Roboguru

Pertanyaan

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, perlawanan rakyat Maluku dipimpin oleh Sultan Hasanuddin, penyebabnya Belanda mengadakan blokade ekonomi terhadap Makasar, Sultan Hasanuddin menolak monopoli perdagangan Belanda di Makasar. Akhir perlawanan karena Sultan Hasanuddin kalah dalam pertempuran dan para pemimpin yang tidak mau tunduk kepada VOC, seperti Kraeng Galesung dan Montemerano melarikan diri ke Jawa. Sultan Hasanuddin dipaksa menandatangani Perjanjian Bongaya pada tanggal 18 Nopember 1667.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perlawanan Pattimura pertama kali berkobar di daerah...

Pembahasan Soal:

Perlawanan Pattimura terjadi pertama kali di Saparua, Maluku yang dilatarbelakangi oleh ketidakinginan rakyat Maluku akan kedatangan kembali Belanda ke wilayah tersebut. Pada tanggal 9 Mei 1817 rakyat Saparua mengangkat Thomas Matulesi atau Pattimura sebagai pemimpin gerakan perlawanan. Kembalinya Belanda mengkhawatirkan bagi rakyat Maluku karena penindasan yang dilakukan oleh Belanda seperti diberlakukannya aturan kerja paksa dan monopoli perdagangan cengkih. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Rakyat Maluku tidak ingin terus menderita di bawah keserakahan dan kekejaman Belanda. Oleh karena itu, perlu mengadakan perlawanan untuk menentang kebijakan Belanda dibawah Pimpinan....

Pembahasan Soal:

Pada saat Belanda berkuasa di Maluku, terjadi beberapa perlawanan atas kebijakan Belanda yang menyengsarakan rakyat. Praktik monopoli dan sistem pelayaran Hongi sangat membuat rakyat Maluku sengsara. Perlawanan rakyat Maluku muncul pada tahun 1635 di bawah pimpinan Kakiali, Kapitan Hitu. Saat Kakiali tewas terbunuh, perjuangannya dilanjutkan Kapitan Tulukabessy. Perlawanan ini baru dapat dipadamkan pada tahun 1646.

Pada 1817 muncul tokoh dari di Pulau Saparua bernama Pattimura. Dalam aksi Pattimura itu, Benteng Duurstede berhasil dihancurkan oleh rakyat Maluku. Bahkan, Residen Belanda Van den Bergh terbunuh dalam peristiwa tersebut. Belanda membawa pasukan dari Ambon hingga Jawa demi mengalahkan rakyat Maluku. Rakyat Maluku pun mundur karena kekurangan pasokan makanan. Demi menyelamatkan rakyat dari kelaparan, Thomas Mattulessi atau Patimurra menyerahkan diri dan dihukum mati.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Serangan awal Pattimura dalam melawan Pemerintah Kolonial Belanda adalah ….

Pembahasan Soal:

Puncak kemarahan rakyat Ambon dan Maluku atas kesewenang-wenangan Belanda yang melakukan monopoli perdagangan dilakukan dengan melakukan perlawanan dibawah pimpinan Pattimura. Perlawanan tersebut terjadi pada tanggal 15 Mei 1817 di Saparua, yang diawali dengan serangan malam ke Pos Perahu di Pelabuhan Porto. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Lengkapi tabel di bawah ini !

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Pattimura merupakan tokoh pemimpin Perang Saparua di Ambon.

Roboguru

Latar belakang perlawanan rakyat Maluku dibawah pemimpin Pattimura terhadap Belanda adalah...

Pembahasan Soal:

Menurut Convensi London (1814) Kepulauan Maluku merupakan salah satu wilayah kekuasaan Inggris, yang harus diserahkan kepada Belanda. Pasca penyerahan, pemerintah Belanda segera menunjuk van Middelkoop sebagai Gubernur di kepulauan Maluku. Kembalinya Belanda ke Maluku menimbulkan kekecewaan sekaligus kemarahan dari rakyat Maluku. Hal tersebut dikarenakan oleh, Belanda diduga akan membebani rakyat dengan berbagai kewajiban yang memberatkan. Hal yang serupa ini memang telah terjadi dimasa kekuasaan VOC. Alasan kedua adalah rakyat takut Belanda akan memonopoli perdagangan. Ketika Belanda memulai ekspedisi atau Pelayaran Hongi, tujuannya yaitu untuk mengawasi dan mempertahankan monopoli perdagangan di daerah Maluku. Hal tersebut kemudian mengakibatkan rakyat diharuskan untuk melakukan kerja paksa serta kehidupan ekonomi yang dikuasai oleh Belanda. Karena tidak ingin kembali menderita akibat penguasaan Belanda, maka rakyat Maluku pun bersiap melakukan gerakan perlawanan. Pada tanggal 9 Mei 1817 rakyat Saparua mengangkat Thomas Matulesi sebagai pemimpin gerakan perlawanan. Thomas Matulesi juga diberikan gelar Pattimura. Pattimura dipilih karena dianggap mempunyai kecakapan bidang militer juga memiliki kemampuan memimpin.space

Dengan demikian, latar belakang perlawanan rakyat Maluku dibawah pemimpin Pattimura terhadap Belanda adalah kembalinya Belanda ke Maluku yang menimbulkan kekecewaan sekaligus kemarahan dari rakyat Maluku. Hal tersebut terjadi karena Belanda melakukan Pelayaran Hongi yang mana telah mengakibatkan rakyat menerima kerja paksa dalam memenuhi kebutuhan komoditi yang dimonopoli Belanda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved