Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Siapa yang tidak tahu telur asin? Makanan yang dibuat dari telor bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya lezat, telor asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Makanan ini dapat dijumpai di warung-warung atau supermarket . (2) Namun, tahukah Anda bahwa Anda pun bisa membuat telor asin sendiri yang enak dan lezat. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. (3) Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telor asin adalah 10—30 butir telor bebek, 500 gram garam, 1,5 s.d. 2 liter air, dan topeles berbahan plastik yang bisa ditutup rapat. (4) Cara membuat telor asin adalah sebagai benikut. 1. Telor direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit! 2. Bersihkanlah telor dengan menggunakan sabun dan spon! 3. Keringkan telor lalu gosok dengan amplas halus! 4. [...] 5. Campurkan garam dan air di tempat lain kemudian tuangkan ke dalam topeles berisi telor tadi! 6. Tutuplah toples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari! 7. Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam! Dua kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....

(1) Siapa yang tidak tahu telur asin? Makanan yang dibuat dari telor bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya lezat, telor asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Makanan ini dapat dijumpai di warung-warung atau supermarket. (2) Namun, tahukah Anda bahwa Anda pun bisa membuat telor asin sendiri yang enak dan lezat. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. (3) Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telor asin adalah 10—30 butir telor bebek, 500 gram garam, 1,5 s.d. 2 liter air, dan topeles berbahan plastik yang bisa ditutup rapat. (4) Cara membuat telor asin adalah sebagai benikut.

1. Telor direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit!

2. Bersihkanlah telor dengan menggunakan sabun dan spon!

3. Keringkan telor lalu gosok dengan amplas halus!

4. [...]

5. Campurkan garam dan air di tempat lain kemudian tuangkan ke dalam topeles berisi telor tadi!

6. Tutuplah toples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari!

7. Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam!


Dua kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....

  1. Tahu dan lezat

  2. Sabun dan spon

  3. Telor dan topeles

  4. Gizi dan amplas

Iklan

D. Wahyu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Kata yang tidak baku yang terdapat pada teks ialah kata telor dan topeles . Kata baku dari telor ialah telur. Telur berarti benda bercangkang yang mengandung zat hidup bakal anak yang dihasilkan oleh unggas. Kata topeles merupakan kata tidak baku dari toples. Toples merupakan wadah tertutup yang digunakan untuk menyimpan makanan. Biasanya toples digunakan untuk meletakkan makanan ringan atau kerupuk. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Kata yang tidak baku yang terdapat pada teks ialah kata telor dan topeles. Kata baku dari telor ialah telur. Telur berarti benda bercangkang yang mengandung zat hidup bakal anak yang dihasilkan oleh unggas. Kata topeles merupakan kata tidak baku dari toples. Toples merupakan wadah tertutup yang digunakan untuk menyimpan makanan. Biasanya toples digunakan untuk meletakkan makanan ringan atau kerupuk. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur mengharuskan adanya partisipan. Hal tersebut terdapat pada kalimat ....

16

2.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia