Roboguru

Ada beberapa bentuk ketidakadilan, yaitu stereotip, marginalisasi, subordinasi, dan dominasi. Jelaskanlah masing-masing bentuk tersebut!

Pertanyaan

Ada beberapa bentuk ketidakadilan, yaitu stereotip, marginalisasi, subordinasi, dan dominasi. Jelaskanlah masing-masing bentuk tersebut!  

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan ketidakadilan sebgai masalah sosial, dan poin penting yang ditanyakan adalah bentuk-bentuk ketidakadilan.

Ketidakadilan merupakan tindakan sewenang-wenang yang berkaitan dengan pembagian sesuatu yang tidak proporsional yang apabila dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan masalah sosial. Ketidakadilan terbagi dalam beberapa bentuk sebagai berikut.

  1. Stereotip. Pemberitan sifat tertentu secara subjektif terhadap seseorang berdasarkan kategori kelompoknya (ras, suku, jenis kelamin, kebangsaan). Contoh: Laki-laki atau perempuan yang bertato memiliki stereotip negatif sebagai penjahat atau orang yang nakal.
  2. Marginalisasi. Proses peminggiran kelompok tertentu dari lembaga sosial utama karena ada kelompok yang dominan meminggirkan kelompok yang lemah dari pelayanan, program , maupun kebijakan. Contoh: masyarakat menengah ke bawah sulit mendapakan pelayanan kesehatan yang baik.
  3. Subordinasi. Pembedaan atau penomorduaan perlakuan terhadap identitas tertentu. Dalam hal ini kelompok mayoritas yang dominan akan menguasai sumber daya yang ada sehingga kelompok minoritas diperlakukan tidak seimbang. Contoh: Laki-laki dianggap lebih kompeten memegang jabatan manager dibanding perempuan.
  4. Dominasi. Suatu kondisi ketika suatu kelompok bergantung pada hubungan sosial yang wewenang dan kekuasaanya dikendalikan oleh kelompok lain. Contoh: perbudakan.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan secara singkat mengenai beberapa bentuk ketidakadilan seperti stereotip, marginalisasi, subordinasi, dan dominasi ?

Pembahasan Soal:

Beberapa bentuk ketidakadilan, yaitu sebagai berikut :

  1. Stereotip adalah pemberian sifat tertentu secara subjektif terhadap seseorang berdasarkan kategori kelompoknya.
  2. Marginalisasi adalah proses peminggiran kelompok - kelompok tertentμ dengan lembaga sosial utama, seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial lainnya.
  3. Subordinasi atau penomorduaan adalah pembedaan perlakuan terhadap identitas sosial tertentu. Pada umumnya, yang menjadi kelompok subordinasi · adalah kelompok minoritas.
  4. Dominasi adalah hubungan sosial antarindividu atau kelompok yang menunjukkan adanya kekuasaan yang sewenang – wenang dari salah satu pihak kepada pihak lainnya. Bentuk dominasi, di antaranya yaitu perbudakan, feodalisme, kapitalisme, dan despotisme.space space
Roboguru

Pemberian sifat tertentu terhadap seseorang berdasarkan kategori yang bersifat subjektif, hanya karena dia berasal dari kelompok yang berbeda disebut ...

Pembahasan Soal:

Stereotip merupakan suatu citra yang kaku mengenai suatu kelompok ras atau budaya yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Kondisi ini semakin memburuk oleh sikap yang cenderung terlalu menyederhanakan dan tidak peka terhadap berbagai fakta yang ada oleh karena perbedaan-perbedaan kelompok di masyarakat. Selain itu, stereotip juga dapat diartikan sebagai pemberian sifat tertentu terhadap seseorang atau sekelompok orang yang bersifat subjektif. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah a. stereotip.

Roboguru

Pemberian sifat tertentu terhadap seseorang berdasarkan kategori yang bersifat subjektit, hanya karena dia berasal dari kelompok yang berbeda disebut ....

Pembahasan Soal:

Pemberian sifat tertentu secara subjektif terhadap seseorang berdasarkan kategori kelompoknya dinamakan stereotip. Stereotip merupakan salah satu bentuk ketidakadilan karena akan berkaitan dengan pembagian sesuatu terhadap hak seseorang atau kelompok yang dilakukan secara tidak proporsional. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.space space space

Roboguru

Kaum laki-laki identik sebagai kaum yang lebih kuat, sedangkan kaum perempuan adalah kaum lemah. Hal ini merupakan salah satu contoh bentuk stereotip yang berdasarkan perbedaan ….

Pembahasan Soal:

Stereotip adalah pemberian sifat tertentu secara subjektif terhadap seseorang berdasarkan kategori kelompoknya. Stereotip dapat terjadi berdasarkan suku, gender, ciri fisik atau ras, warna kulit, dan penampilan. Kasus pada soal merujuk pada perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan di mana kaum laki-laki yang dianggap lebih kuat, sedangkan kaum perempuan dianggap lemah. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  undefined 

Roboguru

Dampak Diferensiasi Sosial : Diskriminasi > perlakuan tidak adil yang dilakukan untuk membedakan. Prasangka > penilaian yang bersifat negatif terhadap seseorang atau kelompok lain. Stereoti...

Pembahasan Soal:

Contoh - contoh tindakan tersebut adalah :

  1. Diskriminatif : adanya politik apartheid di Afrika Selatan yang membatasi hak - hak politik bagi penduduk ras kulit hitam sekitar  tahun 1930 sampai 1990.
  2. Prasangka : Adanya pemikiran bahwa orang Jawa semua memiliki karakter lembut.
  3. Stereotip : Orang Arab dianggap teroris
  4. Etnosentrisme : Pandangan sebagian masyarakat Indonesia terhadap keturunan ras Tionghoa yang sampai saat ini masih dipandang sebelah mata dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat.
  5. Primordialisme : munculnya gerakan - gerakan sosial yang mencerminkan  primordialisme, bahkan mengarah pada yang negatif sehingga mengganggu keamanan dan persatuan bangsa. Misalnya saja, Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Republik Maluku Selatan (RMS), Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan lain sebagainya.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved