Roboguru

(1) Siapa yang tidak tahu telur asin? Makanan yang dibuat dari telor bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya lezat, telor asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Makanan ini dapat dijumpai di warung-warung atau supermarket. (2) Namun, tahukah Anda bahwa Anda pun bisa membuat telor asin sendiri yang enak dan lezat. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. (3) Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telor asin adalah 10—30 butir telor bebek, 500 gram garam, 1,5 s.d. 2 liter air, dan topeles berbahan plastik yang bisa ditutup rapat. (4) Cara membuat telor asin adalah sebagai benikut. 1. Telor direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit! 2. Bersihkanlah telor dengan menggunakan sabun dan spon! 3. Keringkan telor lalu gosok dengan amplas halus! 4. [...] 5. Campurkan garam dan air di tempat lain kemudian tuangkan ke dalam topeles berisi telor tadi! 6. Tutuplah toples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari! 7. Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam! Dua kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

(1) Siapa yang tidak tahu telur asin? Makanan yang dibuat dari telor bebek ini memiliki cita rasa asin namun enak di lidah. Selain rasanya lezat, telor asin juga memiliki banyak kandungan gizi dan sangat baik untuk anak. Makanan ini dapat dijumpai di warung-warung atau supermarket. (2) Namun, tahukah Anda bahwa Anda pun bisa membuat telor asin sendiri yang enak dan lezat. Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. (3) Bahan yang dibutuhkan untuk membuat telor asin adalah 10—30 butir telor bebek, 500 gram garam, 1,5 s.d. 2 liter air, dan topeles berbahan plastik yang bisa ditutup rapat. (4) Cara membuat telor asin adalah sebagai benikut.

1. Telor direndam di dalam air bersih kurang lebih dua menit!

2. Bersihkanlah telor dengan menggunakan sabun dan spon!

3. Keringkan telor lalu gosok dengan amplas halus!

4. [...]

5. Campurkan garam dan air di tempat lain kemudian tuangkan ke dalam topeles berisi telor tadi!

6. Tutuplah toples dengan rapat dan biarkan selama dua belas hari!

7. Langkah terakhir adalah merebusnya dengan api sedang selama satu jam!


Dua kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....

  1. Tahu dan lezat

  2. Sabun dan spon

  3. Telor dan topeles

  4. Gizi dan amplas

Pembahasan Soal:

Kata yang tidak baku yang terdapat pada teks ialah kata telor dan topeles. Kata baku dari telor ialah telur. Telur berarti benda bercangkang yang mengandung zat hidup bakal anak yang dihasilkan oleh unggas. Kata topeles merupakan kata tidak baku dari toples. Toples merupakan wadah tertutup yang digunakan untuk menyimpan makanan. Biasanya toples digunakan untuk meletakkan makanan ringan atau kerupuk. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved