Iklan

Iklan

Pertanyaan

"Harsono memang wajar mendapat kedudukan sebagai pemangku adat di kampungnya, karena bapaknya pun masih tergolong keturuan raja-raja di sana." Saluran mobilitas sosial yang digambarkan pada ilustrasi di atas adalah ....

"Harsono memang wajar mendapat kedudukan sebagai pemangku adat di kampungnya, karena bapaknya pun masih tergolong keturuan raja-raja di sana."

Saluran mobilitas sosial yang digambarkan pada ilustrasi di atas adalah ....

  1. politik

  2. keluarga

  3. agama

  4. ekonomi

  5. pendidikan

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Salah satu saluran mobilitas sosial dapat dilakukanmelalui keluarga. Berdasarkan soal dijelaskan bahwa Harsono memang wajar mendapat kedudukan sebagai pemangku adat di kampungnya karena bapaknya pun masih tergolong keturunan raja-raja di lingkungannya sehingga saluran yang digunakan Harsono untuk melakukan mobilitas sosial adalah keluarga berdasarkan keturunan. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Organisasi politik, contohnya Joni terpilih menjadi DPR karena mengikuti atau bergabung dalam salah satu partai politik. Agama, contohnya seorang ulama, pendeta, pastor sering dihormati dalam masyarakat meskipun ia tidak memilki pendidikan tinggi. Organisasi ekonomi, contohnya awan bekerja di BUMN sebagai staff ahli karena ketekunan dan kerja kerasnya ia diangkat menjadi direktur utama. Pendidikan, contohnya seorang anak nelayan menempuh pendidikan S1 dan bekerja sebagai arsitektur bangunan di Jakarta.

Salah satu saluran mobilitas sosial dapat dilakukan melalui keluarga. Berdasarkan soal dijelaskan bahwa Harsono memang wajar mendapat kedudukan sebagai pemangku adat di kampungnya karena bapaknya pun masih tergolong keturunan raja-raja di lingkungannya sehingga saluran yang digunakan Harsono untuk melakukan mobilitas sosial adalah keluarga berdasarkan keturunan.
 
Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:
  • Organisasi politik, contohnya Joni terpilih menjadi DPR karena mengikuti atau bergabung dalam salah satu partai politik.
  • Agama, contohnya seorang ulama, pendeta, pastor sering dihormati dalam masyarakat meskipun ia tidak memilki pendidikan tinggi.
  • Organisasi ekonomi, contohnya awan bekerja di BUMN sebagai staff ahli karena ketekunan dan kerja kerasnya ia diangkat menjadi direktur utama.
  • Pendidikan, contohnya seorang anak nelayan menempuh pendidikan S1 dan bekerja sebagai arsitektur bangunan di Jakarta.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tono seorang anak dari keluarga kurang mampu. Dengan kecerdasannya, dia mendapat beasiswa untuk sekolah sampai sarjana. Akhimya Tono memiliki jabatan pada sebuah perusahaan dengan gaji yang sangat mem...

46

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia