Adakah kalimat ajakan dalam pidato tersebut? Jika ada, sebutkan!

Pertanyaan

Perhatikan teks pidato persuasif berikut!

   
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah, Bapak/lbu guru, dan para tamu undangan. Yang berbahagia teman-teman kelas IX, serta adik-adik kelas VII dan VIII.

    Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah memberi nikmat yang tiada tara kepada kita semua. Salah satu nikmat itu adalah nikmat sehat dan nikmat sempat sehingga kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang suatu apapun. Terima kasih kepada guru bahasa Indonesia saya dan teran-teran yang telah memberikan kesempatan untuk saya menyampaikan pidato ini.

    Di sini saya akan menyampaikan pidato dengan tema "Melalui Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Rasa Nasionalisme dan Cinta Bahasa Indonesia". Tema tersebut berhubungan dengan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa karena pada 28 Oktober 1928 para pendahulu bangsa kita mencetuskan Sumpah Pemuda dengan bahasa Indonesia.

    Bulan Bahasa merupakan bulan di mana setiap orang dapat mengekspresikan bakatnya terutama dalam bidang bahasa dan sastra yang bertujuan untuk lebih mencintai bahasa sendiri, yaitu bahasa Indonesia. Walaupun bulan bahasa ini hanya setahun sekali, tetapi bulan bahasa ini menunjukkan bahwa rakyat negeri ini memiliki kepedulian terhadap bahasa Indonesia.

    Fakta menunjukkan jika generasi muda saat ini lebih banyak mengembangkan bahasa gaul daripada memerhatikan bahasa yang baik. Tidak salah juga hila berkomunikasi dengan bahasa gaul. Hanya saja, ketika bahasa hanya sebatas menyampaikan pesan belaka, kualitas berbahasa yang baik tidak akan tercapai.

    Bulan bahasa sebenarnya dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas berbahasa secara baik dan benar. Tapi jangan pula hanya sekadar pada bulan Oktober saja. Karena berbahasa merupakan proses yang harus dibiasakan. Semakin terbiasa untuk berbahasa dengan baik, semakin membantu kita untuk terus meningkatkan kualitas berbahasa.

    Bulan Oktober juga tidak sekadar menjadi bulan bahasa, tetapi juga bulan sastra, kita pun sebaiknya perlu belajar untuk memberi porsi yang cukup pada bidang sastra. Masalahnya, untuk bidang ini pun kita masih ketinggalan dari negara-negara lainnya. Para siswa sekolah perlu mengenal lebih banyak karya sastra, tidak hanya untuk melengkapi kegiatan belajar bidang studi bahasa dan sastra Indonesia saja, tetapi juga untuk menggali kekayaan moral dan intelektual yang dituangkan dalam setiap karya sastra.

    Dengan bulan bahasa ini, diharapkan dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk mengungkapkan keinginan, kemampuan, ilmu dan pengetahuan kita dengan berbahasa Indonesia. Negara kita tetap bersatu padu dan tidak ada perbedaan. Meski berbeda budaya atau pun adat tetapi persatuan tetap kita pegang teguh dengan "Bahasa satu, bahasa Indonesia".

    Marilah kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan calon penerus pemimpin bangsa yang tangguh kita lestarikan bahasa kita sebagai alat komunikasi dengan masyarakat, daerah yang berbeda. Ingatlah, bahasa dan sastra Indonesia itu merupakan hartamu juga. jangan sampai diklaim oleh negara lain.

    Demikian pidato dari saya. Intinya kita sebagai generasi muda harus menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dengan cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai pelajar kita perlu mengenal lebih banyak karya sastra tidak hanya sebagai kegiatan belajar, tetapi untuk menggali kekayaan moral dan intelektual yang dituangkan dalam setiap karya sastra. Saya mohon maaf apabila dalam menyampaikan pidato ada kata atau ucapan yang kurang tepat.

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber: http://www.mikirbae.com/2015/08/menyusun-teks-pidato-bulan-bahasa.html dengan pengubahanspace 

Adakah kalimat ajakan dalam pidato tersebut? Jika ada, sebutkan!space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 kalimat ajakan dalam pidato persuasif tersebut adalah  marilah kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan calon penerus pemimpin bangsa yang tangguh kita lestarikan bahasa kita sebagai alat komunikasi dengan masyarakat, daerah yang berbeda.space

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata benda abstrak, dan kata hubung (konjungsi).

Kalimat persuasif adalah kalimat yang isinya mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat persuasi biasanya digunakan sebagai media untuk mengajak, menghimbau, atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Biasanya, kalimat persuasif menggunakan kata mari, ayo, atau kata-kata yang bersifat mengajak lainnya.

Dengan demikian, kalimat ajakan dalam pidato persuasif tersebut adalah  marilah kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan calon penerus pemimpin bangsa yang tangguh kita lestarikan bahasa kita sebagai alat komunikasi dengan masyarakat, daerah yang berbeda.space

103

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kalimat persuasif yang tepat berdasarkan kutipan pidato tersebut adalah ....

207

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia