Seorang sarjana hukum lulusan Universitas Indonesia bergabung dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sebelum namanya terkenal sebagai pengacara tersohor. Contoh tersebut menunjukkan mobilitas sosial yang diperoleh melalui saluran...

Pertanyaan

Seorang sarjana hukum lulusan Universitas Indonesia bergabung dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sebelum namanya terkenal sebagai pengacara tersohor. Contoh tersebut menunjukkan mobilitas sosial yang diperoleh melalui saluran... undefined

  1. Lembaga pendidikan dan organisasi profesi undefined

  2. Hubungan kekerabatan dan keahlian undefined

  3. Pertemanan dan partai politik undefined

  4. Kelompok pertemanan dan pekerjaan undefined

  5. Lembaga pendidikan dan partai politik undefined

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Mobiltas sosial merupaka gerak perpindahan kedudukan atau status individu atau kelompok ke kedudukan yang lain dalam masyarakat. Menurut Pitrim A. Sorokin gerak perpindahan kedudukan dilakukan melalui saluran mobilitas sebagai berikut.

  1. Angkatan Bersenjata. Organisasi pertahanan dan keamanan yang sengaja dibentuk oleh suatu negara dapat berbentuk militer maupun semi militer. Organisasi angkatan bersenjata digunakan untuk melakukan mobiltas sosial vertikal yang memungkinkan seseorang untuk meningkatkan statusnya.
  2. Organisasi Keagamaan. Organisasi keagamaan didirikan oleh umat beragama yang bertujuan untuk memajukan kehidupan umat beragama. Organisasi keagamaan dapat digunakan sebagai saluran untuk meningkatkan status sosial di masyarakat, teurtama jika seseorang memiliki andil besar dalam perkembangan organisasi.
  3. Lembaga Pendidikan. Lembaga pendidikan berperan dalam mobilitas sosial individu. Hal ini dikarenakan lembaga pendidikan dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan status seseorang.
  4. Organisasi ekonomi. Organisasi ekonomi bertujuan untuk meraih laba yang sebesar-besarnya sehingga organisasi ekonomi dapat digunakan sebagai saluran meningkatkan status sosial melalui pendapatan dan jabatan yang dimilikinya, sehingga apabila pendapatan dan jabatannya tinggi maka status sosialnya juga akan meningkat. 
  5. Organisasi profesi. Organisasi profesi menajdi wadah bagi anggota masyarakat yang memiliki keahlian yang sama, sehingga dengan organisasi profesi keahlian yang dimiliki masing-masing individu akan lebih diakui masyarakat.
  6. Perkawinan. Dalam saluran mobilitas sosial perkawinan dapat digunakan untuk menaikkan status dan kedudukan sesorang. Hal ini dikarenakan apabila seseorang menikah dengan pasangan yang lebih terpandang dan dihormati maka status sosialnya juga akan meningkat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A. undefined

3rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ketika remaja, hidup Maya serba pas-pasan. Bahkan, setiap pulang ia harus mencari nafkah dengan menjadi pelayan toko sembako di daerahnya. Dengan semangat hidup dalam keprihatinan, akhirnya ia berhasi...

198

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia