Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ada 3 teori yang menjelaskan tentang konsep asam basa. Jelaskan apa itu asam dan basa menurut Arrhenius, jelaskan denganmenggunakan contoh.

Ada 3 teori yang menjelaskan tentang konsep asam basa. Jelaskan apa itu asam dan basa menurut Arrhenius, jelaskan dengan menggunakan contoh.space 

Iklan

M. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

asam menurut arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion dan basa adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion .

asam menurut arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion undefined dan basa adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion begin mathsize 14px style O H to the power of minus sign end style.

Iklan

Pembahasan

Asam Arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion dalam larutan, misalnya asam klorida dan asam asetat . Dengan persamaan reaksi dari asam klorida dan asam asetat sebagai berikut : Berdasarkan persamaan reaksi tersebut maka ciri khasnya adalah dalam pelarut air zat tersebut mengion menjadi hidrogen yang bermuatan positif dengan lambing dan ion yang bermuatan negative akan disebut dengan sisa asam. Basa Arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion . Misalnya natrium hidroksida dan amonium hidroksida . Dimana, persamaan reaksi basa tersebut sebagai berikut: Basa yang dalam larutan banyak menghasilkan ion disebut basa kuat, sedangkan yang sedikit menghasilkan ion disebut dengan basa lemah. Tidak semua senyawa yang dalam rumus kimianya terdapat gugus hidroksida termasuk golongan basa. Jadi, asam menurut arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion dan basa adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion .

Asam Arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dalam larutan, misalnya asam klorida begin mathsize 14px style open parentheses H Cl close parentheses end style dan asam asetatbegin mathsize 14px style space open parentheses C H subscript 3 C O O H close parentheses end style. Dengan persamaan reaksi dari asam klorida dan asam asetat sebagai berikut :


begin mathsize 14px style H Cl left parenthesis italic a italic q right parenthesis yields H to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus Cl to the power of minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis space space C H subscript 3 C O O H left parenthesis italic a italic q right parenthesis yields C H subscript 3 C O O to the power of – left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus H to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis end style  


Berdasarkan persamaan reaksi tersebut maka ciri khasnya adalah dalam pelarut air zat tersebut mengion menjadi hidrogen yang bermuatan positif  dengan lambing begin mathsize 14px style H to the power of plus sign end style dan ion yang bermuatan negative akan disebut dengan sisa asam.

Basa Arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion begin mathsize 14px style O H to the power of – end style. Misalnya natrium hidroksida begin mathsize 14px style open parentheses Na O H close parentheses end style dan amonium hidroksida begin mathsize 14px style open parentheses N H subscript 4 O H close parentheses end style. Dimana, persamaan reaksi basa tersebut sebagai berikut:


begin mathsize 14px style Na O H left parenthesis italic a italic q right parenthesis yields Na to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus O H to the power of – left parenthesis italic a italic q right parenthesis space space N H subscript 4 O H left parenthesis italic a italic q right parenthesis rightwards arrow N H subscript 4 to the power of plus left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus O H to the power of – left parenthesis italic a italic q italic right parenthesis end style  


Basa yang dalam larutan banyak menghasilkan ion begin mathsize 14px style O H to the power of minus sign end style disebut basa kuat, sedangkan yang sedikit menghasilkan ion undefined disebut dengan basa lemah. Tidak semua senyawa yang dalam rumus kimianya terdapat gugus hidroksida termasuk golongan basa.

Jadi, asam menurut arrhenius adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion undefined dan basa adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion begin mathsize 14px style O H to the power of minus sign end style.

Latihan Bab

Pendahuluan Asam-Basa

Karakteristik dan Tata Nama Asam dan Basa

Teori Asam-Basa Bronsted-Lowry

Teori Asam-Basa Lewis

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

173

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lengkapi reaksi ionisasi berikut sesuai dengan teori asam basa Arrhenius! Ca ( OH ) 2 ​ →

58

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia