Roboguru

Pertanyaan

Pembahasan Soal:

Krisis Keuangan Asia  di Indonesia. Krisis Keuangan Asia dimulai pada tanggal 2 Juli 1997 ketika pemerintah Thailand yang saat itu dibebani utang luar negeri yang besar, memutuskan untuk mengambangkan mata uang baht setelah serangan yang dilakukan para spekulan mata uang terhadap cadangan devisa negaranya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut ini! Melemahnya mata uang Indonesia terhadap dollar Amerika. Hutang luar negeri Indonesia mencapai 137 milliar dollar Amerika. Sembilan bahan pokok di pasaran semaki...

Pembahasan Soal:

Pemerintah Orde Baru mengalami beberapa kali keterpurukan ekonomi. Salah satunya adalah krisis ekonomi Asia pada akhir tahun 1977. Krisis tersebut tidak hanya berdampak pada Indonesia namun juga beberapa negara Asia lainnya yakni Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Singapura dan Filipina. Beberapa penyebab terjadinya krisis tersebut adalah melemahnya mata uang Indonesia terhadap dollar Amerika, hutang luar negeri Indonesia mencapai 137 milliar dollar Amerika, sembilan bahan pokok di pasaran semakin menipis, kelemahan perbankan, kekacauan dalam sistem politik, dan sebagainya.

Dengan demikian, berdasarkan pilihan diatas penyebab terjadinya krisis ekonomi pada akhir tahun 1977 ditunjukkan nomer 1, 2, dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia mengalami krisis ekonomi pada 1997. Kondisi ini disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Pada awalnya, krisis ekonomi tahun 1997 yang berdampak pada Indonesia terjadi dikarenakan Thailand memutuskan untuk menghapus kebijakan nilai tukar mata uang tetap dan membiarkan mata uang Thailand untuk diperdagangkan secara bebas di pasar mata uang. Hal ini kemudian menyebabkan mata uang Thailand mengalami devaluasi. Jatuhnya mata uang tersebut  memberikan dampak adanya ketidakstabilan perekonomian di kawasan Asia Timur, khususnya Asia Tenggara. Negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia ikut masuk dalam pusaran krisis finansial tersebut. Krisis ekonomi tersebut sangat melumpuhkan kegiatan ekonomi karena semakin banyak perusahaan yang tutup dan meningkatnya jumlah pekerja yang menganggur. Hal inilah yang selanjutnya berdampak pada kondisi perekonomian Indonesia sehingga menyebabkan krisis ekonomi di tahun 1998.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pada Mei 1998 pemerintah mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM). Kondisi tersebut berdampak besar sehingga menyebabkan...

Pembahasan Soal:

Pada 4 Mei 1998, Presiden Soeharto mengikuti saran Internatinal Monetery Fund (IMF) untuk memangkas subsidi energi. Opsi yang diambil saat itu adalah dengan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dari Rp 700 per liter menjadi Rp 1.200 per liter. Dampak dari kebijakan tersebut adalah kenaikan BBM yang selanjutnya menyebabkan gelombang protes mahasiswa di sejumlah daerah.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Terjadinya krisis moneter pada 1997 turut memengaruhi perekonomian masyarakat Indonesia. Jelaskan kondisi yang terjadi akibat krisis tersebut!

Pembahasan Soal:

Krisis moneter 1997 Indonesia tidak terlepas dari rentetan krisis ekonomi di Asia Tenggara. Dampaknya  nilai rupiah anjlok terhadap dollar US. Hal ini diperparah dengan besarnya angka utang luar negeri swasta. Para investor pun menarik investasinya dari Indonesia sehingga likuiditas mengering dan cadangan divisa terus tergerus. Sementara dampak krisis moneter yang dirasakan langsung oleh masyarakat pada waktu itu antara lain, perusahaan banyak yang bangkut, penggangguran dan kemiskinan meningkat tajam, serta harga bahan-bahan pokok yang tidak terkendali. Kondisi krisis moneter yang demikian  pada akhirnya memicu krisis kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Soeharto.

Dengan demikian, kondisi ekonomi masyarakat Indonesia menjadi sangat sulit karena sebagian masyarakat tidak mampu membeli kebutuhan pokok yang harganya terus naik dan pendapatan semakin menurun akibat PHK besar-besaran oleh perusahaan yang bangkrut.

0

Roboguru

Krisis pada 1997-1998 yang berujung pada jatuhnya pemerintahan Orde Baru mencakup berbagai bidang sehingga disebut krisis ....

Pembahasan Soal:

Krisis ekonomi merupakan salah satu bentuk krisis multidimensional yang menggoyahkan stabilitas nasional Indonesia hingga berujung pada jatuhnya pemerintahan Orde Baru. Krisis multidimensional merupakan gabungan dari berbagai krisis, yaitu moneter, ekonomi, politik, sosial, hukum, maupun kepercayaan. Krisis multidimensional melanda bangsa Indonesia pada 1997–1998. Krisis multidimensional berdampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Krisis multidimensional yang melanda bangsa Indonesia saat itu, telah mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Soeharto sehingga membuat pemerintahan pada saat itu semakin tidak stabil dan berujung berakhirnya pemerintahan di masa Orde Baru.

Dengan demikian, krisis pada 1997-1998 yang berujung pada jatuhnya pemerintahan Orde Baru mencakup berbagai bidang disebut krisis multidimensional.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved