Tiffanny T

28 Februari 2024 13:54

Iklan

Iklan

Tiffanny T

28 Februari 2024 13:54

Pertanyaan

untuk membuat tempe, kamu dapat mengambil ragi tempe dari tempe yang sudah jadi. begitu juga dalam pembuatan yoghurt. apakah ragi roti dapat diambil dari roti yang sudah jadi? mengapa demikian?

untuk membuat tempe, kamu dapat mengambil ragi tempe dari tempe yang sudah jadi. begitu juga dalam pembuatan yoghurt. apakah ragi roti dapat diambil dari roti yang sudah jadi? mengapa demikian?


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

29 Februari 2024 13:54

Jawaban terverifikasi

Fermentasi adalah proses biologis di mana mikroorganisme seperti ragi atau bakteri digunakan untuk mengubah suatu bahan menjadi bentuk yang diinginkan. Dalam konteks pembuatan tempe, ragi tempe yang sudah jadi digunakan untuk menginisiasi dan mengendalikan proses fermentasi pada kedelai. Namun, dalam pembuatan yoghurt, ragi roti tidak dapat diambil dari roti yang sudah jadi. Proses fermentasi pada roti melibatkan ragi, tetapi ragi tersebut cenderung dimatikan oleh garam (NaCl) yang digunakan dalam pembuatan roti. Selain itu, ragi pada roti juga mengalami perubahan selama proses tersebut, sehingga ragi yang ada pada roti tidak dapat diambil dan digunakan kembali dengan efektif. Fermentasi dalam pembuatan roti memang merupakan tahap kritis yang harus dijaga (Critical Control Point), dan garam adalah salah satu faktor kritis yang mematikan ragi untuk mencegah pertumbuhan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, ragi roti yang sudah mengalami proses fermentasi pada roti tidak cocok digunakan untuk pembuatan yoghurt karena tidak dapat memberikan hasil fermentasi yang diinginkan.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 03:19

Jawaban terverifikasi

<p>Tidak, umumnya ragi roti tidak dapat diambil dari roti yang sudah jadi. Hal ini karena proses pembuatan roti melibatkan pemanasan tinggi selama proses pemanggangan, yang membunuh atau menghancurkan ragi yang digunakan dalam pembuatannya.</p><p>Ragi roti biasanya ditambahkan ke adonan roti sebelum proses pemanggangan untuk memicu fermentasi, menghasilkan gas karbon dioksida yang membuat roti mengembang. Jika ragi tersebut mati atau terhancur selama proses pemanggangan, tidak mungkin untuk mengambil ragi hidup dari roti yang sudah jadi.</p><p>Sebaliknya, dalam kasus tempe dan yoghurt, ragi yang digunakan masih hidup dan berkembang biak selama proses fermentasi, sehingga bisa diambil atau digunakan kembali untuk membuat produk baru.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Tidak, umumnya ragi roti tidak dapat diambil dari roti yang sudah jadi. Hal ini karena proses pembuatan roti melibatkan pemanasan tinggi selama proses pemanggangan, yang membunuh atau menghancurkan ragi yang digunakan dalam pembuatannya.

Ragi roti biasanya ditambahkan ke adonan roti sebelum proses pemanggangan untuk memicu fermentasi, menghasilkan gas karbon dioksida yang membuat roti mengembang. Jika ragi tersebut mati atau terhancur selama proses pemanggangan, tidak mungkin untuk mengambil ragi hidup dari roti yang sudah jadi.

Sebaliknya, dalam kasus tempe dan yoghurt, ragi yang digunakan masih hidup dan berkembang biak selama proses fermentasi, sehingga bisa diambil atau digunakan kembali untuk membuat produk baru.

 

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

singkong merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat sehingga banyak dibudidayakan. pembudidayaan singkong tersebut dilakukan dengan cara stek. keuntungan yang diperoleh dari teknik reproduksi singkong dengan cara stek adalah ... A. sifat buruk induknya dapat dihilangkan B. tanaman lebih cepat tumbuh dan berbuah C. memperoleh tanaman dalam jumlah banyak D. diperoleh tanaman unggul hasil perpaduan sifat dua induknya

10

0.0

Jawaban terverifikasi