Evelyn L

09 Juni 2024 16:02

Evelyn L

09 Juni 2024 16:02

Pertanyaan

Tuliskan dampak kolonialisme bagi rakyat Indonesia!

Tuliskan dampak kolonialisme bagi rakyat Indonesia!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

22

:

54

:

24

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Navniaaa N

10 Juni 2024 01:47

Jawaban terverifikasi

<p>Dampak Kolonialisme di Bidang Ekonomi_<br>&nbsp; &nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp;Kolonialis dan imperialis menguras sumber daya alam Indonesia untuk kepentingan mereka sendiri, seperti emas, perak, rempah-rempah, minyak bumi, batu bara, timah, nikel, dll. Eksploitasi ini menyebabkan kerusakan lingkungan, kemiskinan rakyat, dan ketergantungan ekonomi Indonesia terhadap negara-negara asing.</p><p>&nbsp;</p><p>a. Penjajah memonopoli wilayah, sehingga menyebabkan gangguan dalam perdagangan.</p><p>b. Perekonomian mengalami transformasi dari sektor pertanian pangan ke sektor perkebunan.</p><p>c. Perdagangan internasional di Nusantara terganggu oleh monopoli perdagangan VOC.</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp; &nbsp;Selanjutnya adalah bangkitnya kehidupan perekonomian akibat pembangunan jalan raya pos Anyer-Panarukan. Keberadaan infrastruktur jalan didukung oleh jaringan transportasi khususnya kereta api yang muncul dan berkembang pada masa Sistem Tanam Paksa.</p><p>&nbsp;</p><p>Dampak pada Bidang Sosial_</p><p>&nbsp; &nbsp;Terjadi perubahan lapisan sosial di masyarakat. Banyaknya mobilitas sosial yang terjadi akibat pemerintahan kolonial yang membutuhkan tenaga di wilayah lain. Munculnya golongan buruh yang terdiri dari pribumi dan golongan majikan yaitu para kolonial.</p><p>Dampak Kolonialisme di bidang politik_</p><p>_Daendels atau Raffles sudah meletakkan dasar pemerintahan yang modern.</p><p>Para Bupati dijadikan pegawai negeri dan digaji, padahal menurut adat istiadat kedudukan bupati adalah turun temurun dan mendapat upeti dari rakyat.</p>

Dampak Kolonialisme di Bidang Ekonomi_
   

   Kolonialis dan imperialis menguras sumber daya alam Indonesia untuk kepentingan mereka sendiri, seperti emas, perak, rempah-rempah, minyak bumi, batu bara, timah, nikel, dll. Eksploitasi ini menyebabkan kerusakan lingkungan, kemiskinan rakyat, dan ketergantungan ekonomi Indonesia terhadap negara-negara asing.

 

a. Penjajah memonopoli wilayah, sehingga menyebabkan gangguan dalam perdagangan.

b. Perekonomian mengalami transformasi dari sektor pertanian pangan ke sektor perkebunan.

c. Perdagangan internasional di Nusantara terganggu oleh monopoli perdagangan VOC.

 


   Selanjutnya adalah bangkitnya kehidupan perekonomian akibat pembangunan jalan raya pos Anyer-Panarukan. Keberadaan infrastruktur jalan didukung oleh jaringan transportasi khususnya kereta api yang muncul dan berkembang pada masa Sistem Tanam Paksa.

 

Dampak pada Bidang Sosial_

   Terjadi perubahan lapisan sosial di masyarakat. Banyaknya mobilitas sosial yang terjadi akibat pemerintahan kolonial yang membutuhkan tenaga di wilayah lain. Munculnya golongan buruh yang terdiri dari pribumi dan golongan majikan yaitu para kolonial.

Dampak Kolonialisme di bidang politik_

_Daendels atau Raffles sudah meletakkan dasar pemerintahan yang modern.

Para Bupati dijadikan pegawai negeri dan digaji, padahal menurut adat istiadat kedudukan bupati adalah turun temurun dan mendapat upeti dari rakyat.


Nanda R

Community

18 Juni 2024 04:33

Jawaban terverifikasi

<p>Dampak kolonialisme bagi rakyat Indonesia sangatlah signifikan dan mencakup berbagai aspek kehidupan, antara lain:</p><p><strong>Ekonomi</strong>: Kolonialisme mengubah struktur ekonomi Indonesia menjadi lebih tergantung pada kepentingan kolonial. Eksploitasi sumber daya alam, seperti tambang dan kebun-kebun besar (perkebunan), dilakukan untuk kepentingan ekonomi kolonial tanpa memperhatikan kesejahteraan lokal.</p><p><strong>Sosial</strong>: Sistem kasta dan segregasi rasial diterapkan, memisahkan antara golongan pribumi dengan golongan Eropa atau Eurasia. Ini menciptakan ketimpangan sosial yang mendalam dan membatasi akses masyarakat pribumi terhadap pendidikan, pekerjaan, dan kekuasaan politik.</p><p><strong>Politik</strong>: Kolonialisme meniadakan otonomi politik dan mengatur wilayah-wilayah Indonesia secara otoriter. Penindasan terhadap gerakan nasionalisme dan perlawanan terhadap penjajahan menjadi bagian dari kebijakan kolonial.</p>

Dampak kolonialisme bagi rakyat Indonesia sangatlah signifikan dan mencakup berbagai aspek kehidupan, antara lain:

Ekonomi: Kolonialisme mengubah struktur ekonomi Indonesia menjadi lebih tergantung pada kepentingan kolonial. Eksploitasi sumber daya alam, seperti tambang dan kebun-kebun besar (perkebunan), dilakukan untuk kepentingan ekonomi kolonial tanpa memperhatikan kesejahteraan lokal.

Sosial: Sistem kasta dan segregasi rasial diterapkan, memisahkan antara golongan pribumi dengan golongan Eropa atau Eurasia. Ini menciptakan ketimpangan sosial yang mendalam dan membatasi akses masyarakat pribumi terhadap pendidikan, pekerjaan, dan kekuasaan politik.

Politik: Kolonialisme meniadakan otonomi politik dan mengatur wilayah-wilayah Indonesia secara otoriter. Penindasan terhadap gerakan nasionalisme dan perlawanan terhadap penjajahan menjadi bagian dari kebijakan kolonial.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sebutkan 5 perbedaan kritik intern dan kritik ekstern!!

1

5.0

Jawaban terverifikasi