Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ada dua persoalan mendesak di sini. Pertama, bagaimana kita merespons potensi gejolak harga dan persoalan di dalam negeri akibat kekeringan di AS, mengingat ketiga komoditas itu sudah menjadi komponen penting dalam konsumsi pangan masyarakat kita. Terutama kedelai sebagai bahan baku tahu tempe, sumber gizi utama kelompok pendapatan bawah. Isu kedua, mengatasi persoalan lebih mendasar, yang membuat kita selalu dalam posisi rentan terhadap setiap gejolak pangan dunia atau kondisi alam. Opini penulis tajuk rencana tersebut adalah …

            Ada dua persoalan mendesak di sini. Pertama, bagaimana kita merespons potensi gejolak harga dan persoalan di dalam negeri akibat kekeringan di AS, mengingat ketiga komoditas itu sudah menjadi komponen penting dalam konsumsi pangan masyarakat kita. Terutama kedelai sebagai bahan baku tahu tempe, sumber gizi utama kelompok pendapatan bawah.

            Isu kedua, mengatasi persoalan lebih mendasar, yang membuat kita selalu dalam posisi rentan terhadap setiap gejolak pangan dunia atau kondisi alam.

Opini penulis tajuk rencana tersebut adalah …

  1. Gejolak harga akibat kekeringan di AS.

  2. Tiga komoditas dalam konsumsi pangan masyarakat.

  3. Komponen penting dalam bahan baku tempe.

  4. Bagaimana kita merespons potensi gejolak harga.

  5. Persoalan mendesak yang perlu diatasi secara mendasar.

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.  

Iklan

Pembahasan

Opini dalam, teks tersebut adalah (A) Gejolak harga akibat kekeringan di AS. Dari bacaan teks tersebut, diketahui bahwa penulis menekankan permasalahan pada dua persoalan utama, yakni bagaimana merespons potensi gejolak harga dan persoalan dalam negeri akibat kekeringan di AS. Hal ini menandakan bahwa Indonesia belum sepenuhnya memiliki ketahanan dan kestabilan pangan. Dalam hal ini, penulis menekankan pada gejolak harga dan gejolak pangan dunia. Hal-hal tersebut masih bersifat opini, karena sifatnya subjektif (bergantung pada pandangan pribadi penulis). Kata kunci dalam teks ini adalah gejolak. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Opini dalam, teks tersebut adalah (A) Gejolak harga akibat kekeringan di AS. Dari bacaan teks tersebut, diketahui bahwa penulis menekankan permasalahan pada dua persoalan utama, yakni bagaimana merespons potensi gejolak harga dan persoalan dalam negeri akibat kekeringan di AS. Hal ini menandakan bahwa Indonesia belum sepenuhnya memiliki ketahanan dan kestabilan pangan.  Dalam hal ini, penulis menekankan pada gejolak harga dan gejolak pangan dunia. Hal-hal tersebut masih bersifat opini, karena sifatnya subjektif (bergantung pada pandangan pribadi penulis). Kata kunci dalam teks ini adalah gejolak. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

73

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Opini redaksi yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

151

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia