Roboguru

"Masuknya budaya India ke Indonesia berjalan secara damai sehingga mampu memperkaya budaya bangsa kita, serta berpengaruh di berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu contoh pengaruh tersebut di bidang agama adalah…

Pertanyaan

"Masuknya budaya India ke Indonesia berjalan secara damai sehingga mampu memperkaya budaya bangsa kita, serta berpengaruh di berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satu contoh pengaruh tersebut di bidang agama adalah…

  1. Munculnya tradisi tulisan, seni bangunan, dan senisastra

  2. Tumbuh dan berkembangnya agama hindu dan agama budha

  3. Berubahnya sistem pemerintahan kesukuan kekerajaan

  4. Berkembangnya sistem perdagangan danpelayaran

  5. Munculnya stratifikasi dalam kehidupan masyarakat

Pembahasan Soal:

Sebelum mendapatkan pengaruh dari agam hindu budha dari India, bangsa-bangsa di kepulauan Indonesia sudah memiliki beberapa kepercayaan asli, antara lain :

  • Animisme adalah kepercayaan yang mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini, (seperti kawasan tertentu, gua, pohon atau batu besar), mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar roh tersebut tidak mengganggu manusia.
  • Dinamisme  adalah pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal menetap di tempat-tempat tertentu, seperti pohon-pohon besar.
  • Totemisme adalah kepercayaan yang mempercayai adanya daya atau sifat ilahi yang dikandung sebuah benda atau makhluk hidup selain manusia.

Kepercayaan-kepercayaan tersebut lambat laun tergeser dengan hadirnya agam Hindu dan Budha, diawali dari pemimpin-pemin lokal sampai kemudian merambah keseluruh masyarakat bawah. Meskipun begitu, kebudayaan dan agama Hindu Budha yang masuk tidak serta merta menghapus kepercayaan asli masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Lebih tepatnya, kepercayaan baru yang datang yaitu pengaruh Hindu Budha berbaur dengan kepercayaan yang sudah ada sebelumnya.

 

Jadi jawaban yang tepat adalah B

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses penyucian roh oleh umat Hindu di Bali yang dilakukan dengan cara dibakar menggunakan api agar bisa kembali ke sang pencipta disebut ….

Pembahasan Soal:

Salah satu upacara kematian yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali adalah  Ngaben. Upacara tersebut merupakan proses penyucian roh oleh umat Hindu di Bali yang dilakukan dengan cara dibakar menggunakan api agar bisa kembali ke sang pencipta.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh Hindu-Buddha pada masyarakat di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Kepercayaan Hindu-Buddha berkembang sejak Indonesia masa klasik. Kepercayaan ini disebarkan oleh para pedagang India dan Tiongkok yang beragama Hindu-Buddha. Kepercayaan tersebut membawa banyak sekali kebudayaan di berbagai bidang seperti berikut.

  1. Bidang pemerintahan. Di bidang ini Indonesia mengenal sistem pemerintahan berupa kerajaan yang menggantikan sistem kesukuan.
  2. Bidang agama. Datangnya agama Hindu dan Buddha mempengaruhi agama yang diyakini oleh masayarakat Indonesia yang mayoritas animisme dan dinamisme menjadi memeluk agama Hindu-Buddha.
  3. Bidang arsitektur. Munculnya kepercayaan Hindu-Buddha mempengaruhi berdirinya berbagai arsitektur di Indonesia, salah satunya adalah candi. Beberapa candi yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Muara Takus.
  4. Bidang sastra. Adanya kepercayaan Hindu-Buddha di Indonesia berpengaruh pada perkembangan bidang sastra. Beberapa karya sastra yang dihasilkan pada masa ini adalah Kitab Sutasoma, Kitab Pararaton, dan Kitab Negarakertagama.
  5. Bidang kesenian. Hal ini terlihat dari pahatan-pahatan patung, relief, dan sebagainya.

Dengan demikian, pengaruh kebudayaan Hindu Buddha bagi masyarakat Indonesia adalah berkembangnya sistem pemerintahan kerajaan, masuknya agama Hindu-Buddha yang menggantikan kepercayaan lokal setempat, berdirinya candi, dan berkembangnya karya sastra serta kesenian

0

Roboguru

Huruf Pallawa yang telah diIndonesiakan dikenal dengan nama..

Pembahasan Soal:

Huruf Kawi merupakan aksara Brahmi yang dipergunakan di nusantara juga kawasan Asia tenggara pada abad 8 sampai ke-16 M. Aksara Kawi ini merupakan nenek moyang dari aksara dari berbagai daerah seperti Sunda, Bali, Jawa dan lain lain. Huruf Kawi ini sendiri berasal dari Aksawa Pallawa yang berasal dari wilayah India selatan. Aksara Pallawa ini adalah induk dari semua aksara yang ada di wilayah Asia bagian tenggara. Aksara Jawi merupakan aksara pallawa yang disederhanakan.
Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Berkaitan dengan sistem kepercayaan, nenek moyang bangsa Indonesia sudah mengenal simbol-simbol yang bermakna filosofis. Mereka juga sudah mengenal sistem kepercayaan yang akhirnya berkembang menjadi ...

Pembahasan Soal:

Konsep pemujaan terhadap arwah leluhur berpadu dengan konsep pengagungan terhadap dewa-dewi India. Kepercayaan animisme dan dinamisme yang bercampur dengan praktik paganisme membentuk tradisi yang sinkretis, unsur-unsur asli sudah bersenyawa dalam bentuk yang ”baru”. Bangunan zaman Megalitikum yang sederhana dan kaku dipersatukan dengan candi-candi Hindu-Buddha yang arsitekturnya lebih maju dan modern. Jenazah seseorang yang berkuasa (kepala suku atau ketua adat) yang sebelumnya disimpan di peti batu, sarkofagus, menhir, dan bangunan megalitik lainnya (tidak dikubur dalam tanah) diganti oleh pembakaran jenazah yang abunya diletakkan di ruangan candi. Hal tersebutlah yang menjadi keunikan Hindu/Buddha ala Nusantara (Indonesia) dimana fungsi candi tak hanya sebagai tempat ibadah juga dijadikan sebagai makam para raja.

0

Roboguru

Berilah tanda ceklis (V) pada jawaban yang paling tepat!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, pernyataan tersebut salah karena akulturasi tidak menghilangkan budaya asli. Seiring dengan masuknya agama Hindu dan Buddha di Indonesia, dimulai dari sekitar abad ke 4 Masehi, budaya India pun masuk ke Indonesia. Banyak pengaruh ini masih terlihat sampai hari ini. Faktor yang mendukung diterimanya budaya India adalah asimilasi budaya tersebut dengan budaya lokal. Misalnya adalah cerita Mahabarata dan Ramayana yang bisa diadaptasi dengan corak lokal pada pertunjukan wayang kulit dan wayang wong. Dalam adaptasi, cerita ini dirubah sehingga sesuai dengan nilai budaya daerah. Sistem penulisan tradisional seperti Aksara Sunda, Jawa dan Lontara dari Sulawesi juga merupakan contoh pengaruh Hindu Buddha. Aksara-aksara ini dikembangkan dari sistem penulisan Pallawa yang berasal dari India.  Bahasa Sansekerta yang menjadi bahasa keagamaan juga diserap ke dalam bahasa daerah di Indonesia. Bentuk bangunan, terutama tempat ibadah agama Hindu di Indonesia dipengaruhi oleh arsitektur India. Pengaruh ini terlihat seperti pada bentuk ukiran, patung dan tata ruang. Pengaruh lainya terlihat dalam gerbang berbentuk gapura, yang banyak dipakai di bangunan tradisional Indonesia. Pengaruh agama Hindu bidang pemerintahan adalah munculnya kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia, seperti kerajaan Mataram, Sriwijaya, Kutai, Tarumanegara, Kediri dan lainnya. Sistem kerajaan ini menggantikan sistem kesukuan dan desa yang sebelumnya diterapkan. Sebelum masuknya pengaruh Hindu dan Buddha misalnya, orang Jawa hidup dalam desa-kecil yang dipimpin seorang kepala desa. Kemudian setelah masuknya pengaruh India mulailah muncul kerajaan di Jawa. Dalam kebudayaaan Hindu, dikenal stratifikasi sosial, atau pelapisan sosial. Masyarakat dibagi menjadi tingkatan atau lapisan yang disebut kasta atau warna. Ada empat kasta yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra. Sistem ini disebut juga dengan Catur Warna (Empat Warna). Sistem ini berasal dari India, negara asal agama Hindu, dan diterapkan juga di Indonesia pada masa Hindu Buddha, seperti pada masa Kerajaan Mataram kuno atau Kerajaan Majapahit. Pada masa sekarang masyarakat Bali yang beragama Hindu juga menerapkan sistem ini.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved