Roboguru

(1) Berkali-kali aku memohon ibu menjemput Ena dan membawanya kembali tinggal bersama. Aku khawatir ia disiksa anak-anak Paman. (2) Lagi pula, pamanku jarang di rumah. Bibi sudah pasti membela anak-anaknya. Ibu malah tertawa keras. (3) Ketika aku mengulangi lagi permohonanku, Ibu memarahiku. “Saya tidak sanggup menanggung makan kalian berdua,” jawabnya, ketus. (4) Seandainya aku sudah bekerja. Ibu juga menganggur. Biaya hidup kami ditanggung adik nenekku. Ibuku mempunyai ibu yang kupanggil nenek dan nenek mempunyai adik perempuan yang kupanggil nenek juga. Nenek inilah yang membantu kami. Fatma adalah salah seorang pembantu di rumah nenek. Ibu memperoleh banyak perlakuan istimewa dari nenek, terlebih setelah ia kabur dari rumah.   Bukti watak tokoh Aku perhatian terdapat pada nomor ....

Pertanyaan

(1) Berkali-kali aku memohon ibu menjemput Ena dan membawanya kembali tinggal bersama. Aku khawatir ia disiksa anak-anak Paman. (2) Lagi pula, pamanku jarang di rumah. Bibi sudah pasti membela anak-anaknya. Ibu malah tertawa keras. (3) Ketika aku mengulangi lagi permohonanku, Ibu memarahiku. “Saya tidak sanggup menanggung makan kalian berdua,” jawabnya, ketus. (4) Seandainya aku sudah bekerja.

Ibu juga menganggur. Biaya hidup kami ditanggung adik nenekku. Ibuku mempunyai ibu yang kupanggil nenek dan nenek mempunyai adik perempuan yang kupanggil nenek juga. Nenek inilah yang membantu kami. Fatma adalah salah seorang pembantu di rumah nenek. Ibu memperoleh banyak perlakuan istimewa dari nenek, terlebih setelah ia kabur dari rumah.
 

Bukti watak tokoh Aku perhatian terdapat pada nomor ....

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

Pembahasan Soal:

Bukti watak tokoh Aku perhatian terdapat pada paragraf pertama, kalimat ke- (1), yakni “...Aku memohon Ibu menjemput Ena dan membawanya kembali tinggal bersama. Aku khawatir ia disiksa anak-anak Paman.” Kekhawatiran tokoh Aku menunjukkan bahwa tokoh Aku memiliki watak perhatian. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh yang tidak mengalami perubahan dan perkembangan perwatakan sebagai akibat dari peristiwa-peristiwa yang ada …

Pembahasan Soal:

Tokoh statis atau tokoh tidak berkembang adalah tokoh yang tidak mengalami perubahan dan perkembangan watak akibat peristiwa-peristiwa yang ada. Tokoh ini memiliki sifat dan watak yang relatif tetap dan tidak memiliki perkembangan dari awal hingga akhir cerita. Sementara itu, tokoh berkembang adalah tokoh yang mengalami perubahan dan perkembangan watak seiring dengan perkembangan peristiwa dan alur cerita. Sikap dan watak dari tokoh berkembang mengalami perkembangan dari awal, tengah, hingga akhir cerita.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan 3 watak tokoh Mas Iwan dalam kutipan cerita tersebut!

Pembahasan Soal:

Dalam KBBI, watak adalah sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Dalam cerita pendek (cerpen), tokoh dan penokohan (perwatakan) termasuk dalam unsur intrinsik. Oleh karena itu, berikut adalah watak dari tokoh Mas Iwan berdasarkan kutipan cerita di atas:

  • Baik dan pintar, diketahui dari kalimat "Ia sejak lama dikenal warga sebagai pemuda yang baik dan pintar."
  • Tidak pelit, diketahui dari kalimat "Mas Iwan tidak pelit berbagi ilmu. Sebelum kuliah di kota, ia sering mengajari Fatih dan kawan-kawan pelajaran sekolah"

Dengan demikian, tokoh Mas Iwan memiliki watak baik, pintar, dan tidak pelit.space 

0

Roboguru

Baik Tammy maupun Widodo mulai menyadari bahwa kedua amat terkejut. Impian masing-masing telah buyar, mereka hanya bisa menangis dan selamat tinggal kemelaratan. Kedatangan Tuan Wahyono membangunkan m...

Pembahasan Soal:

Baik Tammy maupun Widodo mulai menyadari bahwa kedua amat terkejut. Impian masing-masing telah buyar, mereka hanya bisa menangis dan selamat tinggal kemelaratan. Kedatangan Tuan Wahyono membangunkan mereka dengan kata-kata yang sedemikian datar dan dingin, sehingga Widodo merasa beku seketika.


Unsur intrinsik yang menonjol dalam penggalan cerpen di atas adalah penokohan, yaitu sikap Tuan Wahyono yang sangat dingin saat membangunkan Tammy dan Widodo.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

1

Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut!        Aku membaca catatan harian Neka dengan pikiran tersedak. Tak kusangka sahabat baikku ini menyimpan pergolakan batin yang begitu keras di balik diamnya. Sebagai ...

Pembahasan Soal:

Salah satu unsur dalam cerpen adalah tokoh dan penokohan. Tokoh adalah orang atau pelaku dalam cerita. Tokoh diartikan oleh pembaca memiliki watak dan karakter yang menunjuk pada kualitas pribadinya. Tanpa tokoh, alur cerita tidak akan pernah sampai pada bagian akhir cerita. Penokohan adalah pelukisan gambaran jelas tentang seseorang dalam sebuah cerita. Dalam sebuah cerpen tokoh yang ditampilkan berupa tokoh fiksi. Tokoh tersebut diceritakan dalam satu situasi saja. Berdasarkan perwatakannya, tokoh dalam cerpen dapat dibagi menjadi dua yaitu tokoh protagonis dan antagonis.

Watak tokoh Neka digambarkan melalui perkataan tokoh aku yang menceritakannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Tokoh yang memiliki sifat yang datar dan cenderung monoton …

Pembahasan Soal:

Menurut Nurgiyantoro (2007: 176—178) tokoh-tokoh cerita dalam sebuah fiksi dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal meliputi:

a. Berdasarkan perannya dalam suatu cerita, tokoh dibagi menjadi dua jenis, yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya, sedangkan tokoh tambahan adalah tokoh yang hanya sebagai pelengkap saja.

b. Berdasarkan fungsi penampilan tokoh, tokoh dibagi menjadi dua jenis, yaitu tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang kita kagumi, yang secara populer disebut hero. Tokoh protagonis menampilkan sesuatu yang sesuai dengan pandangan pembaca, dan harapan-harapan pembaca. Sementara itu, tokoh antagonis adalah tokoh penyebab terjadinya konflik.

c. Berdasarkan perwatakan, tokoh dibagi menjadi dua jenis, yaitu tokoh sederhana (simple atau flat character) dan tokoh bulat (complex character). Tokoh sederhana adalah tokoh yang hanya memiliki satu kualitas pribadi tertentu atau satu sifat tertentu saja. Sementara itu, tokoh bulat atau tokoh kompleks adalah tokoh yang memiliki kompleksitas yang diungkap dari berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian, dan jati dirinya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved