RoboguruRoboguru
SD

Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan cerpen ini dengan saksama!


Pagi hari mereka tiba di Desa Gelambir, menuju ke rumah Mbok Minem, janda tanpa anak, sambil membawa dua batang gula jawa utuh. Di rumah Mbok Minem mereka menemukan Juntrung, anak yang, menurut Mbok Minem dan beberapa tetangga, tidak disenangi oleh siapa pun.

Mulai pagi itulah ayah dan ibu Jiglong menganggap Juntrung sebagai anaknya, sebagai saudara Jiglong. Dan mulai saat itulah, ayah dan ibu Jiglong merasakan kesengsaraan karena Juntrung benar-benar kurang ajar, suka berkelahi, berbohong, dan kadang-kadang mencuri. Dan mulai saat itulah, Jiglong sering disakiti dan difitnah oleh Juntrung.space 

Sang Pemahat, Budi Darma

Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ....space 

  1. Mbok Minemspace 

  2. ayah Jiglongspace 

  3. ibu Jiglongspace 

  4. Jiglongspace 

  5. Juntrungspace 

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.space 

Pembahasan

Unsur intrinsik yaitu unsur-unsur yang terdapat dalam cerita dan memengaruhi isi cerita. Tokoh merupakan salah satu unsur intrinsik yang ada pada cerpen. 

  1. Tokoh, yaitu pelaku yang terlibat di dalam cerita. Berdasarkan peranannya dalam cerita,tokoh terbagi menjadi tokoh utama dan tokoh tambahan. Berdasarkan wataknya, tokoh terbagi menjadi protagonis, antagonis, dan Tritagonis.
    Protagonis merupakan tokoh yang menampilkan sesuatu sesuai pandangan dan harapan dari para pembaca. Tokoh ini memiliki watak yang baik dan positif dan dapat menarik empati dan perhatian dari pembaca.
    Antagonis yaitu lawan dari protagonis. Antagonis adalah salah satu tokoh yang biasanya menimbulkan konflik dalam cerita. Tokoh ini memiliki penggambaran watak yang buruk dan negatif dan biasanya dibeci oleh pembaca.
    Tritagonis biasa disebut dengan karakter ketiga atau penengah yang memiliki watak bijak. Tokoh ini berfungsi sebagai pendamai atau jembatan atas penyelesaian konflik. Biasanya muncul sebagai tokoh yang menyelesaikan permasalahan dalam sebuah cerita.
  2. Penokohan, yaitu cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter-karakter tokoh dalam cerita. Penokohan mengacu pada pandangan, sifat, sikap, dan emosi yang dimiliki tokoh dalam cerpen. Cara-cara penggambaran karakter tokoh, yaitu teknik analitik (secara langsung) dan teknik dramatik (melalui penggambaran fisik dan perilaku tokoh, penggambaran lingkungan kehidupan tokoh, dialog antartokoh, pengungkapan jalan pikiran tokoh, dan penggambaran oleh tokoh lain).

Tokoh antagonis dalam kutipan cerpen di atas adalah Juntrung. Ia digambarkan sebagai tokoh yang membawa kesengsaraan karena Juntrung benar-benar kurang ajar, suka berkelahi, berbohong, dan kadang-kadang mencuri. Tokoh Jiglong juga sering disakiti dan difitnah oleh Juntrung.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space 

300

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan cerpen berikut!     Tubuh Suing yang begitu lunglai direbahkan ke tanah. Karena bingung, Kimin hanya berdiri menatap temannya yang kini tergeletak tanpa daya. Ketika sadar harus b...

668

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia