Roboguru

Ada dua persoalan mendesak di sini. Pertama, bagaiman kita merespon potensi gejolak harga dan persoalan di dalam negeri akibat kekeringan di AS, mengingat ketiga komoditas itu sudah menjadi komponen penting dalam konsumsi pangan masyarakat kita. Terutama kedelai sebagai bahan baku tahu tempe, sumber gizi utama kelompok pendapatan bawah. Isu kedua, mengatasi persoalan lebih mendasar, yang membuat kita selalu dalam posisi rentan terhadap setiap gejolak pangan dunia atau kondisi alam Penulis dalam kutipan tersebut berpihak kepada ...

Pertanyaan

Ada dua persoalan mendesak di sini. Pertama, bagaiman kita merespon potensi gejolak harga dan persoalan di dalam negeri akibat kekeringan di AS, mengingat ketiga komoditas itu sudah menjadi komponen penting dalam konsumsi pangan masyarakat kita. Terutama kedelai sebagai bahan baku tahu tempe, sumber gizi utama kelompok pendapatan bawah.

Isu kedua, mengatasi persoalan lebih mendasar, yang membuat kita selalu dalam posisi rentan terhadap setiap gejolak pangan dunia atau kondisi alam

Penulis dalam kutipan tersebut berpihak kepada ...

  1. pemerintah Amerika

  2. pemerintah Indonesia

  3. masyarakat Indonesia

  4. masyarakat Amerika

  5. masyarakat dunia

Pembahasan Soal:

Penulis teks di atas memberikan dua hal yang harus diselesaikan secara mendasar oleh pemerintah Indonesia untuk menanggapi gejolak yang sedang terjadi di AS. Tujuan penulis mengemukakan hal tersebut adalah agar pemerintah mencari solusi yang tepat agar masyarakat Indonesia tidak terkena imbas yang lebih parah. Berdasarkan pernyataan tersebut tujuan penulis berpihak pada masyarakat Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah C

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikan kata penghubung bercetak miring agar membentuk paragraf yang kohesif adalah ....

Pembahasan Soal:

Kata penghubung disebut juga konjungsi, adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat dalam sebuah paragraf. Konjungsi pada paragraf di atas konjungsi intra kalimat, merupakan kata yang menghubungkan klausa induk dan klausa anak dalam satu kalimat, biasanya terletak di tengah-tengah kalimat.

Secara umum konjungsi antar klausa terbagi menjadi 2 (dua) yakni konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif.

  1. Konjungsi Koordinatif, yakni konjungsi yang menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih yang kedudukannya sederajat atau setara. Contohnya : dan, serta, atau, tetapi, melainkan, padahal.
  1. Konjungsi Subordinatif, yakni konjungsi yang menghubungkan dua unsur kalimat (klausa) yang kedudukannya tidak sederajat. Contohnya : yang, agar, supaya, bahwa, dengan, sehingga, tanpa, sejak, jika, begitu, sambil.

Paragraf di atas agar menjadi suatu kesatuan yang utuh, maka kata penghubung bercetak miring dapat diganti dengan yang, dan, dan :

Dieng merupakan salah satu aset Indonesia. Daerah yang dikenal dengan julukan "Negeri di Atas Awan" ini merupakan sentra penghasil sayuran. Hasil utama perkebunannya adalah kentang dan sayuran. Dieng juga dikenal sebagai penghasil pepaya gunung (carica) dan jamur.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space 

0

Roboguru

Langkah-langkah pemindahan bibit cabai dari bedengan ke polibag : Polibag yang berisi calon bibit diletakkan di tempat yang mendapat naungan. Setelah itu, polibag disiram air secukupnya. ...

Pembahasan Soal:

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan (memaparkan) sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses mengenai pemindahan bibit cabai. Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (B) (3), (6), (5), (4), (2), dan (1). Paragraf dimulai dengan memindahkan bibit cabai beserta tanah menggunakan cetok, kemudian dipisahkan satu persatu dan ditanam di polybag. Setelah itu, tanah pembungkus akar ditutup dan dipadatkan dengan tangan. Langkah berikutnya polybag disiram dengan air, dan simpan di tempat yang terlindungi.

0

Roboguru

Kalimat deskripsi yang sesuai dengan topik tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Kalimat deskripsi merupakan kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk atau suasana tertentu seperti orang, benda, dan tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya. Kalimat deskripsi pada suatu paragraf haruslah memberikan gambaran atau paparan yang sesuai dengan topik.

Kalimat yang sesuai dengan topik untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah (1), (2), (3), dan (5). Sehingga kalimatnya menjadi sebagai berikut:

Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota. Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan utama. Di Pantai Natsepa ini, terdapat dua tempat yang telah dilengkapi fasilitas penginapan. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Buatlah teks berdasarkan kerangka berikut! awal pandemi - kelangkaan masker - harga masker melambung tinggi.

Pembahasan Soal:

Kerangka karangan berfungsi untuk mengarahkan isi tulisan. Dengan kerangka, tulisan bisa ditulis secara terarah dan runtut. Kerangka karangan merupakan susunan sistematis dari pikiran-pikiran utama dan pikiran-pikiran penjelas yang akan menjadi pokok tulisan. Kerangka teks di atas dapat dibuat menjadi teks eksposisi sebagai berikut:

  1. Awal pandemi:  Awal pandemi Covid-19 di Indonesia dimulai ketika pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 pada tanggal 2 Maret 2020. Pasien tersebut terkonfirmasi tertular dari seorang warga negara Jepang.
  2. Kelangkaan masker: Masuknya Covid-19 ke Indonesia menyebabkan kepanikan di masyarakat, sehingga masyarakat menyerbu apotek dan minimarket untuk membeli masker sebagai alat perlindungan diri ketika keluar rumah.
  3. Harga masker melambung tinggi: Hal ini menyebabkan keberadaan masker di Indonesia sulit ditemukan. Bebebrapa masyarakat sengaja menimbun masker untuk dijual kembali dengan harga yang melambung tinggi. Harga masker pun sulit dikendalikan.

Jadi, teks yang tepat berdasarkan kerangka di atas ialah "Awal pandemi Covid-19 di Indonesia dimulai ketika pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 pada tanggal 2 Maret 2020. Pasien tersebut terkonfirmasi tertular dari seorang warga negara Jepang. Masuknya Covid-19 ke Indonesia menyebabkan kepanikan di masyarakat, sehingga masyarakat menyerbu apotek dan minimarket untuk membeli masker sebagai alat perlindungan diri ketika keluar rumah. Hal ini menyebabkan keberadaan masker di Indonesia sulit ditemukan. Bebebrapa masyarakat sengaja menimbun masker untuk dijual kembali dengan harga yang melambung tinggi. Harga masker pun sulit dikendalikan".space 

0

Roboguru

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah sebuah artikel dalam surat kabar yang merupakan pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang aktual atau sedang menjadi perbincangan hangat pada saat surat kabar itu diterbitkan. Isu atau masalah aktual itu dapat berupa masalah politik, sosial, maupun masalah ekonomi yang berkaitan dengan politik.

Urutan kalimat yang tepat untuk dijadikan paragraf yang padu adalah sebagai berikut.

3) Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama di lingkungan pendidikan.

5) Selain itu, pendidikan berkarakter menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, juga diharapkan mampu menjadi pondasi dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia.space 

1) Oleh sebab itu, sebagai pondasi, Kemdilaras sendiri memfokuskan pendidikan di seluruh jenjang pendidikan yang dibinanya.

4) Di setiap jenjang pendidikan itu, pembentukan karakter itu dimulai dari fitrah yang diberikan Tuhan, yang kemudian membentuk jati diri dan perilaku.

2) Dalam prosesnya sendiri fitrah yang alamiah ini sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sehingga lingkungan memilki peranan yang cukup besar dalam membentuk jati diri dan perilaku.

Dengan demikian, urutan yang tepat untuk menyusun paragraf di atas adalah (3), (5), (1), (4), dan (2).space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved