Iklan

Iklan

Pertanyaan

“Maaf Bu, seminggu yang lalu ketika Ibu sedang keluar kelas sebenatar, saya buka-buka buku paket Ibu, maksud saya ingin menyontek jawaban soal latihan, tidak sengaja saya melihat tulisan di halaman belakang buku tersebut.” Ujar Teja sambil terisak-isak memberi keterangan dengan lugunya. Wajahnya ia tutup dengan kain sarung bututnya penuh rasa bersalah. Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah ...

“Maaf Bu, seminggu yang lalu ketika Ibu sedang keluar kelas sebenatar, saya buka-buka buku paket Ibu, maksud saya ingin menyontek jawaban soal latihan, tidak sengaja saya melihat tulisan di halaman belakang buku tersebut.” Ujar Teja sambil terisak-isak memberi keterangan dengan lugunya. Wajahnya ia tutup dengan kain sarung bututnya penuh rasa bersalah.

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah ...space  

  1. Cerpen menceritakan kehidupan guru di pedesaan dengan segala permasalahannyaspace

  2. Cerita ini sebenarnya menarik. Namun dalam kenyataan, mungkinkah seorang murid berani membuka-buka buku milik guru, apalagi dengan tujuan menyontek. Bagian ini jelas menunjukkan kurang logisnya jalinan cerita yang disajikanspace

  3. Bahasa yang digunakan pengarang sangat sederhana. Dengan menggunakan bahasa sehari-hari cerpen mudah diikuti jalinan ceritanyaspacespace

  4. Tokoh Teja diceritakan dalam cerpen ini sebagai siswa yang berani, kurang jujur, tetapi sangat menyayangi gurunya. Ia sangat sedih ketika mengetahui bahwa gurunya akan pindahspace

  5. Kisah kehidupan di desa memang sangat menarik untuk disimak, apalagi cerita yang diangkat cerpen ini menceritakan konflik batin seorang guru yang berasal dari kota, namun ditugaskan di desaspace

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space  

Iklan

Pembahasan

Kritik sastra adalah telaah terhadap suatu karya sastra yang bersifat menghakimi karya sastra orang lain, dengan cara menilai baik dan buruknya suatu karya sastra, membandingkan, serta mencari kesalahan karya sastra yang dihadapi melalui pemahaman yang objektif. Cerpen merupakan salah satu contoh karya sastra yang dapat dijadikan objek kritik sastra.Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Unsur-unsur cerpen yang dapat dikritik pada umumnya merupakan unsur intrinsik cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerita. Cerpen memiliki unsur instrinsik sebagai berikut. Tema: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya). Tokoh: Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita. Penokohan: Penokohan adalah cara pengarang menampilkan tokoh dalam sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh. Latar: Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Alur: Alur atau plot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian. Sudut pandang: Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. Amanat: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. Gaya bahasa: Gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Pada kutipan cerpen tersebut terdapat kalimat, "Maaf Bu, seminggu yang lalu ketika Ibu sedang keluar kelas sebenatar, saya buka-buka buku paket Ibu, maksud saya ingin menyontek jawaban soal latihan, tidak sengaja saya melihat tulisan di halaman belakang buku tersebut." Pada kalimat tersebut terdapat adegan yang kurang logis, yaituseorang murid berani membuka-buka buku milik guru dengan tujuan menyontek. Hal ini dapat menjadi kekurangan cerita apabila latar belakang tokoh tidak dipaparkan terlebih dahulu. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Kritik sastra adalah telaah terhadap suatu karya sastra yang bersifat menghakimi karya sastra orang lain, dengan cara menilai baik dan buruknya suatu karya sastra, membandingkan, serta mencari kesalahan karya sastra yang dihadapi melalui pemahaman yang objektif.

Cerpen merupakan salah satu contoh karya sastra yang dapat dijadikan objek kritik sastra. Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Unsur-unsur cerpen yang dapat dikritik pada umumnya merupakan unsur intrinsik cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerita.

Cerpen memiliki unsur instrinsik sebagai berikut.

  • Tema: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya).
  • Tokoh: Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita. 
  • Penokohan: Penokohan adalah cara pengarang menampilkan tokoh dalam sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh.
  • Latar: Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  • Alur: Alur atau plot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian.
  • Sudut pandang: Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita.
  • Amanat: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. 
  • Gaya bahasa: Gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. 

Pada kutipan cerpen tersebut terdapat kalimat, "Maaf Bu, seminggu yang lalu ketika Ibu sedang keluar kelas sebenatar, saya buka-buka buku paket Ibu, maksud saya ingin menyontek jawaban soal latihan, tidak sengaja saya melihat tulisan di halaman belakang buku tersebut." Pada kalimat tersebut terdapat adegan yang kurang logis, yaitu seorang murid berani membuka-buka buku milik guru dengan tujuan menyontek. Hal ini dapat menjadi kekurangan cerita apabila latar belakang tokoh tidak dipaparkan terlebih dahulu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

289

Adinda Afifah.Q

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat kritik negatif yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ...

36

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia