Iklan

Iklan

Pertanyaan

a. Sebutkan tokoh yang menemukan neutron! b. Bagaimana rancangan percobaan sampai ditemukan neutron?

a. Sebutkan tokoh yang menemukan neutron!
b. Bagaimana rancangan percobaan sampai ditemukan neutron?space 

Iklan

L. Avicenna

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penemu Neutron Neutron ditemukan oleh James Chadwick pada tahun 1932 melalui percobaan penembakan berilium oleh sinar alfa. Rancangan percobaan sampai ditemukan neutron Eksperimen Rurherford mengawali penemuan neutron. Dalam eksperimennya, Rutherford berusaha untuk menghitung jumlah muatan positif dalam inti atom dan massa inti atom. Rutherford mendapatkan kejanggalan yaitu massa inti atom unsur selalu lebih besar daripada massa proton di dalam inti atom. Rutherford menduga bahwa terdapat partikel lain di dalam inti atom yang tidak bermuatan karena atom bermuatan positif disebabkan adanya proton yang bermuatan positif. Di tahun 1920, ahli fisika AmerikaWilliam Draper Harkinsmenduga adanya partikel lain dalam inti atom selain proton, karena arena partikel tersebut tidak bermuatan, maka keberadaannya sulit dibuktikan. Baru pada tahun 1932, James Chadwick menemukan partikel penyusun inti yang massanya sama dengan proton, tetapi tidak punya muatan. Partikel ini ditemukan melalui percobaan Chadwick dengan menembak lapisan tipis berilium dengan partikel α (alfa) . Hasilnya adalah pancaran radiasi energi yang sangat tinggi. Partikel ini kemudian di namai dengan neutron.

  • Penemu Neutron
    Neutron ditemukan oleh James Chadwick pada tahun 1932 melalui percobaan penembakan berilium oleh sinar alfa.
  • Rancangan percobaan sampai ditemukan neutron
    Eksperimen Rurherford mengawali penemuan neutron. Dalam eksperimennya, Rutherford berusaha untuk menghitung jumlah muatan positif dalam inti atom dan massa inti atom. Rutherford mendapatkan kejanggalan yaitu massa inti atom unsur selalu lebih besar daripada massa proton di dalam inti atom. Rutherford menduga bahwa terdapat partikel lain di dalam inti atom yang tidak bermuatan karena atom bermuatan positif disebabkan adanya proton yang bermuatan positif. Di tahun 1920, ahli fisika Amerika William Draper Harkins menduga adanya partikel lain dalam inti atom selain proton, karena arena partikel tersebut tidak bermuatan, maka keberadaannya sulit dibuktikan.

    Baru pada tahun 1932, James Chadwick menemukan partikel penyusun inti yang massanya sama dengan proton, tetapi tidak punya muatan. Partikel ini ditemukan melalui percobaan Chadwick dengan menembak lapisan tipis berilium dengan partikel α (alfa). Hasilnya adalah pancaran radiasi energi yang sangat tinggi. Partikel ini kemudian di namai dengan neutron.space 

Latihan Bab

Pendahuluan Teori Atom

Teori Yunani Kuno

Teori dan Model Atom Dalton

Teori dan Model Atom Thomson

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tokoh-tokoh berikut ini yang tidak sesuai dengan perannnya adalah ....

527

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia