Roboguru

Jelaskan pengaruh Hindu-Buddha pada masyarakat di Indonesia!

Pertanyaan

Jelaskan pengaruh Hindu-Buddha pada masyarakat di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Kepercayaan Hindu-Buddha berkembang sejak Indonesia masa klasik. Kepercayaan ini disebarkan oleh para pedagang India dan Tiongkok yang beragama Hindu-Buddha. Kepercayaan tersebut membawa banyak sekali kebudayaan di berbagai bidang seperti berikut.

  1. Bidang pemerintahan. Di bidang ini Indonesia mengenal sistem pemerintahan berupa kerajaan yang menggantikan sistem kesukuan.
  2. Bidang agama. Datangnya agama Hindu dan Buddha mempengaruhi agama yang diyakini oleh masayarakat Indonesia yang mayoritas animisme dan dinamisme menjadi memeluk agama Hindu-Buddha.
  3. Bidang arsitektur. Munculnya kepercayaan Hindu-Buddha mempengaruhi berdirinya berbagai arsitektur di Indonesia, salah satunya adalah candi. Beberapa candi yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Muara Takus.
  4. Bidang sastra. Adanya kepercayaan Hindu-Buddha di Indonesia berpengaruh pada perkembangan bidang sastra. Beberapa karya sastra yang dihasilkan pada masa ini adalah Kitab Sutasoma, Kitab Pararaton, dan Kitab Negarakertagama.
  5. Bidang kesenian. Hal ini terlihat dari pahatan-pahatan patung, relief, dan sebagainya.

Dengan demikian, pengaruh kebudayaan Hindu Buddha bagi masyarakat Indonesia adalah berkembangnya sistem pemerintahan kerajaan, masuknya agama Hindu-Buddha yang menggantikan kepercayaan lokal setempat, berdirinya candi, dan berkembangnya karya sastra serta kesenian

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah pembaharuan besar yang ditimbulkan oleh masuknya agama Hindu di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Pengaruh kebudayaan Hindu dan Buddha berbaur dan saling melengkapi dengan kebudayaan yang telah ada di Indonesia. Akulturasi budaya Hindu dan Buddha dengan budaya asli ini masih terpelihara sampai sekarang. Pengaruh kebudayaan Hindu dan Buddha di Indonesia antara lain dalam bentuk :

  • seni bangunan,
  • seni arca dan relief,
  • bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa,
  • seni sastra dan seni pertunjukan,
  • sistem kalender,
  • kehidupan masyarakat,
  • sistem pemerintahan.

Salah satu pembaharuan besar yang timbul ketika masuknya agama Hindu dan Buddha di Indonesia yaitu dikenalnya tulisan seperti bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa yang dibawa dari India Selatan serta bahasa Pali dan huruf Dewanagari yang dibawa dari India Utara. Hal ini dibuktikan dengan ditemukanya tujuh buah Yupa di Kutai. Hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia pada abad IV sudah masuk ke zaman sejarah (mengenal tulisan). Selain itu yang paling mendasar masyarakat kita jadi mengenal agama Hindu dan Buddha, setelah sebelumnya masyarakat di Indonesia masih menganut sistem kepercayaan nenek moyang seperti animisme, dinamisme, tothemisme, samanisme dan magiisme.

Dengan demikian, pembaharuan besar yang ditimbulkan oleh masuknya agama Hindu di Indonesia yaitu masyarakat jadi mengenal tulisan serta mengenal agama Hindu.

0

Roboguru

Sebutkan contoh pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam budaya masyarakat Indonesia sebelum Islam!

Pembahasan Soal:

Pada masa sebelum masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia, masyarakat Indonesia telah memiliki kebudayaan asli sendiri. Setelah kebudayaan Hindu-Buddha masuk ke Indonesia, kebudayaan asli masyarakat Indonesia tidak serta merta hilang dan lenyap. Kedua kebudayaan tersebut saling berakulturasi dan memberi pengaruh. Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia terlihat dari berbagai bidang aksara dan sastra, pemerintahan, bangunan, hingga kepercayaan. Dalam bidang aksara dan sastra, pengaruh budaya Hindu-Buddha nampak dari peninggalan-peninggalan tertuis berupa prasasti maupun kitab. Tulisan pada masa Hindu-Buddha pada awalnya menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Namun seiring berjalannya waktu, bentuk tulisan dan bahasa mengalami perkembangan. Dalam bidang pemerintahan, pengaruh Hindu-Buddha terlihat dari berdirinya sejumlah kerajaan-kerajaan di Indonesia menggantikan sistem suku di daerah pedalaman. Dalam bidang bangunan, perkembangan Hindu Buddha di Indonesia telah membawa pengaruh besar dalam berbagai karya seni dan kerajinan maupun bangunan. Salah satu hasil karya adalah candi. Bagi Hindu dan Buddha candi memiliki fungsi yang berbeda. Bagi candi bercorak Hindu berfungsi sebagai makam, sementara candi bercorak Buddha memiliki fungsi sebagai tempat pemujaan atau peribadatan. Sejumlah candi juga dibangun menggunakan sistem punden berundak khas Indonesia. Dan dalam bidang kepercayaan, pengaruh Hindu-Buddha terlihat dari berkembangnya kedua agama tersebut, meskipun aliran kepercayaan masih tetap eksis dan bertahan di Indonesia. 

Dengan demikian, pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia terlihat dari berbagai bidang aksara dan sastra, pemerintahan, bangunan, hingga kepercayaan.

0

Roboguru

Berikut ini yang tidak termasuk bidang- bidang yang dipelajari masyarakat Indonesia pada masa kerajaan bercorak Hindu-Buddha adalah.....

Pembahasan Soal:

Jawaban: d. militer

Pembahasan:

Pengaruh masuknya ajaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia ada pada beberapa bidang yang menjadikan masayarakat Indonesia pada waktu itu menjadi maju seperti bidang keagamaan yang sebelumnya hanya mengenal kepercayaan leluhur (Animisme dan Dinamisme) menjadi agama Hindu-Buddha. Bidang  bahasa dan kesusastraan adalah dikenal dan digunakannya bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa oleh masyarakat Indonesia. Sistem pemerintahan kerajaan dikenalkan oleh orang-orang India. Dalam sistem ini, kelompok-kelompok kecil masyarakat bersatu dengan kepemilikan  wilayah  yang luas. Kepala suku yang terbaik dan terkuat berhak atas tampuk kekuasaan kerajaan

0

Roboguru

Setelah kamu memahami kehidupan masyarakat awal Hindu-Buddha, coba amati dan perhatikanlah daerah di sekitar tempat tinggal kamu. Apakah masih ada pengaruh-pengaruh budaya masa Hindu-Buddha yang masih...

Pembahasan Soal:

Pendukung budaya Hindu-Buddha saat ini adalah para brahmana atau para pemuka agama Hindu dan umatnya, dan juga oleh para biksu agama Buddha yang menetap di Indonesia bersama umatnya. Selain itu, akulturasi atau percampuran budaya Hindu-Buddha dengan Nusantara yang masih ada seiring perkembangannya didukung atau dilestarikan pula oleh masyarakat lokal atau masyarakat setempat di mana budaya itu ada. Contohnya, Candi Borobudur yang juga menjadi kebanggaan Nusantara dan tetap dilestarikan bukan hanya oleh umat Buddha saja, bahkan tercatat menjadi warisan budaya oleh UNESCO. 

Dengan demikian, pendukung budaya Hindu-Buddha di Indonesia adalah para pemuka agama dan umat Hindu-Buddha khususnya, serta juga dukungan dari masyarakat lokal yang ikut merasa memiliki budaya Hindu-Buddha yang berakulturasi dengan budaya setempat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved