RoboguruRoboguru
SD

(1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, smart phone mendukung proses belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan berjalan lancar. (3) Namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa berkomunikasi satu dengan yang lain, karena asyik dengan dunianya sendiri. (4) Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak-acuh. (5) Minat mereka hanya mengenai budaya popular, para pesohor, dan teman-teman mereka. (6) Hal itu menunjukkan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak positif dan negatif. (7) Menurut Felder dan Soloman (1993), “Pembelajar di zaman informasi ini memunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual”. (8) Fokus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata. (9) Guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam sejarah, karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) Guru perlu mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong merek auntuk gemar membaca dan menulis. (11) Jadi, yang terpenting bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika merek lulus, melainkan juga mencintai pembelajaran seumur hidup.   Kalimat topik paragraf pertama adalah kalimat ....

Pertanyaan

 

(1) Generasi hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media sosial. (2) Sejatinya, smart phone mendukung proses belajar-mengajar sehingga proses transfer of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan berjalan lancar. (3) Namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa berkomunikasi satu dengan yang lain, karena asyik dengan dunianya sendiri. (4) Meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acuh tak-acuh. (5) Minat mereka hanya mengenai budaya popular, para pesohor, dan teman-teman mereka. (6) Hal itu menunjukkan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak positif dan negatif.

(7) Menurut Felder dan Soloman (1993), “Pembelajar di zaman informasi ini memunyai kecenderungan gaya belajar aktif, sequential, sensing, dan visual”. (8) Fokus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, bukan demi ujian semata. (9) Guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam sejarah, karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) Guru perlu mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong merek auntuk gemar membaca dan menulis. (11) Jadi, yang terpenting bukan hanya tentang apa yang diketahui ketika merek lulus, melainkan juga mencintai pembelajaran seumur hidup.

 

Kalimat topik paragraf pertama adalah kalimat ....

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 6

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Kalimat topik berisi gagasan atau pendapat yang dikemukakan secara lisan dan tertulis. Kalimat topik sering juga disebut sebagai kalimat utama, kalimat pokok, kalimat sentral, gagasan pokok, ide pokok dan pokok pikiran. Kalimat topik yang terdapat pada paragraf pertama teks tersebut adalah kalimat nomor 1. Sedangkan, kalimat nomor 2, 3, 4, dan 6 merupakan kalimat penjelas karena terdapat kata rujukan dan pengulangan dari kalimat 1. Contohnya, pada kata smartphone di kalimat ke-2 merupakan pengulangan kata teknologi canggih di kalimat ke-1, dan pengulangan kata “generasi” yang sudah disebutkan pada kalimat ke-1 juga disebutkan pada kalimat ke-4. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

320

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geotermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Jauh di bawah permukaan bumi terdapat sumber panas yang sangat tinggi sehingga semua b...

32

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia