Novita D

23 Januari 2025 13:18

Iklan

Novita D

23 Januari 2025 13:18

Pertanyaan

tolong kak bantu ini ๐Ÿ™๐Ÿป unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen "Aku dan Sekolahku" dibawah ini

tolong kak bantu ini ๐Ÿ™๐Ÿป

unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen "Aku dan Sekolahku" dibawah ini 

alt
alt
alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

17

:

27

:

31

Klaim

1

1


Iklan

Zahrotus S

20 Juli 2025 04:36

<p>unsur intrinsik</p><p>1. <strong>Tema</strong></p><p>Tentang perjuangan seorang gadis pendiam dan minder bernama Arini untuk berani bersosialisasi dan menemukan pertemanan sejati di sekolah barunya.</p><p>2. <strong>Tokoh dan Penokohan</strong></p><ul><li><strong>Arini Thalia (Rini):</strong> Tokoh utama, pendiam, minder, pemalu, tetapi perlahan tumbuh menjadi pribadi yang lebih berani.</li><li><strong>Jessica:</strong> Sahabat lama Arini, baik dan pengertian.</li><li><strong>Brian:</strong> Teman baru Arini yang membantu dan disukai Arini.</li><li><strong>Anita:</strong> Teman perempuan yang cemburu, tapi akhirnya pengertian dan rela demi sahabat.</li><li><strong>Ms Poppy:</strong> Kelompok anak-anak populer yang awalnya mengejek, namun akhirnya bisa berbaur.</li></ul><p>3. <strong>Alur (Plot)</strong></p><p><strong>Alur campuran</strong> (maju-mundur):</p><ul><li>Arini menceritakan masa lalunya bersama Jessica</li><li>Lalu pindah ke sekolah baru, awalnya kesepian,</li><li>Bertemu Brian dan Anita, menghadapi konflik dan akhirnya punya banyak teman.</li></ul><p>4. <strong>Latar (Setting)</strong></p><ul><li><strong>Tempat:</strong> Sekolah lama, sekolah baru, lapangan, toilet, koridor sekolah, rumah Arini</li><li><strong>Waktu:</strong> Pagi, saat pulang sekolah, malam hari</li><li><strong>Suasana:</strong> Tegang, haru, sedih, senang, semangat</li></ul><p>5. <strong>Sudut Pandang</strong></p><p><strong>Orang pertama ("aku")</strong>, dari sudut pandang Arini sendiri</p><p>6. <strong>Gaya Bahasa</strong></p><p>Masa hiperbola, personifikasi, metafora</p><p>7. <strong>Amanat (Pesan moral)</strong></p><ul><li>Jangan takut untuk menjadi diri sendiri</li><li>Jangan menyerah dalam bersosialisasi</li><li>Teman sejati akan tetap mendukung walaupun ada konflik</li><li>Keberanian akan membuahkan kebahagiaan</li></ul><p>unsur ekstrinsik</p><p>1. <strong>Latar belakang penulis</strong></p><p>Penulis tampaknya memahami kehidupan remaja dan dunia sekolah, mungkin pernah mengalami atau menyaksikan situasi sosial yang mirip (bullying, cinta remaja, pertemanan).</p><p>2. <strong>Nilai sosial</strong></p><ul><li>Persahabatan dan solidaritas</li><li>Konflik sosial antara si pendiam dan kelompok populer</li><li>Relasi cinta remaja</li></ul><p>3. <strong>Nilai moral</strong></p><ul><li>Kejujuran dan keberanian dalam menyatakan perasaan</li><li>Rela berkorban untuk kebahagiaan orang lain</li><li>Tidak menilai orang dari penampilan atau gaya bicara</li></ul><p>4. <strong>Nilai psikologis</strong></p><ul><li>Rasa takut ditolak, minder, cemas, dan perjuangan menghadapi tekanan sosial di sekolah</li><li>Proses berkembangnya rasa percaya diri</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

unsur intrinsik

1. Tema

Tentang perjuangan seorang gadis pendiam dan minder bernama Arini untuk berani bersosialisasi dan menemukan pertemanan sejati di sekolah barunya.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Arini Thalia (Rini): Tokoh utama, pendiam, minder, pemalu, tetapi perlahan tumbuh menjadi pribadi yang lebih berani.
  • Jessica: Sahabat lama Arini, baik dan pengertian.
  • Brian: Teman baru Arini yang membantu dan disukai Arini.
  • Anita: Teman perempuan yang cemburu, tapi akhirnya pengertian dan rela demi sahabat.
  • Ms Poppy: Kelompok anak-anak populer yang awalnya mengejek, namun akhirnya bisa berbaur.

3. Alur (Plot)

Alur campuran (maju-mundur):

  • Arini menceritakan masa lalunya bersama Jessica
  • Lalu pindah ke sekolah baru, awalnya kesepian,
  • Bertemu Brian dan Anita, menghadapi konflik dan akhirnya punya banyak teman.

4. Latar (Setting)

  • Tempat: Sekolah lama, sekolah baru, lapangan, toilet, koridor sekolah, rumah Arini
  • Waktu: Pagi, saat pulang sekolah, malam hari
  • Suasana: Tegang, haru, sedih, senang, semangat

5. Sudut Pandang

Orang pertama ("aku"), dari sudut pandang Arini sendiri

6. Gaya Bahasa

Masa hiperbola, personifikasi, metafora

7. Amanat (Pesan moral)

  • Jangan takut untuk menjadi diri sendiri
  • Jangan menyerah dalam bersosialisasi
  • Teman sejati akan tetap mendukung walaupun ada konflik
  • Keberanian akan membuahkan kebahagiaan

unsur ekstrinsik

1. Latar belakang penulis

Penulis tampaknya memahami kehidupan remaja dan dunia sekolah, mungkin pernah mengalami atau menyaksikan situasi sosial yang mirip (bullying, cinta remaja, pertemanan).

2. Nilai sosial

  • Persahabatan dan solidaritas
  • Konflik sosial antara si pendiam dan kelompok populer
  • Relasi cinta remaja

3. Nilai moral

  • Kejujuran dan keberanian dalam menyatakan perasaan
  • Rela berkorban untuk kebahagiaan orang lain
  • Tidak menilai orang dari penampilan atau gaya bicara

4. Nilai psikologis

  • Rasa takut ditolak, minder, cemas, dan perjuangan menghadapi tekanan sosial di sekolah
  • Proses berkembangnya rasa percaya diri

 

 


Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermatilah puisi " Aku " Karya CHAIRIL ANWAR benkut ini! Aku Kalau sampai waktuku Ku mau tak seorang kan merayu Tidak juga kau Tak pertu sedu sedan itu Dari kumpulannya terbuang Biar peluru menembus kulitku Aku tetap meradang menerjang Tema puisi di atas adalah.... A. ketekunan dan kemauan seseorang dalam memperjuangan hak dirinya B. kemauan untuk hidup tenang tanpa beban C. kegigihan sesorang dalam mendapatkan cinta sejati D. seseorang yang tidak mau diganggu oleh siapapun E. kepasrahan kepada keadaan yang sedang terjadi

7

5.0

Jawaban terverifikasi