Esther E

15 Januari 2023 05:57

Iklan

Esther E

15 Januari 2023 05:57

Pertanyaan

Tuliskan monomer dari polimer berikut !

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

02

:

02

:

12

Klaim

3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Anania

Mahasiswa/Alumni Hanyang University

02 Februari 2023 10:17

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban yang tepat adalah CH2=CH-CH3 (propena) dan CH2=CCl2 (1,2-dikloro etena).</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Polimer merupakan senyawa raksasa yang tersusun dari pengulangan banyak monomer (unit pembentuknya). Terdapat dua cara pembentukan polimer, yaitu dengan cara adisi dan kondensasi.</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Polimer adisi terbentuk dari monomer yang memiliki ikatan rangkap. Ciri dari polimer ini adalah adanya keterulangan unit pembentuknya tanpa adanya gugus fungsi khusus. Sedangkan polimer kondensasi terbentuk dari monomer yang memiliki gugus fungsi tertentu yang dapat bereaksi dengan cara melepaskan molekul seperti air, CO2 dan lain-lain.</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Pada soal diatas dapat terlihat bahwa baik polimer nomor 1 dan 2 memiliki ciri keterulangan tanpa adanya gugus fungsi khusus. Sehingga kedua polimer ini merupakan polimer adisi. Untuk dapat menentukan monomernya, kita dapat melihat unit yang terulang pada polimer tersebut, seperti pada gambar dibawah ini:</strong></p><p><strong>Ingat bahwa monomer adisi memiliki ikatan rangkap yang kemudian dapat digunakan dalam proses polimerisasi.&nbsp;</strong></p><p><br>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, monomer untuk polimer A adalah CH2=CH-CH3 (propena) dan monomer untuk polimer B adalah CH2=CCl2 (1,2-dikloro etena).</strong></p><p><br>&nbsp;</p>

Jawaban yang tepat adalah CH2=CH-CH3 (propena) dan CH2=CCl2 (1,2-dikloro etena).


 

Polimer merupakan senyawa raksasa yang tersusun dari pengulangan banyak monomer (unit pembentuknya). Terdapat dua cara pembentukan polimer, yaitu dengan cara adisi dan kondensasi.


 

Polimer adisi terbentuk dari monomer yang memiliki ikatan rangkap. Ciri dari polimer ini adalah adanya keterulangan unit pembentuknya tanpa adanya gugus fungsi khusus. Sedangkan polimer kondensasi terbentuk dari monomer yang memiliki gugus fungsi tertentu yang dapat bereaksi dengan cara melepaskan molekul seperti air, CO2 dan lain-lain.


 

Pada soal diatas dapat terlihat bahwa baik polimer nomor 1 dan 2 memiliki ciri keterulangan tanpa adanya gugus fungsi khusus. Sehingga kedua polimer ini merupakan polimer adisi. Untuk dapat menentukan monomernya, kita dapat melihat unit yang terulang pada polimer tersebut, seperti pada gambar dibawah ini:

Ingat bahwa monomer adisi memiliki ikatan rangkap yang kemudian dapat digunakan dalam proses polimerisasi. 


 

Jadi, monomer untuk polimer A adalah CH2=CH-CH3 (propena) dan monomer untuk polimer B adalah CH2=CCl2 (1,2-dikloro etena).


 

alt

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan