan 3space

  3. 2 dan 4space

  4. 3 dan 4space

  5. 1, 2, dan 3space

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.space

Iklan

Pembahasan

Osmosis merupakan suatu proses bergeraknya molekul pelarut dari larutan dengan konsentrasi lebih rendah ke larutan dengan konsentrasi lebih tinggi melalui membran semipermiabel. Tekanan osmotik pada larutan elektrolit dapat dihitung dengan persamaan berikut. π = M × R × T × i Oleh karena itu untuk mengetahui tekanan osmotik pada air laut tersebut maka: π ​ = = = ​ M r ​ NaCl massa NaCl ​ × P 1000 ​ × R × T × i 58 , 5 35000 ​ × 1000000 1000 ​ × 0 , 082 × 300 × 2 29 , 4 atm ​ Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tekanan osmosis air laut adalah 29,4 atm. Maka, dapat diketahui bahwa air murni dapat diperoleh dari air laut jika tekanan yang diberikan lebih dari 29,4 atm sehingga terjadi perpindahan air dari air laut ke air murni sehingga tekanan 40 atm dapat menyebabkan perpindahan ini. Maka, pernyataan yang benar adalah pernyataan 1 dan 3. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Osmosis merupakan suatu proses bergeraknya molekul pelarut dari larutan dengan konsentrasi lebih rendah ke larutan dengan konsentrasi lebih tinggi melalui membran semipermiabel. Tekanan osmotik pada larutan elektrolit dapat dihitung dengan persamaan berikut.



Oleh karena itu untuk mengetahui tekanan osmotik pada air laut tersebut maka:



Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa tekanan osmosis air laut adalah 29,4 atm. Maka, dapat diketahui bahwa air murni dapat diperoleh dari air laut jika tekanan yang diberikan lebih dari 29,4 atm sehingga terjadi perpindahan air dari air laut ke air murni sehingga tekanan 40 atm dapat menyebabkan perpindahan ini. Maka, pernyataan yang benar adalah pernyataan 1 dan 3. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

46

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan peristiwa pergerakan molekul air dan zat terlarut dalam suatu sel hidup berikut ini. Dari gambar di atas, yang akan menyebabkan sel tersebut rusak ditunjukkan oleh gambar nomor .......

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia