Roboguru

AADMER adalah kerjasama ASEAN dalam bidang ...

Pertanyaan

AADMER adalah kerjasama ASEAN dalam bidang ...space space 

  1. Jasaspace 

  2. Tanggap bencanaspace 

  3. Perdaganganspace 

  4. Perekonomianspace 

Pembahasan Soal:

AADMER atau ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response merupakan bentuk kerja sama negara ASEAN yang dibentuk pada tahun 2005. Tujuan dibentuknya AADMER adalah untuk memperkuat kerja sama regional dalam penanganan bencana alam dan bantuan kemanusiaan. Dengan demikian, AADMER adalah kerjasama ASEAN dalam bidang tanggap bencanaspace space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aghnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bentuk kolaborasi dalam bidang politik antara lain....

Pembahasan Soal:

Bentuk kolaborasi dalam bidang politik negara Asean antara lain traktat Bantuan Hukum Timbal Balik di Bidang Pidana (Treaty on Mutual Assistance in Criminal Matters/MLAT). Traktat bantuan hukum timbal balik di bidang pidana (Treaty on Mutual Legal Assistance In Criminal Matters/MLAT) merupakan contoh kerja sama ASEAN dalam bidang Politik dan keamanan. Traktat ini berisi tentang permintaan bantuan di dalam penyidikan, penuntutan, dan peridangan di dalam masalah pidana.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

2

Roboguru

Sebutkan kerjasama ASEAN di Bidang Politik?

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah bentuk-bentuk kerja sama ASEAN di bidang politik:

  1. Pengiriman Duta dan Konsulat, Duta adalah wakil negara di bidang politik dan Konsulat adalah wkil dalam bidang perdagangan. Keberadaan duta dan konsulat diperlukan untuk mewakili negara pengirim dalam berdiskusi dan menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN.
  2. Perjanjian Ekstradisi ASEAN, perjanjian ekstradisi dibuat sebagai upaya mengentaskan kejahatan lintas-batas seperti perdagangan narkoba, terorisme, perdagangan orang, penangkapan ikan ilegal, hingga pencucian uang.
  3. Perjanjian kawasan bebas senjata nuklir, bertujuan untuk menjaga perdamaian dan melindungi kawasan Asia Tenggara dari pencemaran lingkungan serta bahaya yang disebabkan oleh sampah radioaktif dan bahan-bahan berbahaya lainnya.
  4. Kerja sama kawasan yang damai, bebas, dan netral (ZOPFAN)Zone of Peace Freedom and Neutrality (ZOPFAN) merupakan kerjasama ASEAN untuk menjaga masing-masing negara agar tetap damai. 
  5. Traktat Persahabatan dan Kerjasama (TAC), merupakan traktat yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. TAC mengatur mekanisme penyelesaian konflik di antara negara-negara secara damai.undefined 

0

Roboguru

Salah satu ancaman serius bagi stabilitas keamanan negara-negara anggota ASEAN adalah ….

Pembahasan Soal:

Isu terorisme menjadi salah satu fokus kerja sama negara-negara ASEAN dalam menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa tragedi kemanusiaan yang menelan banyak korban jiwa akibat serangan teroris yang pernah terjadi di wilayah teritorial negara-negara anggota ASEAN. Salah satu upaya yang dilakukan untuk pemberantasan terorisme di ASEAN adalah pembentukan konsep Our Eyes. Kerja sama "Our Eyes" dilaksanakan Indonesia dengan lima negara anggota ASEAN lainnya, yakni Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Keenam negara ini berbersepakat untuk melakukan pertukaran informasi strategis terkait kelompok teroris, radikal, dan ekstrimis. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Masyarakat Politik Keamanan ASEAN bersifat terbuka berdasarkan pendekatan komprehensif dengan tujuan tidak membentuk ....

Pembahasan Soal:

Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN bersifat terbuka, berdasarkan pada pendekatan keamanan yang komprehensif dan tidak ditujukan untuk membentuk suatu pakta pertahanan/aliansi militer ataupun kebijakan luar negeri bersama.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN di bidang politik adalah ...

Pembahasan Soal:

Upaya peningkatan kerja sama negara ASEAN yang telah terbangun melalui Tiga Pilar ASEAN dalam rangka pembentukan Masyarakat ASEAN 2015 terus ditingkatkan. Pada bidang politik, ASEAN terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan kemampuan pemerintahan dan keterlibatan masyarakat madani dalam pengambilan sebuah keputusan. Hal ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahannya sehingga kewajiban dan tugas pemerintah dalam menjalankan negara dapat dilaksanakan dengan baik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

4

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved