Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Istilah mahasiswa abadi populer pada tahun '70-'90an walaupun saat ini masih ada. (2) Mahasiswa abadi adalah mahasiswa yang masa kuliahnya lama dan tidak jelas kapan akan lulus. (3) Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya tidak lulus. (4) Menyikapi gejala itu, pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan putus studi (drop out/DO). (5) Pada dua tahun pertama dilakukan pengevaluasian dengan ambang batas yang telah ditetapkan. (6) Bila ambang batas itu dilampaui, mahasiswa akan terkena DO. (7) Namun, kebijakan tersebut tidak berjalan dengan efektif dikarenakan banyak kampus yang tidak tega menerapkannya dengan ketat. (8) Kini masa kuliah diperpendek menjadi empat tahun dan mahasiswa didorong untuk lulus cepat . Kalimat simpulan manakah yang seharusnya mengakhiri paragraf di atas?

(1) Istilah mahasiswa abadi populer pada tahun '70-'90an walaupun saat ini masih ada. (2) Mahasiswa abadi adalah mahasiswa yang masa kuliahnya lama dan tidak jelas kapan akan lulus. (3) Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya tidak lulus. (4) Menyikapi gejala itu, pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan putus studi (drop out/DO). (5) Pada dua tahun pertama dilakukan pengevaluasian dengan ambang batas yang telah ditetapkan. (6) Bila ambang batas itu dilampaui, mahasiswa akan terkena DO. (7) Namun, kebijakan tersebut tidak berjalan dengan efektif dikarenakan banyak kampus yang tidak tega menerapkannya dengan ketat. (8) Kini masa kuliah diperpendek menjadi empat tahun dan mahasiswa didorong untuk lulus cepat.

 

Kalimat simpulan manakah yang seharusnya mengakhiri paragraf di atas?

  1. Oleh karena itu, istilah mahasiswa abadi tidak lazim lagi dipakai di perguruan tinggi

  2. Oleh karena itu, mahasiswa abadi banyak juga yang akhirnya dapat lulus kuliah

  3. Untuk itu, pemerintah harus lebih tegas memberi sanksi kepada mahasiswa abadi

  4. Bagaimanapun mahasiswa abadi sebaiknya ditoleransi karena mungkin ada hambatan belajar

  5. Dengan demikian, sesungguhnya pemerintah telah berupaya mengatasi DO

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nampaklah bahwa kebijakan pemerintah tersebut berhasil untuk mengatasi mahasiswa abadi. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

nampaklah bahwa kebijakan pemerintah tersebut berhasil untuk mengatasi mahasiswa abadi. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Kalimat simpulan merupakan kalimat yang dapat menyimpulkan isi dari paragraf tersebut. Kalimat simpulan biasanya terdapat di akhir paragraf. Teks tersebut berisi tentang keputusan pemerintah dalam menyikapi mahasiswa yang tak kunjung lulus dengan kebijakan putus studi/drop out (kalimat 4) dan pembatasan masa studi agarmahasiswa lulus cepat (kalimat 8). Dengan demikian, nampaklah bahwa kebijakan pemerintah tersebut berhasil untuk mengatasi mahasiswa abadi. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Kalimat simpulan merupakan kalimat yang dapat menyimpulkan isi dari paragraf tersebut. Kalimat simpulan biasanya terdapat di akhir paragraf. Teks tersebut berisi tentang keputusan pemerintah dalam menyikapi mahasiswa yang tak kunjung lulus dengan kebijakan putus studi/drop out (kalimat 4) dan pembatasan masa studi agar mahasiswa lulus cepat (kalimat 8). Dengan demikian, nampaklah bahwa kebijakan pemerintah tersebut berhasil untuk mengatasi mahasiswa abadi. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut! (1) Perjalanan ke Mars akan lebih berbahaya dari sebelumnya. (2) Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ada peningkatan risiko kanker dua kali lebih tinggi bagi astronaut yang...

59

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia