Kerliana M

31 Januari 2024 10:19

Iklan

Iklan

Kerliana M

31 Januari 2024 10:19

Pertanyaan

Tulislah nama kerajaan yang bercorak hindu -budhha

Tulislah nama kerajaan yang bercorak hindu -budhha

 

alt

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 23:15

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa kerajaan Hindu-Budha yang pernah berdiri di wilayah Indonesia antara lain:</p><p><strong>Kerajaan Kutai Martadipura:</strong> Berlokasi di Kalimantan Timur, kerajaan ini memiliki pengaruh Hindu-Budha.</p><p><strong>Kerajaan Srivijaya:</strong> Merupakan salah satu kerajaan maritim di Sumatera yang sangat berpengaruh pada abad ke-7 hingga ke-14 Masehi. Srivijaya memiliki hubungan erat dengan agama Hindu-Budha dan menjadi pusat penyebaran agama Buddha di wilayah ini.</p><p><strong>Kerajaan Majapahit:</strong> Salah satu kerajaan terbesar di Indonesia, berpusat di Jawa Timur, yang mencapai puncak kejayaan pada abad ke-14. Majapahit menganut kepercayaan Hindu-Budha.</p><p><strong>Kerajaan Singhasari:</strong> Mendahului Majapahit, Singhasari adalah kerajaan yang terletak di Jawa Timur dan memiliki pengaruh Hindu-Budha.</p><p><strong>Kerajaan Medang (Mataram):</strong> Merupakan kerajaan yang berkembang di Jawa Tengah dan memainkan peran penting dalam sejarah agama Hindu-Budha di Indonesia.</p><p><strong>Kerajaan Sriwijaya Darussalam:</strong> Terletak di Sumatera, bukanlah kelanjutan dari Srivijaya, tetapi mencerminkan pengaruh Hindu-Budha di wilayah tersebut.</p>

Beberapa kerajaan Hindu-Budha yang pernah berdiri di wilayah Indonesia antara lain:

Kerajaan Kutai Martadipura: Berlokasi di Kalimantan Timur, kerajaan ini memiliki pengaruh Hindu-Budha.

Kerajaan Srivijaya: Merupakan salah satu kerajaan maritim di Sumatera yang sangat berpengaruh pada abad ke-7 hingga ke-14 Masehi. Srivijaya memiliki hubungan erat dengan agama Hindu-Budha dan menjadi pusat penyebaran agama Buddha di wilayah ini.

Kerajaan Majapahit: Salah satu kerajaan terbesar di Indonesia, berpusat di Jawa Timur, yang mencapai puncak kejayaan pada abad ke-14. Majapahit menganut kepercayaan Hindu-Budha.

Kerajaan Singhasari: Mendahului Majapahit, Singhasari adalah kerajaan yang terletak di Jawa Timur dan memiliki pengaruh Hindu-Budha.

Kerajaan Medang (Mataram): Merupakan kerajaan yang berkembang di Jawa Tengah dan memainkan peran penting dalam sejarah agama Hindu-Budha di Indonesia.

Kerajaan Sriwijaya Darussalam: Terletak di Sumatera, bukanlah kelanjutan dari Srivijaya, tetapi mencerminkan pengaruh Hindu-Budha di wilayah tersebut.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

peran kapitan Pattimura dalam peristiwa fase sebelum kebangkitan nasional

0

5.0

Jawaban terverifikasi