Roboguru
SD

(1) Motivasi berasal dari motove atau movere yang berarti "mengerahkan". (2) Seperti yang dikatakan Liang Gie (dalam Martoyo, 2000), motif atau dorongan adalah suatu dorongan yang menjadi pangkal seseorang melakukan sesuatu atau bekerja. (3) Orang yang sangat termotivasi adalah orang yang melaksanakan upaya substansial, guna menunjang tujuan-tujuan produksi kesatuan kerjanya, dan organisasi dimana ia bekerja. (4) Seseorang yang tidak termotivasi, hanya memberikan upaya minim ketika bekerja. (5) Konsep motivasi, merupakan sebuah konsep penting dalam studi tentang kinerja individual. (6) Dengan demikian motivasi berarti pemberian motif atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan. (7) Dapat juga dikatakan bahwa motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu. (8) Menurut Martoyo (2000) manusia akan memiliki semangat untuk mengerjakan suatu hal jika dapat menghasilkan sesuatu yang dianggapnya sangat berharga, yang berdampak pada kelangsungan hidupnya, menimbulkan rasa tentram, rasa aman dan sebagainya. (9) Motivasi atau dorongan kepada pegawai untuk bersedia bekerja sama demi tercapainya tujuan bersama dapat diklasifikasi menjadi dua macam, yaitu motivasi finansial dan nonfinansial. (10) Motivasi finansial adalah dorongan yang dilakukan dengan memberikan imbalan finansial kepada pegawai. (11) Imbalan tersebut sering disebut dengan istilah insentif. (12) Motivasi nonfinansial adalah dorongan yang tidak diwujudkan dalam bentuk finansial. atau uang, melainkan diwujudkan dalam bentuk pujian, penghargaan, pendekatan antar manusia dan lain sebagainya. (13) Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa motivasi sangat penting bagi suatu perusahaan atau instansi karena dapat mendorong karyawan untuk bertindak secara ikhlas dalam mencapai tujuan perusahaan secara efisien.   Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam teks tersebut?

Pertanyaan

(1) Motivasi berasal dari motove atau movere yang berarti "mengerahkan". (2) Seperti yang dikatakan Liang Gie (dalam Martoyo, 2000), motif atau dorongan adalah suatu dorongan yang menjadi pangkal seseorang melakukan sesuatu atau bekerja. (3) Orang yang sangat termotivasi adalah orang yang melaksanakan upaya substansial, guna menunjang tujuan-tujuan produksi kesatuan kerjanya, dan organisasi dimana ia bekerja. (4) Seseorang yang tidak termotivasi, hanya memberikan upaya minim ketika bekerja.

(5) Konsep motivasi, merupakan sebuah konsep penting dalam studi tentang kinerja individual. (6) Dengan demikian motivasi berarti pemberian motif atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan. (7) Dapat juga dikatakan bahwa motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu.

(8) Menurut Martoyo (2000) manusia akan memiliki semangat untuk mengerjakan suatu hal jika dapat menghasilkan sesuatu yang dianggapnya sangat berharga, yang berdampak pada kelangsungan hidupnya, menimbulkan rasa tentram, rasa aman dan sebagainya. (9) Motivasi atau dorongan kepada pegawai untuk bersedia bekerja sama demi tercapainya tujuan bersama dapat diklasifikasi menjadi dua macam, yaitu motivasi finansial dan nonfinansial.

(10) Motivasi finansial adalah dorongan yang dilakukan dengan memberikan imbalan finansial kepada pegawai. (11) Imbalan tersebut sering disebut dengan istilah insentif. (12) Motivasi nonfinansial adalah dorongan yang tidak diwujudkan dalam bentuk finansial. atau uang, melainkan diwujudkan dalam bentuk pujian, penghargaan, pendekatan antar manusia dan lain sebagainya. (13) Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa motivasi sangat penting bagi suatu perusahaan atau instansi karena dapat mendorong karyawan untuk bertindak secara ikhlas dalam mencapai tujuan perusahaan secara efisien.

 

Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam teks tersebut?

  1. Paragraf ke-1 menjadi penyebab paragraf ke-2

  2. Paragraf ke-2 menjadi penyebab paragraf ke-3

  3. Paragraf ke-2 menjadi pembanding paragraf ke-1

  4. Paragraf ke-3 memaparkan contoh paragraf ke-1

  5. Paragraf ke-4 menjelaskan paragraf ke-3

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan

Paragraf ke-4 merupakan penjelasan dari isi paragraf 3. Hal ini terlihat dalam kalimat (10) Motivasi finansial adalah dorongan yang dilakukan dengan memberikan imbalan finansial kepada pegawai; dan kalimat (12) Motivasi nonfinansial adalah dorongan yang tidak diwujudkan dalam bentuk finansial atau uang. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

69

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

(I) Penafian budaya bemalar di jenjang pendidikan pra universitas berpengaruh pada pendidikan tinggi. (2) Secara informal, sudah wajar diantara pengajar Perguruan Tinggi terdengar keluhan tentang keti...

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia