Iklan

Iklan

Pertanyaan

“Begini Pak. Anak saya, Jati pagi tadi ketika pulang dari berjualan menemukan dompet ini Pak, dan di dalamnya ada identitas nama Bapak dan sejumlah uang yang kami tidak membuka seluruh isinya,” ucap Ibu Jati memberikan penjelasan kepada dokter itu. “Oh iya, Alhamdulillah. Benar Bu, saya kehilangan dompet pagi tadi. Isinya identitas saya dan beberapa surat-surat penting. Berarti Nak Jati ini yang menemukan,” ungkap dokter Heryawan. “Iya benar sekali, ini milik saya, Alhamdulillah masih rezeki saya. Isinya masih utuh. Terima kasih banyak ya, Nak Jati dan Ibu berkat Nak Jati dompet saya dan surat-surat penting itu masih utuh,” ucap dokter Heryawan dengan nada syukur. Baiklah Pak, kami segera pamit,” ucap ibu Jati. “Tunggu sebentar Bu,” dokter Heryawan masuk ke dalam dan keluar dengan membawa bungkusan plastik berwarna hitam, “Ini ada sekedar oleh-oleh buat keluarga ibu di rumah dan ini buat Nak Jati.” Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah….

            “Begini Pak. Anak saya, Jati pagi tadi ketika pulang dari berjualan menemukan dompet ini Pak, dan di dalamnya ada identitas nama Bapak dan sejumlah uang yang kami tidak membuka seluruh isinya,” ucap Ibu Jati memberikan penjelasan kepada dokter itu.

             “Oh iya, Alhamdulillah. Benar Bu, saya kehilangan dompet pagi tadi. Isinya identitas saya dan beberapa surat-surat penting. Berarti Nak Jati ini yang menemukan,” ungkap dokter Heryawan.

             “Iya benar sekali, ini milik saya, Alhamdulillah masih rezeki saya. Isinya masih utuh. Terima kasih banyak ya, Nak Jati dan Ibu berkat Nak Jati dompet saya dan surat-surat penting itu masih utuh,” ucap dokter Heryawan dengan nada syukur.

              Baiklah Pak, kami segera pamit,” ucap ibu Jati. “Tunggu sebentar Bu,” dokter Heryawan masuk ke dalam dan keluar dengan membawa bungkusan plastik berwarna hitam, “Ini ada sekedar oleh-oleh buat keluarga ibu di rumah dan ini buat Nak Jati.”

Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah….

  1. Jangan pernah mengambil barang yang bukan hak!

  2. Berbuat baiklah pada orang baik!

  3. Bersikaplah jujur pada diri sendiri

  4. Berbaktilah pada orang tua!

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A. 

Iklan

Pembahasan

Amanatadalah pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca berupa nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan contoh atau teladan. Pada kutipan cerita tersebut berisikan tentang seorang Ibu yang mengembalikan dompet orang lain yang ditemukan oleh anaknya. Berdasarkan hal tersebut, amanat pada kutipan teks drama di atas adalah jangan pernah mengambil barang yang bukan hak! Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Amanat adalah pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca berupa nilai-nilai luhur yang dapat dijadikan contoh atau teladan. Pada kutipan cerita tersebut berisikan tentang seorang Ibu yang mengembalikan dompet orang lain  yang ditemukan oleh anaknya. Berdasarkan hal tersebut, amanat pada kutipan teks drama di atas adalah jangan pernah mengambil barang yang bukan hak! Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Amanat yang terkandung dalam penggalan fiksi di atas adalah ....

73

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia