Iklan

Iklan

Pertanyaan

Aceh merupakan daerah merdeka sehingga Inggris dan Belanda dapat melakukan perdagangan secara bebas dan bertugas menjaga kedaulatan Aceh. Pernyataan tersebut merupakan isi suatu kesepakatan yang disebut . . . .

Aceh merupakan daerah merdeka sehingga Inggris dan Belanda dapat melakukan perdagangan secara bebas dan bertugas menjaga kedaulatan Aceh. Pernyataan tersebut merupakan isi suatu kesepakatan yang disebut . . . .undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

I. Uga

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sebuah kesepakatan yang dibuat oleh Belanda dan Inggris yang isinya mengatur kebebasan perdagangan Belanda maupun Inggris di Aceh disebut Traktat London.

sebuah kesepakatan yang dibuat oleh Belanda dan Inggris yang isinya mengatur kebebasan perdagangan Belanda maupun Inggris di Aceh disebut Traktat London.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Aceh memiliki kedudukan strategis sehingga Aceh menjadi pusat perdagangan. Daerahnya luas dan memiliki kekayaan sumber daya alam berupa lada, basil tambang, dan hasil hutan. Dalam rangka mewujudkan Pax Neerlandica , Belanda sangat berambisi menguasai Aceh. Di sisi lain, rakyat Aceh dan para sultan yang pernah berkuasa tetap ingin mempertahankan kedaulatannya di Aceh. Semangat sultan beserta rakyat Aceh mempertahankan kedaulatan sudah sesuai isi Traktat London tahun 1824. Traktat London merupakan suatu kesepakatan yang ditandatangani oleh pihak Belanda dan Inggris. Berdasarkan Traktat London tahun 1824, Aceh merupakan daerah merdekasehingga baik Inggris maupun Belanda dapat melakukan perdagangan secara bebas dan bertugas menjaga kedaulatan Aceh. Dengan demikian, sebuah kesepakatan yang dibuat oleh Belanda dan Inggris yang isinya mengatur kebebasan perdagangan Belanda maupun Inggris di Aceh disebut Traktat London.

Aceh memiliki kedudukan strategis sehingga Aceh menjadi pusat perdagangan. Daerahnya luas dan memiliki kekayaan sumber daya alam berupa lada, basil tambang, dan hasil hutan.  Dalam rangka mewujudkan Pax Neerlandica, Belanda sangat berambisi menguasai Aceh. Di sisi lain, rakyat Aceh dan para sultan yang pernah berkuasa tetap ingin mempertahankan kedaulatannya di Aceh. Semangat sultan beserta rakyat Aceh mempertahankan kedaulatan sudah sesuai isi Traktat London tahun 1824. Traktat London merupakan suatu kesepakatan yang ditandatangani oleh pihak Belanda dan Inggris. Berdasarkan Traktat London tahun 1824, Aceh merupakan daerah merdeka sehingga baik Inggris maupun Belanda dapat melakukan perdagangan secara bebas dan bertugas menjaga kedaulatan Aceh. 

Dengan demikian, sebuah kesepakatan yang dibuat oleh Belanda dan Inggris yang isinya mengatur kebebasan perdagangan Belanda maupun Inggris di Aceh disebut Traktat London.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hal yang mendasari penyerangan Kesultanan Demak ke Sunda Kelapa adalah ….

10

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia