Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Begitu diketuk, pintu itu langsung terbuka dan Intan masuk ke dalamnya. (2) Malam itu hujan sangat lebat, ketika Intan mengetuk rumah tua itu. (3) Baru saja langkah masuk, pintunya tertutup kembali, tetapi tidak ada orang pun di dalamnya. (4) Spontan Intan berteriak memanggil Mbah Bejo si pemilik rumah. (5) Tiba-tiba Intan melihat sesosok bayangan besar dan hitam yang menakutkan. Urutan yang tepat untuk membentuk paragraf yang padu adalah ....

(1)  Begitu diketuk, pintu itu langsung terbuka dan Intan masuk ke dalamnya.

(2)  Malam itu hujan sangat lebat, ketika Intan mengetuk rumah tua itu.

(3)  Baru saja langkah masuk, pintunya tertutup kembali, tetapi tidak ada orang pun di dalamnya.

(4)  Spontan Intan berteriak memanggil Mbah Bejo si pemilik rumah.

(5)  Tiba-tiba Intan melihat sesosok bayangan besar dan hitam yang menakutkan.

Urutan yang tepat untuk membentuk paragraf yang padu adalah ....

  1. (1), (3), (2), (4), dan (5)

  2. (2), (1), (3), (5), dan (4)

  3. (3), (2), (5), (4), dan (1)

  4. (4), (2), (3), (1), dan (5)

  5. (5), (1), (4), (3), dan (2)

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan (memaparkan) sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses. Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Paragraf tersebut merupakan paragraf eksposisi proses cerita (yakni paragraf yang menjelaskan terjadinya proses-proses terjadinya peristiwa dalam cerita). Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (2), (1), (3), (5), dan (4). Paragraf dimulai dengan peristiwa awal yang terjadi dalam sebuah cerita, yakni tokoh Intan yang mengetuk pintu sebuah rumah ketika terjadi hujan lebat pada malam hari. Kemudian, peristiwa dilanjutkan dengan pintu yang terbuka setelah diketuk. Tokoh Intan kemudian masuk ke dalam rumah. Akan tetapi, baru satu langkah ia masuk, pintu tertutup kembali dan tidak ada seorang pun di dalamnya. Intan ketakutan melihat sosok bayangan hitam besar dan menakutkan. Ia pun akhirnya berteriakmemanggil Mbah Bejo, si pemilik rumah.Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan (memaparkan) sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses. Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Paragraf tersebut merupakan paragraf eksposisi proses cerita (yakni paragraf yang menjelaskan terjadinya proses-proses terjadinya peristiwa dalam cerita). Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (2), (1), (3), (5), dan (4). Paragraf dimulai dengan peristiwa awal yang terjadi dalam sebuah cerita, yakni tokoh Intan yang mengetuk pintu sebuah rumah ketika terjadi hujan lebat pada malam hari. Kemudian, peristiwa dilanjutkan dengan pintu yang terbuka setelah diketuk. Tokoh Intan kemudian masuk ke dalam rumah. Akan tetapi, baru satu langkah ia masuk, pintu tertutup kembali dan tidak ada seorang pun di dalamnya. Intan ketakutan melihat sosok bayangan hitam besar dan menakutkan. Ia pun akhirnya berteriakmemanggil Mbah Bejo, si pemilik rumah. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

53

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah empat argumen berkait dengan tesis tersebut!

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia