Roboguru

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN di bidang politik adalah ...

Pertanyaan

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kerja sama di antara negara-negara ASEAN di bidang politik adalah ...space 

  1. Mengatasi tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat

  2. Melalui peningkatan kemampuan pemerintahan dan pelibatan masyarakat madani dalam pengambilan keputusan

  3. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kualitas lingkungan hidup

  4. Mewariskan sebuah kawasan yang aman, damai, dan makmur kepada generasi penerus

Pembahasan Soal:

Upaya peningkatan kerja sama negara ASEAN yang telah terbangun melalui Tiga Pilar ASEAN dalam rangka pembentukan Masyarakat ASEAN 2015 terus ditingkatkan. Pada bidang politik, ASEAN terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan kemampuan pemerintahan dan keterlibatan masyarakat madani dalam pengambilan sebuah keputusan. Hal ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahannya sehingga kewajiban dan tugas pemerintah dalam menjalankan negara dapat dilaksanakan dengan baik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan tujuan SEANWFZ.

Pembahasan Soal:

South East Asia Nuclear Weapon-Free Zone (SEANWFZ) merupakan sebuah traktat yang bertujuan untuk mewujudkan kawasan Asia Tenggara yang bebas dari nuklir, yang ditandatangani saat KTT ASEAN di Bangkok pada tahun 1995.

0

Roboguru

Jelaskan interaksi keruangan dalam kehidupan di negara-negara ASEAN !

Pembahasan Soal:

Interaksi keruangan dalam kehidupan di negara ASEAN berkembang seiring munculnya berbagai kebutuhan setiap negara anggota, yang terbagi dalam beberapa bidang, yaitu :

  1. Interaksi Negara ASEAN bidang Ekonomi, terbentuknya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang diwujudkan sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2015. Selain itu, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing ASEAN, sehingga bisa menyaingi Tiongkok dan India guna menarik perhatian investasi asing.
  2. Interaksi Negara ASEAN bidang Sosial, yaitu munculnya pertentangan sosial yang diakibatkan sebuah perbedaan sosial seperti status sosial dan kondisi masyarakat yang berbeda dan hidup berdampingan. Interaksi sosial yang masih bercampur dengan sekat-sekat kepentingan yang menimbulkan masalah kemanusian.
  3. Interaksi Negara ASEAN bidang Budaya, sejak konferensi ASEAN di kota Hue, Vietnam yang mengusung tema kebudayaan maka sudah banyak kegiatan yang dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan dalam bidang kebudayaan. Dimana, kegiatan tersebut antara lain pembangunan kota budaya ASEAN, perkemahan pemuda ASEAN, dan Jaringan kota kuno ASEAN. Selain itu, dalam interaksi dalam bidang budaya ini juga bertujuan sebagai cara mendapatkan devisa dari sektor pariwisata.
  4. Interaksi Negara ASEAN bidang Politik, terdapat beberapa kasus yang menjadi sorotan antara lain, adanya sengketa perbatasan wilayah menjadi persoalan di beberapa negara ASEAN. Contohnya pulau Natuna yang diklaim oleh Tiongkok, Pulau Sipadan dan Legitan diklaim oleh Malaysia. Dengan adanya kasus klaim Pulau Sipadan dan Legitan oleh Malaysia menjadi sebuah pembelajaran agar Indonesia lebih baik dalam aspek ketertiban dan ketegasan dalam melakukan inventarisasi batas wilayah terutama di pulau-pulau terluar Indonesia.
  5. Interaksi Negara ASEAN bidang Pendidikan, dalam menghadapi MEA, seluruh negara ASEAN berupaya memberikan kesempatan kepada lembaga pendidikan melakukan reformasi menyeluruh dalam sistem pendidikan. Dimana, hal yang dititikberatkan adalah kualitas pendidikan dan lulusan yang kompeten, sehingga mengubah paradigma pendidikan di setiap negara.space 

0

Roboguru

Tuliskan tujuan ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response.

Pembahasan Soal:

The ASEAN Committee on Disaster Management (ACDM) didirikan pada awal tahun 2003 setelah keputusan Komite Tetap ASEAN (ASEAN Standing Committee - ASC). Mekanisme kelembagaan (dalam bentuk kelompok ahli) telah ada sejak tahun 70an namun baru diperkuat pada tahun 2003 dengan mengangkat kelompok ahli ke dalam sebuah komite penuh (ACDM). ACDM terdiri dari kepala badan nasional yang bertanggung jawab atas penanggulangan bencana Negara-negara Anggota ASEAN. 

0

Roboguru

Jelaskan peran ASEAN dalam mengatasi berbagai konflik di negara anggota ASEAN.

Pembahasan Soal:

Peran ASEAN dalam mengatasi berbagai konflik di negara anggota ASEAN adalah melalui deklarasi Bangkok tahun 1967. Deklarasi Bangkok tidak secara eksplisit menyebut kerjasama politik dan keamanan. Kerjasama politik dan keamanan terutama diarahkan untuk mengembangkan penyelesaian secara damai sengketa-sengketa regional, menciptakan dan memelihara kawasan yang damai dan stabil, serta mengupayakan koordinasi sikap politik dalam menghadapi berbagai masalah politik regional dan global. Deklarasi Bangkok mengandung keinginan politik para pendiri ASEAN untuk hidup berdampingan secara damai dan mengadakan kerjasama regional. Pada prinsipnya kerjasama politik dan keamanan ASEAN mempunyai arah dalam menciptakan stabilitas dan perdamaian kawasan dengan bertumpu pada dinamika dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta sekaligus dapat membangun rasa saling percaya (confidence building) di Asia Tenggara dan Asia Pasifik yang kemudian sehingga menumbuhkan pengharapan terciptanya sebuah lingkungan strategis yang diharapkan.

0

Roboguru

Kerjasama yang diadakan para menteri pada pertemuan Defence Ministers Meeting membahas bidang ...

Pembahasan Soal:

ASEAN Defense Ministers' Meeting (ADMM) merupakan pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN yang membahas penguatan kerja sama pertahanan di kawasan ASEAN. Tujuan dari dibentuknya ADMM adalah untuk meningkatkan Confidence Building Measures (CBM), meningkatkan transparansi, keterbukaan, dan rasa saling percaya di antara negara-negara anggota ASEAN, dan menjaga perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan melalui dialog dan kerja sama praktis. Dengan demikian, pertemuan ADMM merupakan bentuk kerjasama dalam bidang keamanan.

Maka, jawaban yang benar adalah E.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved