Roboguru

(1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, smart phone mendukung proses belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan berjalan lancar. (3) Namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa berkomunikasi satu dengan yang lain, karena asyik dengan dunianya sendiri. (4) Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak-acuh. (5) Minat mereka hanya mengenai budaya popular, para pesohor, dan teman-teman mereka. (6) Hal itu menunjukkan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak positif dan negatif. (7) Menurut Felder dan Soloman (1993), “Pembelajar di zaman informasi ini memunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual”. (8) Fokus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata. (9) Guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam sejarah, karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) Guru perlu mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong merek auntuk gemar membaca dan menulis. (11) Jadi, yang terpenting bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika merek lulus, melainkan juga mencintai pembelajaran seumur hidup.   Kelemahan paragraf kedua teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

 

(1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, smart phone mendukung proses belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan berjalan lancar. (3) Namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa berkomunikasi satu dengan yang lain, karena asyik dengan dunianya sendiri. (4) Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak-acuh. (5) Minat mereka hanya mengenai budaya popular, para pesohor, dan teman-teman mereka. (6) Hal itu menunjukkan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak positif dan negatif.

(7) Menurut Felder dan Soloman (1993), “Pembelajar di zaman informasi ini memunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual”. (8) Fokus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata. (9) Guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam sejarah, karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) Guru perlu mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong merek auntuk gemar membaca dan menulis. (11) Jadi, yang terpenting bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika merek lulus, melainkan juga mencintai pembelajaran seumur hidup.

 

Kelemahan paragraf kedua teks tersebut adalah ....

  1. data tidak dipaparkan dengan jelas dan menyeluruh

  2. hal yang harus dilakukan guru dalam mengajar tidak dijelaskan

  3. gaya belajar sequential, sensing, dan visual tidak dijabarkan

  4. manfaat web dalam pembelajaran tidak dijelaskan

Pembahasan Soal:

Kelemahan sebuah paragraf dapat berupa pernyataan yang kurang tepat, tidak terdapat, atau pernyataan yang berlebih dalam paragraf. Biasanya, kelemahan sebuah paragraf mengacu pada kalimat sumbang atau kalimat yang tidak sesuai dengan ide pokok paragraf. Kelemahan paragraf juga banyak ditemukan berupa hal penting yang tidak dijelaskan lebih rinci pada paragraf tersebut.

Pada paragraf di atas, kelemahan yang terkandung dalam paragraf tersebut adalah adanya informasi yang tidak dijelaskan lebih rinci. Pernyataan mengenai gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual merupakan suatu informasi penting yang seharusnya dijelaskan pada paragraf kedua, tetapi tidak dijelaskan sehingga hal ini menjadi kelemahan paragraf. Jadi, jawaban yang tepat adalah D

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelancerrr

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat kesimpulan yang tepat untuk menutup paragraf silogisme di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Paragraf silogisme merupakan salah satu jenis paragraf yang menggunakan penalaran deduktif yang berisi penarikan kesimpulan dari dua buah premis atau pernyataan.

Pernyataan di atas menyebutkan bahwa manusia, monyet, sapi, kambing, kucing, ikan paus merupakan jenis dari binatang menyusui, hal itu berarti mereka semua tidak bertelur. Jadi, kalimat kesimpulan yang tepat untuk menutup paragraf silogisme di atas adalah manusia, monyet, sapi, kambing, kucing, dan ikan paus melahirkan anak dan tidak bertelur. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Paragraf generalisasi adalah salah satu jenis paragraf yang menggunakan penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data.

Data di atas menyebutkan bahwa  rata-rata persentase kepemilikan MCK (mandi cuci kakus) di desa X melampaui 90%. Berdasarkan hal tersebut, kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah Dapat dikatakan, sedikit sekali rumah penduduk yang belum mempunyai MCK di desa X. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

0

Roboguru

Perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf diatas adalah ....

Pembahasan Soal:

kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki unsur yang utuh dan baik. Kalimat efektif yang baik dan benar memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menggunakan pemilihan kata yang tepat
  • Punya unsur utama subjek dan predikat
  • Memakai kaidah penulisan yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
  • Menekankan gagasan pokok kalimat
  • Tidak memakai kata-kata mubazir
  • Memiliki bentuk bahasa yang konsisten
  • Memakai variasi dan struktur kalimat
  • Memiliki struktur bahasa yang setara dengan gagasan penulis
  • Sifatnya koheren
  • Kalimat paralel

Kalimat yang bercetak miring pada kutipan teks di atas adalah "Untuk itu, maka sebelum berkumpul di balai desa terlebih dahulu warga  mempersiapkan olahan hasil bumi mereka." Berikut ini adalah analisis perbaikan pada kalimat tersebut, yaitu:

  1. Penggunaan kata "Untuk itu, maka" di anggap sebagai pemborosan kata sehingga harus dihilangkan.
  2. Penggunaan kata "balai desa" harusnya menggunakan huruf kapital misalnya "Balai Desa" karena menunjukkan suatu nama tempat.
  3. Penggunaan tanda baca koma setelah kata "balai desa" untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat, sehingga perbaikannya menjadi "Balai Desa,".
  4. Penggunaan kata "terlebih dahulu" dianggap sebagai pemborosan kata sehingga harus dihilangkan.
  5. Penggunaan "mereka" di akhir kalimat juga merupakan pemborosan kata sehingga harus di hilangkan.

Berdasarkan analisis di atas, maka susunan hasil perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf diatas adalah "Sebelum berkumpul di Balai Desa, warga  mempersiapkan olahan hasil bumi."


Dengan demikian, perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf diatas adalah "Sebelum berkumpul di Balai Desa, warga  mempersiapkan olahan hasil bumi."space

0

Roboguru

Perhatikan teks berikut!   Peneliti Pukat UGM mengatakan bahwa bukan hanya Lembaga Antikorupsi yang dilemahkan dalam KUHP dan KUHAP yang sedang dibahas di Dewan Rakyat itu, melainkan juga kepolisian ...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut tidak memenuhi kesatuan paragraf karena tidak terdapat ide pokok. Kalimat yang tepat sebagai gagasan pokok sekaligus kalimat penutup paragraf tersebut adalah kalimat “Jadi, ketiga lembaga itu merasa senasib dalam masalah pembahasan KUHP dan KUHAP oleh Dewan Rakyat dan Pemerintah.” Gagasan pada kalimat tersebut adalah  ketiga lembaga yang senasib. Gagasan tersebut sesuai dengan kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf. Kalimat-kalimat penjelas yang sudah ada membahas tentang tiga lembaga yang dilemahkan dalam KUHP dan KUHAP menurut peneliti Pukat UGM, persetujuan seorang mantan hakim tentang pendapat peneliti Pukat UGM, saran mantan hakim terkait pasal-pasal yang melemahkan, keluhan mantan hakim terhadap suatu pasal, serta opini mantan hakim terhadap putusan pengadilan yang salah sehingga gagasan tersebut tepat menjadi gagasan pokok sekaligus kalimat penutup paragraf tersebut.

  • Pilihan jawaban A kurang tepat karena membahas tentang opini agar ketiga lembaga jangan saling tuding menghadapi Dewan Rakyat dan Pemerintah, padahal wacana tersebut tidak menunjukkan bahwa ketiga lembaga tersebut saling tuding.
  • Pilihan jawaban B kurang tepat karena membahas tentang saran agar ketiga lembaga bersama-sama berjuang menentang pembahasan KUHP dan KUHAP yang tidak koheren dengan kalimat-kalimat penjelas.
  • Pilihan jawaban D kurang tepat karena terdapat konjungsi “meskipun demikian” yang menyatakan pertentangan, padahal wacana tidak dibahas adanya pertentangan ketiga lembaga tersebut.
  • Pilihan jawaban E kurang tepat karena membahas tentang opini agar ketiga lembaga berpendapat sama dalam menghadapi pembahasan KUHP dan KUHAP. Padahal, kalimat-kalimat dalam paragraf tidak menunjukkan bahwa ketiga lembaga tersebut berbeda pendapat.

Dengan demikian, kalimat yang tepat sebagai gagasan pokok sekaligus sebagai kalimat penutup paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban C.undefined 

0

Roboguru

Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geotermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Jauh di bawah permukaan bumi terdapat sumber panas yang sangat tinggi sehingga semua b...

Pembahasan Soal:

Pernyataan pada jawaban D secara tersirat sesuai dengan pernyataan pada kalimat ke-4 dan ke-5. Pada kedua kalimat tersebut tertulis temperatur bumi pada kedalaman 25 s.d. 50 km sekitar 200—1000 derajat celicius (kalimat 4), sedangkan pada posisi yang lebih dalam lagi, yakni 6.378 km temperaturnya naik menjadi 3500—4500 derajat celcius. Hal ini secara tersirat sesuai dengan pernyataan D, bahwa jika kita berada pada posisi yang lebih dalam daripada permukaan bumi, suhunya akan semakin tinggi atau semakin panas. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved